26.9 C
Jakarta
Jumat, 18 Juni, 2021

Apa Itu Landing Page: Kriteria dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dalam digital marketing, landing page merupakan halaman web mandiri yang dibuat khusus untuk kampanye pemasaran atau periklanan yang sedang berjalan. 

Landing page adalah tempat pengunjung mendarat setelah mengklik tautan atau link yang kamu buat.

Mungkin kamu sering melihat ada landing page dari Google, Youtube, Facebook, dan lainnya. Halaman ini tidak seperti halaman web yang memiliki beragam fitur untuk mendorong eksplorasi. Halaman ini hanya dibuat dengan satu tujuan, yaitu sebagai ajakan atau call to action (CTA).

Baca Juga : Komputer & Gadget Lemot? Coba Hapus Cache, Begini Caranya

Baca Juga : Rekomendasi Software Anti Malware Terpopuler 2021

Tujuannya sebagai opsi paling baik untuk meningkatkan rasio konversi kampanye pemasaran. Untuk tahu lebih dalam, mari kita simak uraian berikut ini.

Kriteria yang Baik

Landing page atau halaman arahan merupakan halaman di situs kamu yang dibuat untuk mengubah pengunjung biasa menjadi prospek konversi. Ini berbeda dari halaman lain di situs kamu, apa saja perbedaannya?

  1. Halaman ini mempunyai bentuk yang memungkinkan kamu menangkap informasi pengunjung dengan imbalan tawaran.
  2. Halaman tersebut memiliki tujuan untuk mengubah pengunjung menjadi arahan yang mana beranda dengan formulir di atasnya. Ini tidak terhitung sebagai landing page karena mempunyai tujuan lain.

Maka, landing merupakan halaman apapun yang mempunyai formulir dengan tujuan para pengunjung yang mengisinya.

Manfaat Penggunaan

Manfaat landing page yang membedakannya dari halaman web lain adalah dapat menghasilkan prospek dan menjadi alat pemasaran yang efektif. Situs web bisnis dapat mengakomodasi berbagai jalur. 

Sedangkan landing page mengakomodasi tindakan yang lebih spesifik. Sehingga, ia menjadi kekuatan pendorong yang kuat. Lebih lanjut, manfaat memilikinya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Konversi

Sebagaimana situs web, landing page juga berisi informasi untuk mempengaruhi keputusan pengunjung. Halaman ini menyiapkan tindakan yang jelas agar pengguna tertarik bertindak. 

Tindakan inilah yang akan menghasilkan konversi. Landing page dapat mendatangkan keuntungan karena bisa membuat lebih banyak konversi..

Secara Langsung Mendukung Tujuan Bisnis

Salah satu manfaat utama landing page adalah bisa secara langsung mendukung tujuan bisnis kamu, misalkan dengan mencapai ceruk pasar baru. Ini menghasilkan banyak pelanggan, mempromosikan produk baru, atau bahkan mendatangkan banyak penjualan. 

Halaman arahan akan menguntungkan bisnis karena dapat melayani pelanggan yang kamu incar atau targetkan, selain itu juga memungkinkan kamu mengukur kesuksesan bisnis kamu.

Menghasilkan Data dan Wawasan

Ketika kamu menautkan landing page ke iklan atau kampanye, konten, tindakan, atau lainnya, kamu dapat melihat bagian mana yang menghasilkan prospek paling banyak. 

Kemudian juga bisa melakukan track penawaran yang paling menarik, atau bahkan bisa melihat kinerja suatu kampanye.

Melacak perilaku pengguna merupakan salah satu manfaatnya yang dapat menghasilkan wawasan berharga. Jenis wawasan tersebut dapat membantu kamu membangun database tentang audiens target dan strategi kampanye kamu.

Selain itu, jika landing page kamu berisi formulir, kamu dapat menggunakan informasi yang diminta dalam formulir untuk dapat informasi lebih lanjut tentang pengunjung kamu. Salah satu cara terakhir agar halamannya dapat menguntungkan bisnis kamu melalui data dan wawasan melibatkan pengujian. 

Dengan data dan analitik yang tersedia untuk halaman landing yang kamu punya, maka akan dapat menguji berbagai elemen halaman landing untuk melihat apa yang paling efektif.

Meningkatkan Kesadaran Merek/Brand Awareness

Ketika mendesain landing page, gaya, tampilan, nuansa, dan salinan yang konsisten dengan konten yang ditautkan ke halaman tersebut. Adanya landing page dengan pencitraan merek yang konsisten bisa menjadi cara ekstra untuk meningkatkan brand awareness dalam marketing. 

Inilah yang dapat menguntungkan bisnis kamu dengan meningkatkan konsistensi merek di berbagai bentuk media, dan memberikan pengunjung kesempatan mengenali dan memahami merek kamu.

Ketika pengunjung membuka halaman, mereka akan lebih mengenal brand dan lebih cenderung mengenali bisnis kamu. Sebab pelanggan lebih cenderung membeli sesuatu yang ia kenal.

Anatomi Penyusunan

Halaman tersebut yang bagus terdiri dari elemen-elemen inti penyusun yang dapat digunakan sebagai panduan saat membuat konten. Faktanya, hampir semua halaman itu yang dikonversi berhasil mencapai target karena fundamentalnya telah diatur. 

Dengan strukturnya yang baik, maka target konversi akan lebih berpeluang melakukan tindakan.

Dengan pemahaman anatomi, maka kamu berpeluang melakukan konversi yang sesuai dengan target konversi bisnis kamu. Kemudian, kamu juga dapat menemukan cara unik dan cerdas untuk mengoptimalkannya. 

Meski setiap landing page terlihat sedikit berbeda, blok bangunan dasar dari strukturnya harus ada. Sebab itu, ada lima elemen inti yang harus dimiliki halaman berkonversi tinggi, yaitu:

  • Harus memiliki unique selling proposition (USP)
  • Punya gambar atau video yang bagus untuk menarik pengunjung
  • Memiliki manfaat dari penawaran tersebut
  • Harus memiliki beberapa bentuk bukti sosial
  • Memiliki satu sasaran konversi atau ajakan bertindak

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2021

Buat kamu yang ingin mengetahui daftar payment gateway 2021 terbaik di Indonesia, kamu bisa cek di sini.  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang...

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online. Metode...

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh...

Danabijak, Perusahaan P2P Lending di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Danabijak adalah platform technology financial peer-to-peer lending (P2P lending) yang dari perusahaan PT Digital Micro Indonesia. Layanan pinjaman online ini bisa kamu dapatkan tanpa agunan...

Cerdas Memilih Platform Crowdfunding

Platform Crowdfunding adalah salah satu pendanaan bisnis yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul dari beberapa orang tersebut akan tersalur kepada pelaku...
LANGUAGE