33 C
Jakarta
Kamis, 21 Oktober, 2021

ShopeePinjam, Layanan Pinjaman Online untuk Pengguna Aplikasi Shopee

Aplikasi ShopeePinjam adalah layanan pinjaman online bagi pengguna aplikasi Shopee. Bagi yang sering berbelanja online di marketplace Shopee, tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu fitur Shopee ini. 

Nah, layanan pinjaman uang tunai berbasis digital ini merupakan kerja sama antara platform penyedia Shopee dengan PT Lentera Dana Nusantara selaku pemberi pinjaman. Saat ini, kerja sama lintas platform ini kerap terjadi di Indonesia, dengan tujuan agar platform lending dapat memperluas jangkauannya melalui kerja sama tersebut. Tentu saja, di sisi lain, platform penyedia juga mendapatkan layanan baru untuk penggunanya.

Untuk Lentera Dana Nusantara, perusahaan fintech lending ini merupakan platform yang menghubungkan peminjam (borrower) dengan pemberi pinjaman (lender). Sistem yang bekerja di Lentera Dana Nusantara akan memberikan sejumlah bunga pinjaman sebagai return kepada pemberi pinjaman.

Uang yang diinvestasikan melalui Lentera Dana Nusantara akan dipinjamkan ke layanan Shopee Pinjam. Sedangkan peminjam melalui platform marketplace orange tersebut akan membayar sejumlah cicilan serta bunga dari pinjaman tersebut.

Cara Mendaftar Aplikasi ShopeePinjam (SPinjam)

Sebagai catatan, tidak semua pengguna platform akan mendapatkan fitur atau layanan finansial dari kolaborasi antar perusahaan ini. Hanya pengguna terpilihlah yang akan diundang oleh marketplace untuk mendapatkan layanan pinjaman ini. Untuk mengaktifkan fitur ini, maka berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka menu SPinjam di aplikasi.
  2. Apabila fitur tersebut belum aktif, maka klik Aktifkan Sekarang.
  3. Kemudian platform akan meminta pengguna memasukkan nomor telepon.
  4. Setelah nomor telepon dimasukkan, maka pengguna akan diminta memasukkan kode One Time Password (OTP) yang dikirim ke nomor telepon.
  5. Setelah itu, lengkapilah info kontak darurat yang diminta, masukkan 2 nama dan nomor telepon untuk kontak darurat.
  6. Lakukan verifikasi wajah, maka tinggal menunggu data yang kamu kirim diverifikasi SPinjam.
  7. Apabila pengajuan diterima, maka akan muncul pop up notifikasi dari platform sekaligus besar limit yang dapat diajukan oleh pengguna.

Untuk mengajukan pinjaman, berikut ini langkah-langkahnya. Hanya saja, perlu diingat bahwa pengajuan ShopeePinjam ini hanya dapat diajukan apabila kamu tidak memiliki keterlambatan pembayaran tagihan untuk fitur SPayLater dan/atau SPinjam.

  1. Masuk ke aplikasi Shopee, lalu klik tab Saya, dan klik SPinjam.
  2. Setelah itu, klik Ajukan. Di sana kamu dapat memilih jumlah pinjaman dengan menggeser tombol sesuai nominal yang kamu inginkan.
  3. Kemudian, pilihlah durasi pinjaman yang sesuai dengan kemampuan kamu membayar.
  4. Lalu pilihlah rekening bank yang kamu gunakan untuk menerima pinjaman, atau apabila kamu ingin menggunakan rekening lain, kamu juga dapat menambahkan rekening baru.
  5. Klik ajukan sekarang, dan masukkan pin ShopeePay untuk memverikasi permintaan kamu.
  6. Apabila pengajuan pinjaman yang kamu lakukan disetujui, maka kamu akan menerima notifikasi bahwa pengajuan telah berhasil dilakukan dan uang akan ditransfer ke rekening bank yang kamu pilih.

Itulah langkah-langkah untuk mengajukan pinjaman melalui SPinjam. Perlu diingat, setelah menerima pinjaman dana, kamu harus melakukan pembayaran tagihan SPinjam paling lambat tanggal 5 pada bulan berikutnya.

Fitur ShopeePayLater

Selain menawarkan layanan pinjol, Lentera Dana Nusantara bersama Shopee juga mempunyai produk finansial lainnya, yaitu Shopee PayLater. Layanan ini merupakan pembiayaan beli dulu bayar kemudian, alias melakukan transaksi di Shopee dengan cara kredit.

ShopeePayLater ini merupakan produk layanan yang disediakan oleh dua penyedia pinjaman, yaitu dari PT Lentera Dana Nusantara yang merupakan operator platform layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi atau peer to peer lending, dan PT Commerce Finance sebagai pemberi pinjaman kepada pengguna yang ingin berbelanja di Shopee.

Bagi para pengguna Shopee yang ingin menggunakan layanan pay later ini, maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut.

  1. Pengguna sudah berusia 17 tahun dan/atau 17 tahun ke atas.
  2. Pengguna memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah.

Untuk limit yang diberikan, hal ini bergantung pada riwayat pembayaran dan transaksi masing-masing pengguna. Untuk melihat besaran jumlahnya, kamu dapat melihat jumlah dan sisa limit di halaman SPayLater.

Itu tadi ulasan mengenai aplikasi ShopeePinjam dan ShopeePayLater untuk kamu yang sering berbelanja di marketplace Shopee. Kamu bisa memanfaatkan kedua fitur tersebut sesuai kebutuhanmu.

Terakhir, yang paling penting adalah sebelum menggunakan kedua fitur tersebut, pastikan kamu telah membaca syarat dan ketentuan dari kedua fitur tersebut.

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Bitcoin Pecah Rekor Sepanjang Masa, Analis Berharap Lewati US$100.000

Reli terbaru Bitcoin ke harga tertinggi sepanjang masa di atas US$66.000 sudah memunculkan gelombang prediksi bullish baru, dengan harga cryptocurrency sudah lebih dari dua...

Komite Senat Australia Buat 12 Rekomendasi untuk Regulasi Crypto

Komite Terpilih Senat Australia sudah menyerahkan laporan terakhirnya tentang tinjauan selama setahun terhadap pendekatan negara ini terhadap peraturan kripto dan blockchain. Seperti dikutip dari...

Bitcoin Lewati Rp932 Juta Setelah Peluncuran ETF di NYSE

Harga Bitcoin (BTC) terus naik. Harga Bitcoin sempat dijual Rp932 juta di marketplace Indodax, Kamis (21 Oktober 2021) dini hari. Hal ini terjadi semenjak...

Keuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

Produk asuransi kesehatan dengan manfaat asuransi rawat inap sangat berperan untuk membebaskan dari kekhawatiran dan kegelisahan terkait kondisi keuangan yang terganggu akibat tidak adanya...

Kasus Pinjaman Online: Contoh dan Cara Melaporkan

Belakangan ini marak terjadi kasus pinjaman online, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online terpercaya, pinjaman online ilegal, kasus pinjaman online tidak dibayar, hingga...
LANGUAGE