26.6 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Aplikasi Kasir Pintar yang Berguna untuk Kebutuhan Bisnis

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi kasir pintar atau biasa dikenal sebagai Point of Sales (POS) telah menjadi salah satu kebutuhan agar aktivitas bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Sebab, salah satu kesulitan bisnis dalam menjalankan operasinya adalah mencatat transaksi keluar dan masuk.

Begitu juga dengan waktu yang dihabiskan untuk setiap transaksi, sebagai contoh: berapa lama waktu yang terpakai bagi minimarket untuk melayani pelanggan? Bisa dibilang cukup cepat bukan, karena itu beruntunglah para pengusaha saat ini dengan adanya kasir pintar atau POS untuk membuat aktivitas bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca jugaWajib Pakai Aplikasi MyPertamina untuk Beli BBM, Netizen: Negara Ini Makin Ribet!

Dengan kehadiran POS membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman, hingga pengecekan stok dan harga barang menjadi lebih efektif, serta keuntungan lainnya juga tidak diperoleh menggunakan transaksi manual. Selain itu, POS juga inklusif dalam artian tidak hanya digunakan oleh jenis usaha atau bisnis besar, namun juga dapat digunakan bagi para pelaku bisnis kecil karena harganya relatif murah bahkan ada juga yang gratis.

Meskipun begitu, ada banyak aplikasi POS atau kasir pintar yang tersedia saat ini. Sebab itu, para pelaku bisnis harus jeli dalam menentukan POS yang menawarkan fitur berdasarkan kebutuhan bisnis masing-masing. Namun tidak hanya itu saja, mengenai harga juga bisa menjadi pertimbangan agar tidak perlu mengeluarkan dana lebih banyak untuk fitur yang belum tentu berguna bagi bisnis Anda.

Baca jugaRekomendasi Buat Kamu, Ini Aplikasi P2P Lending Syariah Terpercaya

aplikasi kasir pintar

Aplikasi Kasir Pintar untuk Bisnis

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi POS atau kasir pintar berdasarkan fitur dan kebutuhan bisnismu.

1. MokaPOS

MokaPOS adalah aplikasi kasir online berbasis cloud dan sudah memiliki banyak pengguna dari berbagai industri bisnis. Aplikasi ini dapat diunduh pada perangkat Android maupun iOS. Selain itu, MokaPOS juga menawarkan berbagai fitur menarik diantaranya adalah menyusun daftar menu, stok barang, laporan transaksi, hingga menambahkan harga produk. 

MokaPOS juga memiliki kelebihan untuk penggunanya adalah fitur cloud yang memungkinkan Anda memantau bisnis di manapun dan kapanpun. Tidak hanya itu saja, tapi juga fitur laporan keuangan real time yang bisa diakses secara online maupun offline. Aplikasi ini bisa dicoba gratis selama 14 hari, namun nantinya akan dikenakan biaya langganan sebesar Rp299 ribu per bulannya untuk dapat menikmati fitur-fiturnya.

2. Omega POS

Omega POS adalah aplikasi milik PT Omega Teknologi Indonesia yang memiliki fitur unik dan sangat berguna bagi bisnis saat memiliki banyak cabang, yaitu pengelolaan stok yang dapat digunakan langsung di beberapa store atau toko. Omega POS sudah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna dan berfokus dalam meningkatkan penjualan, salah satunya adalah kebutuhan pelanggan. 

Aplikasi ini menawarkan fitur peningkatan penjualan dengan memaksimalkan data yang tersedia seperti keinginan dari pelanggan. Fitur lain dari aplikasi ini juga cukup menarik, yaitu analisis data, inventory, dan akuntansi. Sama halnya dengan aplikasi POS lainnya yang dapat dicoba secara gratis selama 14 hari, kemudian akan dikenakan tarif sebesar Rp165 ribu per bulan untuk berlangganan.

3. Ameera Kasir Online

Ameera kasir online adalah aplikasi POS yang diciptakan oleh Duta Data Teknologi dengan tujuan untuk membantu para pelaku bisnis, terutama dalam melakukan transaksi jual-beli, pengelolaan inventory, hingga laporan hasil usaha.

Teruntuk para pelaku bisnis yang ada saat ini dan memiliki beberapa cabang bisnis, aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan pengelolaan secara bersamaan sekaligus memberikan laporan keuangan yang dijalankan secara lengkap. Ameera akan memberikan masa uji coba secara gratis selama 14 hari, kemudian akan dikenakan biaya langganan sebesar Rp150 ribu per bulan.

4. Kasir Pintar

Kasir pintar merupakan sebuah aplikasi POS dengan tampilan sederhana dan menawarkan fitur pintar melalui teknologi cloud. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya yang sampai saat ini sudah mencapai 500 ribu lebih untuk dapat mengakses fiturnya secara online maupun offline. Kasir pintar terbagi menjadi dua, yaitu versi gratis dengan fitur terbatas dan ada juga versi pro dengan fitur lebih kompleks. Fitur pintar yang ditawarkan dari kasir pintar meliputi pengaturan dan pengeditan data produk dimanapun dan kapanpun menggunakan sistem barcode, dan laporan profit atau loss secara lengkap.

5. POS Qasir

POS Qasir adalah aplikasi POS sederhana dengan banyak fitur sesuai kebutuhan dan tampilan user friendly bagi para pelaku bisnis UKM. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna untuk membantu operasi bisnis mereka.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini meliputi pencatatan seluruh transaksi (digital maupun tunai), pengelolaan stok produk (tambah atau hapus produk, keterangan produk, dan penyuntingan stok), pengelolaan cabang (tambah, edit, hapus, menambah data pegawai di setiap cabang), pengelolaan pegawai, laporan bisnis (pembelian terbanyak dan produk paling laku), printer dan barcode scanner, hingga pembayaran melalui QR Code.

Kelebihan lain dari aplikasi ini selain menawarkan berbagai fitur, POS Qasir hadir dengan tampilan sederhana, mudah digunakan, dan gratis. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur premium dengan membayarkan biaya ekstra untuk dapat menggunakannya.

6. Majoo

Hadir dengan nama terunik, Majoo telah berhasil menarik perhatian para pelaku bisnis dan telah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna. Fitur aplikasinya juga terbilang lengkap dan dapat digunakan oleh bisnis dari berbagai sektor. Beberapa fitur dari Majoo meliputi pengelolaan stok, CRM (Customer Relationship Management), laporan lengkap, e-wallet, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan pegawai. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa mengelola promosi, jenis pembayaran, voucher, hingga mengatur layout cabang sesuai dengan preferensi. 

7. POST

POST merupakan aplikasi kasir gratis yang dikembangkan oleh PT Payfazz Teknologi Nusantara dan telah diunduh lebih dari 50 ribu orang dan dapat dicoba secara gratis selama 30 hari, setelahnya akan dikenakan biaya langganan dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur pintar yang mungkin tidak ditawarkan oleh POS lainnya untuk membantu aktivitas bisnis menjadi lebih mudah.

Beberapa fitur dari aplikasi POST, antara lain mencatat pesanan lebih cepat, menambahkan tarif pajak, menggunakan opsi layanan bisnis (take away, dine-in, atau delivery), data penjualan diakses secara real time, mencatat transaksi tunai dan nontunai, hingga bisa disandingkan dengan beberapa perangkat pendukung seperti printer maupun barcode.

Baca jugaBegal Berkedok Debt Collector Ditangkap, Incar Korban Pakai Aplikasi Cek Plat Kendaraan

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE