26.1 C
Jakarta
Sabtu, 19 Juni, 2021

Apa Itu Digital Signature: Software dan Cara Kerjanya

Ada banyak kemudahan berkat digitalisasi ini, salah satunya adalah cara menandatangani dokumen atau berkas digital atau digital signature.

Saat ini format dalam menandatangani dokumen atau berkas tidak harus menggunakan format fisik lagi, namun sudah bisa melakukannya secara digital. Kini kamu bisa menandatangani berkas sebagaimana membubuhkannya lewat dokumen fisik. 

Tanda tangan digital alias digital signature ini menggunakan teknik matematika khusus.

Teknik tersebut berguna untuk melakukan validasi keaslian dan integrasi pesan, perangkat lunak, dan dokumen digital. Meski bentuknya virtual, teknik ini juga tergolong sangat aman. 

Tanda tangan digital ini bertujuan untuk memecahkan masalah gangguan serta peniruan dalam komunikasi digital.

Digital signature memberikan kamu bukti asal, identitas, pesan digital, status dokumen elektronik, dan transaksinya. Penandatangan ini juga untuk persetujuan. Saat ini, tangan digital telah dianggap sah oleh banyak negara secara hukum sebagaimana tanda tangan yang dilakukan di atas kertas.

Aplikasi Digital Signature Terbaik

Tanda tangan digital merupakan jenis tanda tangan elektronik yang menggunakan sebuah aplikasi khusus. Digital signature ini menggunakan kriptografi untuk melindungi dokumen yang akan menyematkan detail seperti alamat email, perangkat yang kamu gunakan. 

Bahkan dapat menginformasikan lokasi di mana kamu menandatanganinya. Hal inilah yang menciptakan sidik jari digital yang membuat dokumen tersebut unik.

Saat ini, digital signature bahkan dianggap lebih aman dan diakui secara hukum. Nah, aplikasi apa saja sih untuk membuat digital signature ini? Yuk simak beberapa aplikasi berikut ini.

Sekarang digital signature jauh lebih aman dan diakui secara hukum di seluruh dunia. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai menandatangani berkas secara digital.

Aplikasi Tanda Tangan Digital: Adobe Sign

Adobe Sign merupakan software tanda tangan elektronik yang bisa kamu gunakan. Layanan Adobe punya banyak fitur dan fungsi yang tersedia. Kamu bisa menggunakannya lewat web serta aplikasi seluler.  

Adobe Sign mempunyai fitur otentikasi untuk memastikan dokume penting memiliki dasar hukum yang jelas, dan lewat Adobe Sign kamu juga bisa mempersonalisasi tanda tangan elektronik Anda.

Aplikasi Tanda Tangan: Secured Signing

Secured Signing merupakan software berbasis cloud yang lebih hemat biaya. Kamu bisa dengan mudah mengaksesnya dari desktop, laptop,  bahkan perangkat seluler. Software ini memberikan banyak layanan seperti fitur konfirmasi video yang membuat kamu dapat mengidentifikasi penanda tangan dan mencegah gangguan dokumen apa pun. 

Kamu juga dapat mengundang orang lain untuk masuk, selain itu juga ada pilihan untuk negosiasi dokumen, yaitu layanan satu atap untuk mencapai semua garis putus-putus yang penting dengan cepat dan hasilnya bagus.

Secured Signing juga menerima format file PDF, termasuk beberapa bidang tanda tangan untuk saksi yang sama dan penandatanganan multi-halaman. Hanya saja yang perlu kamu perhatikan adalah paket harga berfungsi pada jumlah dokumen yang akan sign sebanyak jumlah penggunaan yang kamu pakai.

Aplikasi Tanda Tangan DocuSign

Software DocuSign merupakan aplikasi digital signature yang cukup viral. Docusign hingga kini terunduh lebih dari 200 juta pengguna di dunia, lho. 

DocuSign merupakan penyedia solusi tanda tangan elektronik yang menawarkan perangkat lunak yang gampang digunakan untuk menandatangani dokumen dengan mudah dan cepat.

Keunggulan DocuSign adalah integrasinya dengan Google, Windows, Apple, serta SalesForce yang membuatnya dapat diakses di banyak tempat.  

Dengan menempatkan banyak penekanan pada keamanan dan punya teknologi enkripsi yang kuat, Docusign menerapkan praktik terbaik industri untuk melindungi data kamu.

DocuSign juga telah terintegrasi dengan Binding Corporate Rules (BCRs), yaitu sertifikasi tingkat tertinggi UE untuk transfer data di luar blok tersebut.

Cara Kerja Digital Signature

Cara kerja digital signature ini sejatinya didasarkan pada kriptografi kunci public atau kriptografi asimetris. Tanda tangan digital bekerja lewat dua kunci kriptografi yang saling mengautentifikasi. 

Seseorang yang membuat tanda tangan digital menggunakan kunci privat untuk mengenkripsi data. Satu-satunya cara untuk  mengenskripsi data tersebut adalah dengan kunci publik penandatanganan.

Apabila penerima tidak dapat membuka dokumen dengan kunci publik si penandatangan, artinya ada masalah dengan dokumen atau tanda tangan tersebut. Beginilah cara digital signature akan autenticated. 

Teknologi tanda tangan mengharuskan semua pihak untuk yakin seseorang yang membuat tanda tangan digital telah menjaga kerahasiaan kunci privatnya. Apabila ada orang lain yang punya akses ke kunci penandatanganan pribadi tersebut, maka bisa dibilang pihak tersebut dapat membuat tanda tangan digital palsu atas nama pemegang kunci itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2021

Buat kamu yang ingin mengetahui daftar payment gateway 2021 terbaik di Indonesia, kamu bisa cek di sini.  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang...

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online. Metode...

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh...

Danabijak, Perusahaan P2P Lending di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Danabijak adalah platform technology financial peer-to-peer lending (P2P lending) yang dari perusahaan PT Digital Micro Indonesia. Layanan pinjaman online ini bisa kamu dapatkan tanpa agunan...

Cerdas Memilih Platform Crowdfunding

Platform Crowdfunding adalah salah satu pendanaan bisnis yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul dari beberapa orang tersebut akan tersalur kepada pelaku...
LANGUAGE