29 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Mengenal Apa Itu Gas Fee Ethereum, Biayanya Kini Turun ke Level Terendah

JAKARTA, duniafintech.com – Pemula yang masih awam dengan dunia cryptocurrency mungkin belum paham tentang apa itu gas fee Ethereum. Dalam investasi di aset kripto ini, investor mesti paham hal-hal tersebut. 

Jika anda telah berencana untuk membeli NFT Ethereum, maka ini mungkin saat yang tepat, setidaknya memahami apa itu gas fee ethereum.

Biaya gas fee Ethereum telah turun secara signifikan dalam beberapa minggu terakhir, turun hingga di bawah $3. Mari kita lihat lebih dekat biaya gas ETH saat ini dan mengapa harganya menjadi lebih murah. 

Apa Itu Gas Fee Ethereum?

Gas fee Ethereum adalah tarif yang perlu dibayarkan oleh pengguna untuk membayar kompensasi energi komputasi yang diperlukan untuk memvalidasi transaksi jual beli atau pembuatan kontrak baru di blockchain Ethereum.  

Konsep ini diperkenalkan untuk mempertahankan lapisan nilai yang berbeda dan hanya menunjukan konsumsi komputasi pada jaringan Ethereum.  

Ini juga menjadi unsur penting dalam kinerja mesin vitual Ethereum (EVM), sebab ia berperan sebagai tenaga untuk berjalannya Ethereum secara mandiri.

Baca jugaBursa Kripto Tak Kunjung Diluncurkan, Bappebti Ungkap Alasan Ini

Menurut Ethereum.org, gas fee dinyatakan dalam gwei yang merupakan denominasi dari ETH. Setiap gwei setara dengan  0,000000001 ETH (10-9 ETH).

Misalnya, biaya gas 0,000000001 ether, kamu bisa mengatakan biaya gas 1 gwei. Kata ‘gwei’ sendiri berarti ‘giga-wei’, dan itu sama dengan 1.000.000.000 wei yang merupakan unit terkecil dari ETH.

Apa Itu Gas Fee Ethereum
Ilustrasi

Cara Kerja Gas Fee

Gas dalam transaksi Ethereum ibaratnya merupakan bahan bakar untuk membuat blockchain tersebut bisa bekerja memproses transaksi yang ada.

Cara kerjanya adalah mengumpulkan biaya komputasi yang dibebankan kepada pengguna agar transaksi di blockchain Ethereum dapat dilakukan.

Biaya Gas Fee Ethereum Turun

Pada pukul 12.00 pada hari Minggu, biaya tersebut turun menjadi $2,96 per transaksi. Kabarnya, ini adalah yang terendah dalam lebih dari sepuluh bulan terakhir. Penurunan harga serupa terlihat tahun lalu di bulan Juli ketika pasar crypto jatuh. 

Selain itu, harga rata-rata gas fee ethereum jauh lebih murah. Satu transaksi Ethereum berukuran median sekarang berharga serendah $1,56. Sebagai gambaran, pada 8 Maret tahun ini, angkanya adalah $3,73 per transfer.

Baca jugaCara Withdraw atau Tarik Uang dari Indodax ke Rekening Bank, Ternyata Gampang Lho!

Faktanya, biaya gas fee Ethereum telah turun dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Maret juga, nilainya turun secara signifikan. 

Mengapa Biaya Gas Fee Ethereum Bisa Lebih Murah?

Untuk memahami mengapa biaya gas fee Ethereum lebih murah, mari kita bahas dulu apa sebenarnya biaya itu. 

Singkatnya, ini adalah biaya yang dibayarkan kepada penambang Ethereum untuk memvalidasi transaksi di jaringan. Saat aktivitas jaringan melonjak, begitu juga biaya transaksi. Dan sebaliknya—yang mungkin terjadi sekarang. 

Sebuah laporan baru-baru ini oleh perusahaan intelijen pasar, Santiment menunjukkan bahwa biaya gas yang lebih murah adalah akibat dari penurunan minat pada jaringan Ethereum. 

“Biaya Ethereum sangat rendah beberapa hari terakhir,” tulis laporan itu.

“Kami bahkan dapat melihat bahwa mereka sudah serendah itu sebelum titik terendah sebelumnya… Biaya rendah berarti sangat sedikit aktivitas, tidak ada yang tertarik untuk melakukan apa pun.”

Baca jugaTransaksi Aset Kripto Meningkat Tajam, Maret 2022 Capai Rp130,2 Triliun

Saat ini, pengguna Ethereum sedang menunggu penggabungan. Ini selanjutnya akan menurunkan biaya gas fee Ethereum dan meminimalkan dampak lingkungannya juga. 

Cara Menghitungnya

Mengikuti struktur biaya gas yang telah disesuaikan karena London Hardfork, ini adalah rumus menghitung gas fee yang terbaru, yakni total biaya = satuan gas (limit) * (biaya dasar + tip).

  1. Unit Gas (Limit)

Ini mengacu pada jumlah maksimum gas yang bersedia pengguna belanjakan untuk suatu transaksi.

  1. Biaya dasar

Jumlah minimum gas yang diperlukan untuk memasukkan transaksi di blockchain Ethereum. Biaya dasar merupakan faktor permintaan, mereka disesuaikan secara dinamis berdasarkan jumlah pengguna yang berinteraksi dengan jaringan pada waktu tertentu.

  1. Tip

Biaya tambahan yang dibuat agar transaksi kamu selesai lebih cepat. Biaya ini lebih dikenal sebagai tip karena memberikan insentif ekonomi bagi miner Ethereum untuk mengkonfirmasi transaksi lebih dulu.

Contoh dari perhitungan gas fee misalnya, Andi ingin mengirim 1 ETH kepada Ratih,  jumlah rata-rata biaya gas yang diperlukan untuk transaksi adalah 23.000 gwei.

Kemudian jumlah batas bawah gas fee yang tersedia adalah 150 gwei agar transaksi lebih cepat maka Andi memberikan tip sebesar 20 gwei.

Jadi, total gas fee untuk 1 ETH adalah 23.000 gwei * (150 gwei + 20 gwei) = 3910000 gwei, atau 0,00391 ETH. Dengan biaya tersebut, artinya Andi perlu mengirim 1,00231 ETH ke blockchain Ethereum dan Ratih akan menerima 1 ETH.

Penting untuk dicatat bahwa jika kamu menetapkan batas unit gas di bawah jumlah gas yang dibutuhkan maka transaksi gagal dan biaya gas tidak akan dikembalikan.

Bukan hanya untuk bahan bakar jaringan saja, ini juga berguna untuk keamanan jaringan Ethereum, mencegah para aktor jahat yang ingin spam di jaringan, mengurangi pemborosan kode komputasi dan mekanisme loop atau pengulangan yang tak disengaja.

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE