27.8 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Apa Itu Asuransi Digital? Intip Yuk Rekomendasi Produknya!

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu asuransi digital? Pertanyaan satu ini memang sering diajukan oleh para nasabah asuransi pada umumnya.

Sejatinya, asuransi digital merupaakn produk asuransi yang dapat diperoleh secara online. Perlu diketahui, saat ini bukan hanya broker atau agen asuransi online yang menjual berbagai produk asuransi digital sebab tetapi polis online juga telah tersedia.

Itu berarti, saat ini calon nasabah dapat lebih mudah memperoleh asuransi secara online. Nah, untuk mengetahui seluk-beluk dan juga rekomendasi produknya, simak ulasan berikut ini, seperti dinukil dari Lifepal.

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas, Seberapa Penting? Intip Kelebihan & Kekurangannya

Sekilas tentang Apa Itu Asuransi Digital

Asuransi digital adalah produk asuransi yang bisa kamu peroleh secara online sehingga adakalanya juga disebut sebagai asuransi online.

Kamu dapat memperoleh produk ini dengan cara membeli polis asuransi digital lewat situs resmi, aplikasi perusahaan, dan juga marketplace asuransi online. 

Adapun polis yang kamu dapatkan akan berbentuk digital, yang dapat kamu akses lewat perangkat elektronik yang bisa terhubung dengan internet, misalnya ponsel dan laptop.

Bukan hanya polis, kamu pun dapat memperoleh layanan lainnya, seperti asuransi konvensional. Namun, bedanya, saat ini layanan itu dapat dilakukan secara digital alias dengan sambungan internet.

Perbedaan Apa Itu Asuransi Digital dengan Asuransi Konvensional

Sebagai informasi, asuransi konvensional di sini berarti asuransi biasa yang kamu terima dari perusahaan atau agen asuransi dalam bentuk buku polis cetak. Berikut ini beberapa perbedaannya.

  1. Asuransi Konvensional
  • Polis diberikan dalam bentuk buku/cetak
  • Premi cenderung mahal dengan biaya tambahan seperti biaya produksi/biaya cetak
  • Harus mendatangi kantor atau agen asuransi
  • Terbatas, karena pembelian harus tatap muka
  1. Asuransi Digital
  • Polis dan layanan diberikan dalam bentuk digital
  • Mudah diakses di mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel maupun laptop
  • Dapat diperoleh tanpa mendatangi kantor maupun agen asuransi
  • Memangkas biaya produksi
  • Harga premi relatif lebih murah karena tidak ada biaya produksi
  • Menjangkau lebih banyak nasabah

Kelebihan Membeli Asuransi Online

  1. Praktis dan mudah

Cukup modal gadget, kamu sudah dapat membandingkan dan mengakses pilihan perusahaan asuransi yang tersedia di tanah air.

Di samping itu, kamu pun bisa melihat langsung besaran premi dan manfaat yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan asuransi.

Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor atau menghubungi perusahaan asuransi untuk kemudian disambungkan dengan agennya. 

  1. Bisa membandingkan polis

Calon nasabah asuransi ini bisa dengan mudah membandingkan manfaat dan premi yang dihadirkan oleh perusahaan asuransi terbaik.

  1. Lebih aman dan cepat prosesnya

Saat memutuskan untuk membeli asuransi secara online, pastikan bahwa broker/portal asuransi resmi sudah memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pasalnya, ini memang menjadi salah satu produk keuangan yang diawasi ketat oleh OJK sehingga menjual asuransi online itu tidak sembarangan.

Minimal, kalau itu agen perorangan maka kamu perlu cek terlebih dahulu izinnya. Jika sudah memastikan izin usaha broker atau portal asuransi online valid maka proses transaksi pun dapat dilakukan lebih aman karena semua transaksi tercatat melalui sistem.

  1. Banyak promo menarik

Umumnya, marketplace asuransi menawarkan lebih banyak promo daripada saat membeli langsung secara offline di perusahaan asuransi.

Promo yang ditawarkan lazimnya berupa diskon harga premi dan cashback sehingga akan lebih menguntungkan.

  1. Proses klaim lebih mudah

Bagi calon nasabah yang khawatir klaim ditolak, solusinya adalah kamu bisa beli asuransi secara online.

Baca juga: Perluasan Asuransi Mobil: Risiko yang Ditanggung dan Cara Hitungnya

Hal itu karena di samping proses klaim bisa diajukan secara online kapan dan di mana pun, marketplace asuransi biasanya bisa membantu pengajuan klaim kamu sebagaimana tertulis pada perjanjian polis.

Apa Itu Asuransi Digital

Tips Memilih Asuransi Digital

  • Pilih situs broker atau perusahaan asuransi terpercaya
  • Terdaftar OJK atau berpartner dengan perusahaan terdaftar OJK
  • Tentukan produk yang dicari dan bandingkan
  • Perhatikan detail manfaat dan pertanggungan
  • Jangan sungkan berkomunikasi dengan penyedia asuransi

Daftar Asuransi Digital Terbaik

Jika tertarik untuk beli asuransi secara online, kamu bisa memanfaatkan marketplace asuransi online terpercaya Lifepal.co.id. Selain itu, jika ingin beli langsung di portal perusahaan asuransi, berikut ini beberapa rekomendasi pilihan terbaiknya: 

1. IloveLife – Apa Itu Asuransi Digital

I Love Life merupakan portal asuransi online yang dihadirkan oleh Astra Life. Melalui ilovelife.co.id, calon nasabah bisa beli polis Flexi Life yang berfokus pada manfaat asuransi jiwa online.

Menariknya, di situs agen asuransi online ini kamu bisa atur sendiri besaran manfaat dan premi yang diinginkan sesuai kebutuhan. Adapun uang pertanggungan yang diberikan adalah maksimal Rp5 miliar. 

2. eTIQa

Portal jual beli asuransi yang dihadirkan oleh PT Asuransi Etiqa International Indonesia ini bisa kamu akses melalui etiqa.co.id.

Di sini kamu bebas beli asuransi perjalanan online, asuransi mobil, asuransi properti, dan asuransi kecelakaan diri. Sementara produk unggulannya yang banyak dicari orang adalah asuransi perjalanan dan asuransi mobil online. 

3. JAGADIRI

Asuransi online JAGADIRI menjadi pilihan favorit yang banyak dicari orang saat ini. Untuk bisa beli asuransi dari JAGADIRI kamu tinggal mengunjungi situs resminya, kemudian klik “Beli Sekarang”. Mudah, bukan?

Melalui portal asuransi ini calon nasabah bisa membeli asuransi kesehatan online, perawatan gigi, asuransi kendaraan, dan masih banyak lagi. 

Nasabah pun juga memiliki hak untuk mengajukan pembatalan polis JAGADIRI. Cara membatalkan asuransi JAGADIRI bisa dilakukan dengan menghubungi perusahaan asuransi terkait di nomor 1500660.

4. AXA Direct – Apa Itu Asuransi Digital

AXA Direct adalah portal asuransi online yang dihadirkan oleh AXA Financial Indonesia. Melalui AXA Direct, calon nasabah dapat mengakses polis asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, hingga asuransi perlindungan jiwa secara online. 

Polis AXA yang tersedia di AXA Direct, antara lain Hospital Plus Life, Heart & Save, Cancer & Save, dan Life & Save.

Sekian ulasan tentang Apa Itu Asuransi Digital yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Asuransi Mobil Rusak: Jenis-jenis hingga Cara Klaimnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE