25 C
Jakarta
Rabu, 3 Juni, 2020

Asosiasi Perbankan Cina Adopsi Blockchain

duniafintech.com – Asosiasi Perbankan Cina (CBA), organisasi pengaturan mandiri negara untuk sektor perbankan, meluncurkan platform berbasis blockchain baru untuk pembiayaan perdagangan.

Platform diumumkan minggu lalu, tepat ketika organisasi sedang dalam proses peluncuran untuk penggunaan langsung setelah beberapa program percontohan. Langkah Asosiasi Perbankan Cina ini  bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi keuangan perdagangan.

Lebih dari 10 bank besar di wilayah ini telah mendaftar untuk platform ini, termasuk HSBC (China), Bank of China, China Merchants Bank, Ping An Bank, China Postal Savings Bank, dll.

Dukungan teknis adalah dari perusahaan-perusahaan fintech Cina termasuk PeerSafe, sebuah startup yang berbasis di Beijing yang berfokus pada teknologi buku besar yang didistribusikan dan anggota konsorsium Hyperledger.

Asosiasi Perbankan Cina mengatakan dalam pernyataannya bahwa mereka telah menyelesaikan dua pilot untuk menerbitkan surat kredit (LoC) dan sekuritas yang didukung aset, dengan partisipasi dari Bank Industri dan Komersial China dan China Merchants Bank.

“Peluncuran blockchain keuangan perdagangan China telah menyatukan rantai perdagangan berbagai bank untuk membuat transaksi lintas bank jauh lebih cepat, lebih aman dan lebih realistis,” Fang Xiao, wakil presiden dan kepala keuangan industri dan komersial di HSBC China, dikutip seperti yang dikatakan dalam laporan berita pada hari Kamis, dilansir dari coindesk.com

Ke depan, CBA mengatakan pihaknya berencana untuk memasukkan lebih banyak bank kecil dan menengah, agen bea cukai dan, perpajakan ke platform.

Sektor keuangan perdagangan semakin mencari untuk mengadopsi teknologi blockchain guna meningkatkan operasi. Pada bulan September, bank sentral Cina mengerahkan “Platform Blockchain Keuangan Pembiayaan Perdagangan Bay Area” di seluruh lembaga keuangan di kota Shenzhen selatan.

Otoritas Moneter Hong Kong juga mengumumkan peluncuran platform keuangan perdagangan blockchain langsung pada bulan November tahun lalu.

Baru-baru ini, HSBC India dan ING Bank, Brussels, memfasilitasi transaksi keuangan perdagangan pada platform blockchain Corda R3, untuk konglomerat minyak dan gas Reliance Industries yang berbasis di India dan distributor kimia global yang berbasis di AS, Tricon Energy.

-Kamlet Rosse-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Rangkuman Kabar Startup Jelang Kuartal 2 Tahun 2020

DuniaFintech.com - Memasuki penghujung kuartal 2 tahun 2020, industri usaha rintisan (startup) mengalami gejolak, beberapa di antaranya harus menghentikan sementara aktivitasnya, bahkan...

Penetrasi Fintech di Indonesia Berpotensi Meningkat! Ini Alasannya

DuniaFintech.com - Penetrasi fintech sebagai inovasi pada layanan keuangan disebut-sebut akan terus meningkat seiring dengan stabilnya pertumbuhan industri tersebut. Laporan teranyar e-Conomy...

Memanfaatkan Artificial Intelligence, Grab dan Google Hadirkan Layanan Ini

DuniaFintech.com - Grab bekerja sama dengan Google meluncurkan sebuah fitur dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence. Layanan yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence ini diberi nama Grab...

Sejumlah Perusahaan Pinjaman Online ini Dulang Keuntungan Ditengah Pandemi

DuniaFintech.com - Pandemi corona berdampak terhadap banyak sektor, termasuk ekonomi. Namun, transaksi di aplikasi pinjaman online baik pembayaran maupun pinjaman (lending) melonjak...

3 Aplikasi Pinjaman Online ini Siap Bantu Hadapi Krisis Keuangan

DuniaFintech.com - Di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil seperti saat ini, aplikasi pinjaman online menjadi langkah alternatif untuk memenuhi kebutuhan...
LANGUAGE