26.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli, 2024

Mengenai Aplikasi OY! Indonesia, Solusi Finansial yang Nyaman

Aplikasi OY Indonesia, salah satu fintech yang mulai populer di Indonesia, terus berevolusi untuk menjadi solusi finansial yang nyaman digunakan untuk mengatur transaksi keuangan sehari-hari. Platform fintech yang sudah beberapa tahun beroperasi di Indonesia ini diketahui menawarkan kebebasan bertransaksi antar-rekening bank.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas, misalnya transfer antar rekening bank tanpa biaya administrasi, cukup dengan menghubungkan rekening bank atau kartu debit. Pengguna juga bisa melakukan transfer bank dengan tiga cara mudah, yakni Debit Card, Manual Pay, dan Virtual Account.

Di samping itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk dapat mengisi saldo dompet digital (e-wallet) secara gratis dan melakukan pembayaran tagihan rutin. Bukan itu saja, penggunaannya pun bisa menagih atau meminta bayar patungan ke orang lain.

Layanan fintech di Indonesia sendiri saat ini kian marak. Hal itu juga membuat adanya perbedaan pilihan rekening bank. Akibatnya, sebagian pengguna dibebankan biaya administrasi ketika melakukan transaksi. Karena itu, aplikasi ini pun menggaet sederet layanan fintech ternama, seperti dompet digital Go-Pay, DANA, E-Money, Paytren, Doku, XL Tunai, NU Cash, serta Rekening Ponsel yang kini ini telah menjadi mitra mereka.

Chief Executive Officer (CEO) OY! Indonesia, Jesayas Ferdinandus, mengatakan bahwa pihaknya menjamin keamanan layanannya sebab telah memiliki lisensi dan diawasi oleh Bank Indonesia (BI).

Sebagaimana diketahui, aplikasi yang berada di bawah naungan PT Dompet Harapan Bangsa ini terdaftar dan diawasi oleh BI dengan Nomor: 21/267/Jkt/3, sebagaimana dilansir dari situs resmi perusahaan. Di samping itu, PT Dompet Harapan Bangsa juga sudah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Nomor: S-326/MS.72/2019.

Di sisi lain, perusahaan ini pun terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Nomor: 000019.01/DJAI.PSE/02/2021. Perusahaan yang satu ini juga memegang lisensi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS). Diterbitkan oleh PCI Security Standard Council, lisensi tersebut menyatakan bahwa sistem dari PT Dompet Harapan Bangsa memenuhi standar keamanan data yang tinggi.

Jesayas Ferdinandus menambahkan, dirinya pun berharap agar ke depannya aplikasi ini bisa menjadi sebuah platform yang menawarkan one stop financial solutions bertema #BeSmartBeOy. Untuk tujuan jangka panjang perusahan ini, imbuhnya, yakni bisa meningkatkan literasi finansial yang mampu mendorong kemajuan ekonomi nasional.

Sekilas tentang OY Indonesia

Dikutip dari situs resmi perusahaan, perjalanan aplikasi ini diketahui dimulai sejak tahun 2017, dengan ide dan keinginan sederhana untuk menghubungkan lebih banyak orang di seluruh Indonesia. Berangkat dari ide itu, lahirlah produk pertamanya berupa sebuah aplikasi chat.

Dalam perjalanannya, perusahaan ini menyadari bahwa masyarakat tidak hanya sekadar ingin terhubung satu dengan yang lainnya, tetapi juga ini memiliki kemampuan untuk bertransaksi dengan lebih mudah. Terinspirasi untuk dapat memberikan solusi dan jawaban dari masalah keuangan sebab untuk sekadar melakukan transaksi dapat menghabiskan banyak waktu dan uang, mereka pun lantas mengembangkan sistem pembayaran pada tahun 2018.

Sejak saat itu, perusahaan ini tidak pernah berhenti untuk terus berkembang dan sekarang sudah mendukung ratusan bisnis di seluruh Indonesia. Aplikasi ini pun bermitra dengan semua pihak, mulai dari bank, pemerintah, bisnis skala kecil, startup, hingga perusahaan-perusahaan besar skala regional dan dunia.

Cara Transfer Uang dengan Aplikasi OY Indonesia

Transaksi dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja selama ponsel pengguna telah terkoneksi dengan jaringan internet. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mentransfer dana ke lebih dari 100 bank yang sudah bergabung dengan aplikasi ini tanpa biaya admin.

– Kecepatan Transfer

Selama transaksi keuangan yang dilakukan dengan jaringan internet yang stabil, aplikas ini akan memberikan jaminan uang akan masuk secara real time. Itu berarti, uang yang dikirim bakal langsung sampai setelah transaksi berhasil.

– Keamanan Transfer Uang

Ketika menggunakan aplikasi ini, pengguna sudah tidak perlu khawatir lagi tentang keamanannya. Hal itu karena aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. Untuk informasi tambahan, aplikasi ini diawasi dan terdaftar oleh Bank Indonesia dan bukan dengan OJK karena sebab perusahaan ini merupakan fintech dan bukan industri keuangan, seperti bank dan asuransi, yang memang diawasi oleh OJK.

– Cara Daftar

Sebelum mentransfer uang dengan aplikasi ini, tentu terlebih dahulu pengguna harus mengunduh aplikasinya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Install aplikasinya di Google Play Store atau App Store.
  • Masukan nomor ponsel yang akan digunakan pada aplikasi.
  • Pilih WhatsApp atau SMS untuk menerima kode verifikasi nomor ponsel.
  • Masukkan kode verifikasi.
  • Masukkan data diri dengan benar.
  • Buat PIN dengan kombinasi 6-digit angka.
  • Pendaftaran akun berhasil.

Cara Transfer Uang

Setelah melakukan pendaftaran akun di aplikasi ini, pengguna sudah dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer uang antar-bank. Caranya seperti berikut ini:

  • Klik menu Transfer.
  • Pilih bank tujuan dan masukan nomor rekening tujuan. Klik Periksa Nomor, lalu masukan nomor ponsel penerima.
  • Masukan nominal yang ingin ditransfer (Minimal transfer Rp10.000).
  • Pilih sumber dana dan metode pembayaran (debit card, virtual account, transfer manual).
  • Setelah melakukan pembayaran, aplikasi ini akan memverifikasi secara otomatis.
  • Simpan bukti transfer yang bisa dikirim melalui WhatsApp atau disimpan sebagai foto.

Penting juga diketahui, melalui aplikasi ini, pengguna bisa mentransfer dana ke berbagai bank tanpa biaya admin, hingga Rp200.000.000 per hari.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi OY Indonesia

  1. Pembukuan account statement secara otomatis dan lengkap.
  2. Transaksi antar-bank yang lebih murah
  3. Satu kali integrasi untuk akses ke 100+ bank dan e-wallet.
  4. Notifikasi pembayaran masuk secara otomatis.
  5. Pengecekan nomor rekening langsung.
  6. Efisiensi waktu karena tidak ada jam cut off.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU