26.1 C
Jakarta
Sabtu, 19 Juni, 2021

Komputer & Gadget Lemot? Coba Hapus Cache

Tak selalu penyebab kecepatan internet lemot adalah persoalan jaringan. Kadang kecepatan akses internet menjadi bermasalah karena banyak hal, salah satunya karena data cache belum terhapus. Tidak sedikit warganet yang lupa tentang hapus data cache ini ketika sedang lemot mengakses internet.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan penting tentang bagaimana cara menghapus cache, ada baiknya kita pahami dulu, apa itu cache. Mari kita simak.

Pengertian Cache

Cache merupakan proses yang menyimpan salinan file di penyimpanan sementara agar pengguna dapat mengaksesnya lebih cepat. Cache akan menyimpan data untuk aplikasi, browser web, dan server secara sementara yang dapat memastikan pengguna tidak perlu lagi mendownload informasi setiap kali kamu mengakses suatu web atau aplikasi.

Baca Juga : Apa Itu Digital Signature: Software dan Cara Kerjanya

Baca Juga : Rekomendasi Software Anti Malware Terpopuler 2021

Data cache ini bisa berupa multimedia seperti skrip, gambar, dan file, yang tersimpan pada perangkat kamu ketika pertama kali membuka aplikasi atau situs web. Data yang tersimpan itu untuk memuat informasi aplikasi atau web secara cepat ketika kamu membuka aplikasi atau webnya.

Domain Name System atau DNS yang menyimpan cache catatan DNS, tujuannya agar ketika melakukan pencarian dapat lebih cepat.

Kemudian jaringan pengiriman konten/content delivery networks (CDN) menggunakan cache untuk mengurangi latensi, dan cache browser web file Hyper Text Markup Language (HTML), JavaScript, dan gambar, bisa memuat situs web lebih cepat

Bagaimana Cache Bekerja

Data cache bekerja dengan cara menyimpan data agar bisa terakses kembali di memori penyimpanan perangkat. Data yang tersimpan dalam beberapa lapisan, dengan tingkat cache utama ke dalam sebuah chip mikroprosesor perangkat. Lalu, dua tingkat sekunder lagi akan memberi makan tingkat utama. 

Data ini akan tersimpan hingga time to live atau TTL, yang berfungsi untuk menunjukkan berapa lama konten perlu tersimpan dalam cache, kedaluwarsa, atau cache hard drive perangkat terisi.

Biasanya, data di cache dengan dua cara, yaitu lewat browser atau cache memori melalui CDN. Berikut penjelasannya.

Cache Browser dan Memori

Cache browser dan memori akan menyimpan data secara lokal di komputer yang menjalankan aplikasi atau browsernya. Saat browser kamu aktif, sumber daya tersebut telah tersimpan dalam memori akses acak/random access memory (RAM) atau hard drive-nya.

Kemudian apabila sumber daya untuk memuat laman web, browser akan menariknya dari cache, hal ini akan membuatnya lebih cepat untuk mengambil sumber daya dan memuat laman daripada mengambil langsung dari server.

CDN

Caching merupakan salah satu fungsi CDN yang menyimpan data di lokasi yang telah terdistribusi secara geografis untuk menangani lalu lintas dalam jumlah besar, melindungi dari serangan dunia maya, dan mengurangi waktu muat. Permintaan browser akan teralih ke CDN lokal, yang dapat memperpendek jarak tempuh data respons, kemudian mentransfer sumber daya lebih cepat.

Manfaat Penggunaan Cache

Saat kamu sedang mengunjungi suatu web, browser perlu mendownload data untuk memuat dan menampilkan suatu konten. Untuk mempercepat proses tersebut, browser akan menyimpan salinan konten yang pernah kamu buka di hard drive perangkat. Tujuannya agar ketika kamu membuka web yang sama, maka prosesnya akan lebih cepat.

Meski begitu, cache tidak dapat menyimpan banyak memori sekaligus. Karena itulah, kamu juga harus menghapus cache tersebut sebagai bentuk merefreshnya apabila kinerja perangkat kamu mulai lambat atau lemot. Nah, bagaimana cara menghapus cache? Berikut kami uraikan caranya.

Cara Hapus Cache

Cara menghapus cache tidak sulit. Tapi, setiap perangkat dan web memiliki caranya masing-masing. Berikut ini caranya.

Cara Hapus Cache di Browser

Untuk menghapus cache di browser perangkat kamu, silakan simak panduannya di bawah ini.

Cara Menghapus Cache di Apple Safari

Cara menghapus cache di apple safari cukup mudah, kamu hanya perlu membuka safari, kemudian pilih opsi history. Setelah itu, clear history untuk menghapus semua data simpanan di browser.

Setelah terhapus, kamu akan diarahkan ke menu drop-down yang menyediakan data satu jam terakhir, satu hari terakhir, dan seterusnya. Selain itu, kamu juga bisa memilih situs tertentu di riwayat history, kemudian klik kanan, dan hapus.

Cara Hapus Cache di Google Chrome

Cara menghapus cache di google chrome adalah dengan membuka Chrome dan pilih ikon pengaturan di sudut kanan atas browser. Lalu pilih opsi alat lainnya, hapus data penjelajahan. Di halaman berikutnya, pilih kotak centang untuk gambar dan file yang cache, cookie, data situs dan plugin. Gunakan opsi memilih berapa banyak data yang akan terhapus, bisa dari hari terakhir, atau bahkan keseluruhan data yang ada. Ini bisa untuk Google Chrome di Android dan iOS juga.

Cara Menghapus Cache di Mozilla Firefox

Cara menghapus data cache di Mozilla Firefox adalah dengan mengklik tombol library, lalu pilih history dan clear recent history. Kemudian pilih rentang waktu data cache yang akan terjapus, dan clear now untuk mengosongkan cache.

Cara Menghapus Cache di Ponsel

Jika kamu ingin menghapus data cache di ponsel kamu, cara berikut ini bisa kamu lakukan.

Menghapus Cache di Ponsel Android

Bagi pengguna Android, kamu dapat mengosongkan cache di perangkat ponsel kamu agar bisa bekerja lebih maksimal. Caranya dengan membuka pengaturan, kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus data cachenya. Setelah menemukan aplikasi yang ingin hapus cachenya, pilih hapus data.

Cara Menghapus Cache di Ponsel Iphone

Bagi pengguna Iphone atau iOS, caranya juga sangat gampang. Kamu hanya perlu membuka pengaturan, lalu klik opsi umum. Kemudian, buka penyimpanan dan penggunaan iCloud, dan buka kelola penyimpanan. Setelah itu, pilih aplikasi dalam daftar, buka dokumen dan data. Jika aplikasi tersebut menggunakan lebih dari 500 MB ruang, maka kamu  bisa menginstall ulangnya untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Penullis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2021

Buat kamu yang ingin mengetahui daftar payment gateway 2021 terbaik di Indonesia, kamu bisa cek di sini.  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang...

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online. Metode...

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh...

Danabijak, Perusahaan P2P Lending di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Danabijak adalah platform technology financial peer-to-peer lending (P2P lending) yang dari perusahaan PT Digital Micro Indonesia. Layanan pinjaman online ini bisa kamu dapatkan tanpa agunan...

Cerdas Memilih Platform Crowdfunding

Platform Crowdfunding adalah salah satu pendanaan bisnis yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul dari beberapa orang tersebut akan tersalur kepada pelaku...
LANGUAGE