27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Apa Arti Nomor Kartu Kredit dan Fungsi Pentingnya?

JAKARTA, duniafintech.com – Arti nomor kartu kredit, apa saja fungsinya? Nomor kartu kredit adalah serangkaian angka yang memiliki makna masing-masing. Penting untuk memahami fungsinya dengan baik agar Anda lebih menyadari kebutuhan untuk menjaga informasi kartu kredit.

Bagi nasabah perbankan, nomor kartu kredit bukanlah hal yang asing. Nomor kartu kredit menjadi salah satu informasi pribadi yang sangat krusial dan perlu dilindungi dengan cermat. 

Keamanan nomor kartu kredit menjadi sangat penting, karena jika informasi ini jatuh ke tangan yang salah, dapat disalahgunakan untuk melakukan pembelian atau transaksi ilegal atas nama pemilik kartu.

Meskipun nomor kartu kredit merupakan informasi krusial, masih banyak nasabah yang kurang memahami apa sebenarnya nomor kartu kredit dan apa kegunaannya. Pemahaman ini hanya bisa diperoleh jika seseorang memiliki kartu kredit dan mengerti fungsinya secara lebih mendalam.

Baca juga: 5 Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA dengan Mudah

Apa Itu Nomor Kartu Kredit?

Nomor kartu kredit adalah serangkaian angka yang membawa informasi khusus tentang pemilik kartu, lembaga penerbit, serta jenis dan batas kredit yang dimiliki. Biasanya, nomor kartu kredit terdiri dari 16 digit yang dibagi menjadi empat blok, dengan tiga angka di setiap bloknya.

Tidak hanya itu, nomor kartu kredit juga melibatkan tiga atau empat digit tambahan yang dikenal sebagai kode keamanan CVV (Card Verification Value). Berikut adalah rincian terkait nomor kartu kredit yang penting untuk dipahami:

  1. IIN (Issuer Identification Number): Ini merupakan tiga digit pertama yang menunjukkan bank penerbit kartu kredit.
  2. Account number: Terdiri dari 13 digit, ini adalah kode yang menunjukkan nomor rekening kartu kredit Anda.
  3. CVV (Card Verification Value): Merupakan kode tiga digit yang tertera di bagian belakang kartu kredit. Fungsinya adalah untuk memverifikasi identitas Anda saat melakukan transaksi online.

Fungsi Nomor Kartu Kredit

Secara umum, nomor kartu kredit digunakan untuk melakukan transaksi online, pembelian di toko, dan penarikan uang tunai dari ATM. Selain itu, nomor kartu kredit memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi kartu kredit dan pemiliknya

Nomor kartu kredit digunakan untuk mengidentifikasi kartu kredit dan pemiliknya saat melakukan transaksi. Dengan nomor kartu kredit, pedagang dapat memastikan bahwa transaksi yang dilakukan valid dan dilakukan oleh pemilik kartu kredit yang sah.

2. Memproses transaksi pembelian

Nomor kartu kredit digunakan untuk memproses transaksi saat pembelian barang atau jasa. Kemudian, pedagang akan melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa kartu kredit masih aktif dan memiliki dana yang mencukupi.

3. Memberikan perlindungan bagi pemilik kartu kredit

Fungsi nomor kartu kredit juga dapat digunakan untuk memberikan perlindungan bagi pemilik kartu kredit dari penipuan. Jika kartu kredit hilang atau dicuri, Anda dapat melaporkan ke bank untuk memblokir kartu tersebut.

Dengan memblokir kartu, Anda sebagai pemilik kartu kredit dapat mencegah orang lain menggunakan kartu tersebut untuk melakukan transaksi yang tidak sah.

Arti Angka pada Nomor Kartu Kredit

Nomor 16 digit yang tertera pada kartu kredit memiliki makna yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan mengenai setiap digit:

1. Arti Nomor Kartu Kredit: Digit Pertama

Angka pertama pada nomor kartu kredit mengindikasikan jenis kartu yang diterbitkan:

  • Kartu kredit American Express dimulai dengan angka 3 (biasanya 34 atau 37).
  • Kartu kredit Visa dimulai dengan angka 4.
  • Kartu kredit Mastercard dimulai dengan angka 5.

2. Arti Nomor Kartu Kredit: Digit Kedua

Digit kedua mengidentifikasi industri terkait dengan kartu tersebut:

  • 1 dan 2 terkait dengan perjalanan udara dan layanan keuangan.
  • 2 hingga 6 terkait dengan perbankan dan keuangan.
  • 7 terkait dengan industri perminyakan.
  • 8 terkait dengan perawatan kesehatan dan telekomunikasi.
  • 9 digunakan oleh pemerintah atau kategori lainnya.

3. Arti Nomor Kartu Kredit: Digit ke-3 sampai ke-8

Serangkaian angka ini secara kolektif mengidentifikasi lembaga keuangan yang mengeluarkan kartu dan disebut Issuer Identification Number (IIN) atau Bank Identification Number (BIN).

4. Arti Nomor Kartu Kredit: Digit ke-9 sampai ke-15

Pada kartu kredit, digit ke-9 sampai ke-15 mengidentifikasi anggota kartu unik dan akun yang terkait dengan kartu tersebut.

5. Digit Terakhir (CVV)

Digit terakhir pada nomor kartu kredit adalah kode keamanan CVV. Kode ini memainkan peran penting dalam validasi, membantu mengamankan transaksi daring dengan memastikan bahwa pemilik kartu memiliki fisik kartu dan tidak hanya menggunakan nomor kartu yang diperoleh secara tidak sah.

Baca juga: Bunga Kartu Kredit BCA, Jenis, hingga Biaya Tahunannya

Arti Nomor Kartu Kredit

Tips Menjaga Keamanan Nomor Kartu Kredit

Meskipun kartu kredit telah dirancang untuk menjaga keamanan informasi keuangan, tetap penting untuk waspada terhadap kejahatan cyber yang mungkin menggunakan metode berikut:

  1. Memantau mutasi rekening secara berkala

Rutin memantau mutasi rekening dan laporan kartu kredit dapat membantu mendeteksi aktivitas yang mencurigakan. Jika ada transaksi yang tidak dikenali, segera laporkan ke pihak bank untuk tindakan lebih lanjut.

  1. Menggunakan kode CVV untuk transaksi online

Kode CVV, yang terletak di bagian belakang kartu kredit dan terdiri dari tiga digit, diperlukan untuk proses verifikasi identitas saat melakukan transaksi online. Pastikan untuk tidak memberikan kode ini kepada pihak lain.

3. Mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor (2FA)

Fitur 2FA atau Two Factor Authentication menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk transaksi online dengan kartu kredit. Dengan mengaktifkan 2FA, Anda akan diminta memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor handphone sebagai langkah verifikasi tambahan.

  1. Menggunakan nomor kartu virtual

Nomor kartu kredit virtual merupakan metode lain untuk meningkatkan keamanan akun kartu kredit. Ini adalah nomor kartu kredit unik yang terhubung ke akun kartu kredit utama Anda, memungkinkan Anda berbelanja online tanpa harus memberikan nomor kartu kredit sebenarnya kepada pedagang.

Demikianlah ulasan terkait arti nomor kartu kredit yang perlu diketahui. Pada dasarnya, nomor kartu kredit adalah serangkaian angka yang memiliki makna masing-masing. Penting untuk memahami fungsinya dengan baik agar Anda lebih menyadari kebutuhan untuk menjaga informasi kartu kredit. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca juga: Bunga Cicilan Kartu Kredit BCA dan Fitur Cicilan Unggulan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE