30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Apa Itu Polkadot Staking? Simak Cara Melakukan dan Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu Polkadot staking pada dasarnya penting diketahui oleh para peminat dan khususnya pemilik aset kripto.

Polkadot (DOT) adalah koin kripto yang merupakan mata uang native atau asli yang digunakan di jaringan blockchain Polkadot. Polkadot adalah platform blockchain terdesentralisasi yang memungkinkan berbagai blockchain yang berbeda untuk saling berinteraksi dan beroperasi secara bersamaan dalam satu ekosistem yang disebut sebagai “parachains” dan “bridges.”

DOT adalah token utilitas yang digunakan dalam ekosistem Polkadot untuk berbagai tujuan. Nah, untuk tahu lebih jauh tentang Polkadot staking, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Perbedaan Staking dan Earn Aset Kripto, Cari Tahu di Sini Yuk!

Sekilas tentang Apa Itu Polkadot Staking

Polkadot staking adalah proses dimana pemegang token DOT (mata uang kripto yang digunakan di ekosistem Polkadot) menyimpan dan mengunci sejumlah token mereka dalam dompet atau akun khusus untuk mendukung keamanan dan operasi jaringan Polkadot. Dalam sistem konsensus Polkadot yang disebut Nominated Proof-of-Stake (NPoS), pemegang token DOT yang melakukan staking disebut sebagai “nominator”.

Proses ini melibatkan pemilihan validator, yang adalah entitas yang bertanggung jawab untuk memvalidasi transaksi dan menghasilkan blok baru di jaringan Polkadot. Nominator dapat memilih validator yang dianggap terpercaya dan dapat diandalkan untuk mewakili mereka dalam proses validasi.

Keuntungan Polkadot Staking

Staking di jaringan Polkadot (mengunci dan menyimpan sejumlah token DOT untuk mendukung keamanan jaringan) menawarkan beberapa keuntungan bagi para pemegang DOT. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

  1. Reward Staking

Salah satu keuntungan utama staking adalah mendapatkan reward atau imbal hasil atas token DOT yang di-stake. Pemegang DOT yang berpartisipasi dalam staking berhak mendapatkan reward sebagai imbalan atas kontribusi mereka dalam validasi transaksi dan keamanan jaringan Polkadot. Reward biasanya diberikan dalam bentuk tambahan token DOT.

  1. Meningkatkan Keamanan Jaringan

Dengan berpartisipasi dalam proses ini, pemegang DOT membantu meningkatkan keamanan jaringan Polkadot. Proses staking di Polkadot berfungsi untuk memilih validator yang dapat dipercaya dan andal, dan nominator mempercayakan validator ini untuk menjalankan tugas-tugas validasi.

  1. Partisipasi dalam Governance

Pemegang DOT yang melakukan staking memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan atau governance di jaringan Polkadot. Mereka dapat memberikan suara mereka dalam pemungutan suara tentang perubahan atau peningkatan jaringan.

  1. Diversifikasi Portofolio

Staking DOT memberikan kesempatan bagi para investor untuk mendiversifikasi portofolio mereka. Selain dari pertumbuhan nilai DOT, mereka juga dapat memperoleh reward dari staking, sehingga memperkuat eksposur ke aset kripto.

  1. Kegunaan Jangka Panjang

Polkadot adalah platform yang bertujuan untuk menghubungkan berbagai blockchain, menciptakan ekosistem yang lebih luas dan saling berhubungan. Melalui staking, para pemegang DOT dapat mendukung ekosistem ini dan menjadi bagian dari perkembangan jaringan yang mungkin terjadi di masa depan.

Baca juga: Platform Staking Kripto Terbaik saat Ini, Intip Yuk di Sini!

Apa Itu Polkadot Staking

Cara Melakukan Staking Polkadot di INDODAX Earn—Apa Itu Polkadot Staking

Bagi kamu yang ingin melakukan staking coin, saat ini kamu bisa melakukannya di INDOAX dengan nama INDODAX Earn. Staking aset kripto di INDODAX Earn  ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan aset kripto dengan mudah.

INDODAX Earn sendiri merupakan sebuah fitur  digital yang sudah tentu aman dan terpercaya. Di fitur tersebut, kamu bisa berinvestasi aset kripto dengan aman untuk meraih pendapatan tambahan. 

Di fitur INDODAX Earn, juga tersedia berbagai pilihan jenis simpanan sesuai kenyamanan kamu, yang ditawarkan dengan bunga yang kompetitif. Untuk diketahui, saat ini terdapat beberapa coin yang bisa di-stake di INDODAX, salah satunya adalah Polkadot (DOT). Berikut ini panduannya:

  1. Pilih koin yang ingin di-staking sesuai dengan daftar yang tersedia di INDODAX Earn , contohnya DOT token.
  2. Kamu bisa beli DOT (DOT/IDR) di market INDODAX, lalu mengirimnya ke wallet INDODAX milikmu.
  3. Jika sudah sampai di INDODAX maka kamu perlu masuk ke Tab market lalu klik INDODAX Earn.
  4. Pilih aset DOT (polkadot staking) dan selanjutnya masukkan jumlah yang ingin di-stake.

Baca juga: Perbedaan Staking dan Earn Aset Kripto yang Perlu Diketahui Pemula

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE