32.1 C
Jakarta
Jumat, 2 Desember, 2022

ALASAN BLOCKCHAIN BUTUH KEGAGALAN UNTUK SUKSES

duniafintech.com – Di dunia pemula, belajar dari kegagalan adalah kenyataan yang tak terhindarkan, dan merupakan bagian dari kearifan konvensional yang lazim. Begitulah ekosistem di mana pengusaha bergerak ke puncak ketinggian dengan lebih banyak kesuksesan yang diraih.

Berbicara tentang kegagalan dalam segmen Blockchain yang sedang berkembang, sepertinya kita belum melihat banyak kegagalan. Paling tidak, bukan skala dan variasi yang dibutuhkan guna mendapatkan pelajaran jangka panjang untuk keseluruhan industri. Kegagalan penting karena bisa saja menghasilkan pengetahuan baru yang kaya dengan wawasan dan praktik terbaik. Dari kegagalan nyata pula, dapat membuat keseluruhan ekosistem Blockchain menjadi lebih tangguh karena akan menghasilkan sesuatu yang lebih mungkin dan berguna, untuk melakukan inovasi lebih dini.

Baca juga: https://duniafintech.com/penetrasi-penggunaan-teknologi-blockchain-untuk-bank-bank-di-asia/

Ada beberapa pelajaran dari kegagalan Blockchain, yaitu:

– Pada tahun 2014, harga Bitcoin mengalami penurunan dari $600 menjadi $250 tepat setelah ethereum menaikkan ICO-nya, yang pada intinya mengurangi anggaran dan kepemilikan Ethereum Foundation yang sebagian besar disimpan dalam Bitcoin.

– Pencurian di Mt Gox dan Bitfinex. Pelajaran yang dapat diambil adalah keamanan dalam pertukaran cryptocurrency sangat penting. Meski mereka membaik, bursa cryptocurrency harus memiliki keamanan sangat tinggi.

– DAO Heist. Pelajarannya adalah pencampuran hukum dan keuangan dalam kontrak pintar tidaklah mudah, dan bisa berakibat konsekuensi serius jika kelemahan kode dapat dieksploitasi. Kelemahan dalam kode ini tidak seperti bug yang bisa dilupakan setelah diperbaiki.

Ada daerah lain di mana kita perlu melihat lebih jelasnya. Ini bukan kegagalan, tapi mereka mengembangkan topik yang dapat memperoleh manfaat dari beberapa standarisasi praktik terbaik.

Jangan lupa bahwa tahun-tahun awal web dipenuhi dengan kegagalan yang spektakuler. Webvan, Pets.com, eToys, Flooz, DrKoop.com dan Kozmo adalah beberapa dari kegagalan ini. Mereka masing-masing membawa pelajaran, dan langkah mereka selanjutnya jauh lebih berhasil.

Jika kita setuju bahwa sebuah kegagalan untuk meraih sukses tidak dapat dielakkan, kegagalan itu biasanya terjadi setelah banyak kesalahan dibuat. Tapi memang perlu lebih banyak kegagalan yang lebih besar untuk menyelesaikan lingkaran kegilaan dan kecerobohan dini.

Source : Coindesk.com

Written by : Arina Calista Putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: Lagi Loyo! Cek Harga Bitcoin Cs di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (2/12). Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau...

Berita Fintech Indonesia: Open Finance akan Jadi Masa Depan Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini mengulas soal open finance dan masa depan financial technology (fintech). Seperti diketahui, transformasi digital yang berjalan kian...

Cek Resi Standard Express Shopee dari Korea, Begini Caranya

JAKARTA, duniafintech.com – Cek resi Standard Express Shopee dari Korea sangat penting diketahui dan dipahami oleh para pengguna Shopee. Sebagai informasi, Standard Express merupakan layanan...

Cara Investasi Emas di Shopee Plus Kelebihan & Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas di Shopee bisa menjadi salah satu investasi jangka panjang yang mudah, praktis, dan aman. Saat ini di Shopee memang...

Cara Menggunakan NFC: Cek Saldo ATM hingga Top Up e-Money

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menggunakan NFC tentu penting diketahui oleh para pengguna smartphone yang memiliki fitur canggih ini. Merupakan singkatan dari Near-field Communication, NFC adalah...
LANGUAGE