33.1 C
Jakarta
Minggu, 24 Oktober, 2021

Kreditplus: Sejarah, Produk dan Layanan Digitalnya

Teknologi digital membuat layanan finansial terutama pinjaman uang tunai semakin mudah diakses. Salah satu platform atau aplikasi yang menyediakan pembiayaan kepada masyarakat adalah KreditPlus.

Apa itu KreditPlus?

Sebagai informasi, Kreditplus adalah produk pembiayaan milik PT Finansia Multi Finance yang berdiri sejak 1994 lalu. Perusahaan ini punya pelayanan yang fokus pada kepemilikan alat berat dan kendaraan bermotor.

Pada tahun 2014, KreditPlus pun mulai melebarkan pelayanannya melalui digitalisas. Melihat, saat itu pertumbuhan perusahaan fintech di Indonesia cukup tinggi. Salah satu produk pembiayaan dari KreditPlus ketika itu adalah dengan menjadi salah satu alat pembayaran secara online di platform e-commerce.

Perusahaan ini juga memiliki ijin usaha dari Menteri Keuangan (sekarang Otoritas Jasa Keuangan) berdasarkan surat No.460/KMK.017/1994 tanggal 14 September 1994.

Meski termasuk perusahaan yang lama berdiri, platform pembiayaan yang mengusung prinsip Belanja Online Tanpa Kartu Kredit ini mempunyai inovasi produk yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya adalah Kreditplus mobile dan digital application form, dan saat ini juga telah bekerja sama dengan lebih dari 9 ribu jaringan ATM di Indonesia, gerai Indomaret dan Alfamart, Kantor Pos, dan banyak lagi.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan layanannya PT Finansia Multi Finance ini juga bergabung dengan KB Kookmin Card pada 3 Juli 2020 lalu, dan mengubah namanya menjadi PT KB Finansia Multi Finance.

Produk Pembiayaan 

Ada beberapa produk pembiayaan di KreditPlus yang dapat diakses dan digunakan oleh pengguna, yaitu sebagai berikut.

  1. Pembiayaan multi produk

Merupakan fasilitas pembiayaan multi guna multi produk yang menyediakan pembiayaan di antaranya untuk Gadget, Home Appliance, IT and Communication, Audio/Video, Furniture, dan Barang Lain.

Fasilitas pembiayaan multi produk ini selain menerima berbagai macam pilihan barang, juga berbentuk cashless dan diproses secara cepat. Selain itu, pengguna juga dapat membawa pulang barang hanya dengan bayaran uang muka, angsuran pertama, biaya administrasi, dan asuransi

  1. Pembiayaan Agunan Mobil

Produk pembiayaan kedua adalah fasilitas pinjaman dengan agunan atau jaminan mobil. Untuk menggunakan pembiayaan ini, pengguna hanya perlu melakukan pembiayaan awal berupa biaya fidusia.

Untuk persyaratan pembiayaan, pengguna harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun termasuk tenor. Kemudian penggunatelah bekerja minimal 1 tahun dan berpenghasilan Rp 3,5 juta per bulan. Untuk profesi wiraswasta atau professional, minimal memiliki usaha yang berjalan selama 2 tahun lebih.

Kemudian, pengguna juga harus bertempat tinggal atau kerja30 kilometer dari cabang atau pos KreditPlus. Untuk tenor pembayaran, pembiayaan agunan mobil ini memberikan waktu maksimal selama 36 bulan.

  1. Pembiayaan Agunan Motor

Produk pembiayaan ketiga adalah fasilitas pinjaman dengan agunan motor. Sama seperti agunan mobil, pengguna hanya perlu melakukan pembiayaan awal berupa biaya fidusia. Hanya saja, yang berbeda, agunan motor hanya menetapkan penghasilan pengguna sebesar Rp 1,5 juta per bulan dan tenor maksimal 18 bulan saja.

  1. Invoice Financing

Produk pembiayaan keempat adalah invoice financing atau anjak piutang yang memiliki bunga kompetitif. Produk ini khusus dibuat untuk pelaku UKM berbadan usaha, dengan menyediakan pembiayaan mulai Rp 50 juta hingga Rp 10 miliar.

Fitur kredit yang dimiliki anjak piutang ini adalah sebagai berikut:

  1. Limit kredit pembiayaan Rp 50 juta s.d Rp 10 Milyar.
  2. Jangka waktu pembayaran mulai 1 bulan hingga 6bulan.
  3. Bunga kompetitif 1,3% flat per bulan.

Layanan Digital / Aplikasi KreditPlus

KreditPlus memiliki dua layanan digital, yaitu KreditPlus Mobile dan Kreditmu.

Kreditplus Mobile adalah aplikasi mobile digunakan untuk mengajukan pinjaman dana tunai agunan BPKB Motor dan Mobil. Beberapa fitur andalan Kreditplus mobile adalah akses lokasi cabang terdekat, simulasi cicilan, informasi cicilan, status pengajuan, pembayaran lewat aplikasi, informasi promosi, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store.

Kemudian ada layanan Kreditmu, yaitu limit atau plafon pembiayaan dari aplikasi ini untuk para pengguna terpilih dari platform. Limit ini bisa digunakan untuk tiga produk, yaitu White Goods, fasilitas belanja barang elektronik, furniture dan lainnya, dengan limit mencapai Rp 20 juta dan tenor mulai dari 6 hingga 12 bulan.

Kemudian Daily Goods, yaitu belanja kebutuhan sehari-hari dengan limit sampai Rp 400 ribu dan tenor 1 hingga 3 bulan. Terakhir, untuk pembiayaan tunai jaminan BPKB motor dengan limit mencapai Rp 20 juta.

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Panduan Sukuk Terlengkap untuk Investasi Obligasi Syariah

Investasi obligasi belakangan ini kian diminati sehingga panduan sukuk terlengkap sangat penting untuk diketahui. Istilah sukuk yang menjadi lini investasi ini prospeknya dilirik oleh...

Bunga Bank: Hukum, Faktor yang Mempengaruhi, dan Jenisnya

Bunga bank atau bank interest adalah salah satu istilah perbankan terpopuler, yang meski seringkali didengar, tetapi masih banyak orang yang belum begitu dekat dengan...

Kenali 12 Prinsip Asuransi Syariah sesuai Syariat Islam

Sebagaimana diketahui, prinsip asuransi syariah harus sesuai dengan syariat Islam sebab jenis pertanggungan yang satu ini mendasarkan kriterianya sesuai dengan ajaran Islam. Saat ini,...

Keuntungan dan Cara Menjadikan Perusahaan Go Public

Perusahaan go public berarti perusahaan tersebut telah menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan...

Pinjaman AwanTunai, Layanan Cicilan Online tanpa Kartu Kredit

Awantunai adalah pinjaman online tanpa kartu kredit sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit dan...
LANGUAGE