27.2 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022

Asuransi Investasi Terbaik dan Rekomendasi Produknya

Terdapat banyak pilihan yang dapat digunakan dalam rangka mempersiapkan keadaan finansial masa depan. Di antara caranya adalah dengan memiliki asuransi investasi.

Sejatinya, produk asuransi dan investasi merupakan dua hal yang berbeda. Pasalnya, produk pertanggungan merupakan produk keuangan yang memiliki tujuan untuk melindungi pesertanya dari risiko keuangan pada masa depan, sementara investasi berarti kegiatan menanamkan modal berupa dana atau aset yang bertujuan mendapatkan keuntungan.

Mengingat keduanya merupakan produk-produk keuangan yang telah menjadi hal penting dalam pengelolaan keuangan, saat ini hadir produk keuangan gabungan antara keduanya.

Pengertian

Pengertiannya secara umum, yaitu produk keuangan yang menggabungkan dua manfaat dari produk pertanggungan dan investasi. Produk ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memiliki manfaat perlindungan keuangan dan mendapat keuntungan dari produk pertanggungan yang dimiliki. Hanya dengan satu produk, pesertanya dapat memperoleh dua manfaat sekaligus.

Meski demikian, penting diketahui bahwa kentungan ini sejalan dengan risiko yang akan dituai oleh peserta. Risiko ini diperoleh dari risiko investasi yang boleh jadi datang dari penurunan nilai investasi. Lumrahnya, setiap produk keuangan memang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan Asuransi Investasi

  1. Perlindungan Tambahan

Jenis produk keuangan ini punya beragam jenis produk pertanggungan tambahan (rider) yang dapat ditambahkan sesuai dengan jenis kebutuhan. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri dari produk keuangan ini sebab hanya dengan satu produk pertanggungan, sudah bisa memenuhi segala kebutuhan pesertanya.

  1. Premi tidak Hangus

Kelebihan lainnya adalah premi yang dibayarkan tidak hangus. Hal itu tentu saja berbeda dengan investasi jiwa murni, yang apabila masa kontrak tidak ada klaim, premi yang sudah dibayarkan akan hangus.

  1. Masa Pertanggungan Panjang

Produk keuangan ini pun diketahui menawarkan masa pertanggungan yang jauh lebih panjang ketimbang layanan produk pertanggungan lainnya. Jenis investasi yang satu ini menawarkan masa tanggungan mulai dari 75 tahun, 80 tahun, hingga 100 tahun sesuai dengan kebijakan perusahaan produk pertanggungan masing-masing.

  1. Manfaat Double

Produk pertanggungan investasi merupakan layanan produk pertanggungan yang menggabungkan dua manfaat sekaligus, yakni manfaat perlindungan dan manfaat investasi untuk meraih keuntungan. Hal itu tentu menjadi kelebihan jenis produk pertanggungan ini yang tidak dimiliki oleh layanan investasi lainnya.

  1. Kemudahan Berinvestasi

Lantaran belum menguasai dan bingung untuk memilih instrumen investasi mana yang paling tepat untuk dimiliki, banyak orang pada akhirnya takut untuk berinvestasi. Penyebab utama atas hal itu adalah kesibukan sehari-hari dan terbatasnya waktu. Meski demikian, dengan jenis produk pertanggungan ini, dana investasi akan diolah oleh profesional dalam bidangnya.

  1. Polis tidak Berubah

Jenis produk keuangan ini adalah produk pertanggungan yang fleksibel sehingga memudahkan investor untuk menambah ataupun menarik dana. Di samping itu, investor juga akan diberikan kemudahan dalam mengalihkan dana investasi yang dimiliki ke investasi jenis lainnya yang disediakan oleh pihak produk pertanggungan.

  1. Fasilitas Cuti Premi

Fasilitas yang satu ini memungkinkan investor untuk cuti sementara dari kegiatan membayar premi yang merupakan kewajibannya sebagai peserta jenis produk pertanggungan ini. Namun saat dalam masa cuti, peserta tetap mendapatkan berbagai informasi dan manfaat dari polis produk pertanggungan yang digunakan sebab hal itu merupakan hak sebagai peserta.

Kekurangan Asuransi Investasi

  1. Manfaat Investasi tidak Maksimal

Memang tidak dapat dimungkiri bahwa manfaat utama dari jenis produk pertanggungan ini adalah manfaat perlindungan dari layanan produk pertanggungan itu sendiri. Hal itu menyebabkan manfaat investasi yang didapatkan tidak akan semaksimal produk investasi yang sesungguhnya.

  1. Premi yang Tinggi

Ketimbang premi jenis produk pertanggungan yang lain, premi jenis produk pertanggungan ini jauh lebih tinggi. Kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh premi yang dibayarkan memang digunakan sebagai modal investasi oleh pihak produk pertanggungan.

  1. Tidak Ada Jaminan Keuntungan

Saat memilih jenis produk pertanggungan ini, jangan hanya memikirkan keuntungan yang akan diperoleh, tetapi juga harus mempertimbangkan seluruh jenis risiko yang ada, termasuk tidak adanya jaminan keuntungan. Hal itu karena di dalam dunia investasi, fluktuasi naik turun harga sangat sering terjadi.

  1. Nilai Perlindungan Kecil

Adapun pembayaran premi yang dialokasikan menjadi 2 kebutuhan menyebabkan nilai perlindungan dari layanan produk pertanggungan ini menjadi kecil.

  1. Besaran Biayanya Terus Meningkat

Hal lain yang perlu diketahui adalah besaran biaya produk pertanggungan yang harus dikeluarkan terus meningkat tiap tahunnya.

Daftar Rekomendasi Produk Terbaik

Asuransi Investasi Jiwa Terbaik

  1. Prudential

Prudential menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan produk pertanggungan investasi terbaik di Indonesia. Produknya bernama PRULink. Produk ini terbagi menjadi tujuh pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta.

Ketujuh pilihan itu, yakni PRULink Generasi Baru, PRULink Syariah Generasi Baru, PRULink Assurance Account, PRULink Syariah Assurance Account, PRULink Capital Account, PRULink Investor Account, dan PRULink Syariah Investor Account.

Adapun keunggulan yang ditawarkan oleh setiap pilihan berbeda-beda, bergantung pada jenis kebutuhan peserta. Di antara keunggulan maksimal yang dapat diperoleh dari produk pertanggungan terbaik ini, yaitu manfaat perlindungan jiwa hingga 125 persen dari premi tunggal, nilai maksimal pertanggungan mencapai Rp2 miliar, perlindungan hingga tertanggung berusia 99 tahun, hingga manfaat cacat total dan tetap sampai 60 tahun.

Manfaat lengkap yang akan diperoleh dari PRULink adalah sebagai berikut:

  • Premi mulai Rp400 ribu/bulan saja.
  • Usia masuk tertanggung: 1-70 tahun.
  • Masa perlindungan: sampai usia 99 tahun.
  • Terdapat fasilitas cuti premi.
  • Bisa memilih instrumen investasi.
  • Santunan meninggal dunia.
  • Nilai tunai dengan manfaat investasi.
  • Tersedia lebih dari 20 produk pertanggungan tambahan, yaitu penyakit kritis, pembebasan premi, dan lain-lain.
  • Polis ini memberikan fasilitas menarik seperti cuti premi.
  1. Manulife

Berdiri pada tahun 1985, Manulife Indonesia merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, sebuah grup layanan keuangan dari Kanada. Grup ini beroperasi di Asia, Kanada, dan Amerika.

Manulife diketahui memiliki beberapa layanan produk pertanggungan, di antaranya layanan produk pertanggungan manulife adalah produk pertanggungan jiwa investasi. Manfaat yang akan diperoleh dari layanan produk pertanggungan ini adalah sebagai berikut:

  • Usia masuk tertanggung: 30 hari-70 tahun.
  • Usia pemegang polis: min 18 tahun.
  • Masa pertanggungan: sampai usia 99 tahun.
  • Masa pembayaran premi: sampai usia 98 tahun.
  • Alokasi premi untuk investasi: 80 persen di tahun pertama, 100 persen di tahun kedua-sepuluh.
  • Santunan meninggal dunia sampai Rp10 miliar.
  • Nilai tunai dengan manfaat investasi.
  • Produk pertanggungan tambahan untuk penyakit kritis, santunan rumah sakit, dan pembebasan premi jika pemegang polis meninggal dunia.
  • Santunan meninggal dunia hingga Rp10 miliar.
  • Peserta dapat menarik polis kapan saja.
  • Premi yang disetor oleh peserta akan dikelola oleh manajer investasi manulife yang sudah berpengalaman.
  • Premi tidak akan hangus.
  1. AIA Financial

Pertama kali didirikan di Shanghai pada tahun 1919, AIA punya anak perusahaan dan cabang yang beroperasi di 18 pasar di Asia Pasifik, yakni Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Tiongkok, Korea, Filipina, Australia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, Selandia Baru, Makau, Brunei, Kamboja, Myanmar, Sri Lanka, dan bahkan di India saham perusahaan ini 49 persen kepemilikannya merupakan saham gabungan.

Di Indonesia, AIA Financial diketahui sudah mengantongi izin dari OJK dan telah mendapatkan banyak penghargaan, di antaranya penghargaan untuk perusahaan unit link terbaik tahun 2020. Produk pertanggungan jiwa investasi ini cocok untuk peserta yang menginginkan proteksi jiwa dan manfaat investasi dengan berbagai kelebihan yang dapat dirasakan sebagai berikut:

  • Usia masuk tertanggung: 0-70 tahun.
  • Masa pertanggungan: sampai usia 99 tahun.
  • Santunan meninggal dunia lima kali premi dasar tahunan atau maksimal Rp1,5 miliar.
  • Nilai tunai dengan manfaat investasi.
  • Loyalty bonus.
  • Santunan tambahan meninggal dunia karena kecelakaan.
  1. Asuransi Simas Jiwa

Perusahaan ini didirikan lebih dari 25 tahun dan memiliki sejumlah beberapa layanan produk dan telah mendapatkan izin OJK. Manfaat yang akan diberikan oleh produk pertanggungan jiwa investasi simas jiwa ini adalah sebagai berikut:

  • Usia masuk tertanggung: 1-80 Tahun.
  • Usia pemegang polis : minimal 18 tahun.
  • Masa pertanggungan hingga 95 tahun.
  • Alokasi premi 100% untuk investasi.
  • Dapat melakukan penarikan premi kapan saja.
  • Manfaat pertanggungan 100% apabila tertanggung meninggal dunia.
  1. Allianz

Allianz menjadi perusahaan produk pertanggungan terkemuka asal Jerman dan termasuk kedalam salah satu rekomendasi perusahaan produk pertanggungan jiwa investasi terbaik. Perusahaan ini memiliki produk asuransi investasi bernama SmartLink Flexi Account Plus. Manfaat yang akan diperoleh dari produk pertanggungan jiwa investasi ini, di antaranya peserta akan mendapatkan manfaat 100% santunan jiwa, lama masa perlindungan hingga tertanggung berusia 100 tahun dan peserta dapat memilih 6 pilihan jenis dana investasi. 

Di samping itu, yang paling menarik dari Allianz, yaitu perusahaan ini menawarkan batasan rawat inap di kamar seharga Rp750 ribu per malam dalam waktu maksimal 180 hari dalam setahun. Hal itu termasuk penawaran yang paling tinggi dibanding dengan produk pertanggungan jiwa investasi lainnya. Sejumlah manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

  • Cocok untuk peserta yang menginginkan proteksi jiwa berbalut investasi dengan premi terjangkau, yaitu mulai Rp300 ribu.
  • Santunan meninggal dunia.
  • Nilai tunai dengan manfaat investasi.
  • Usia masuk tertanggung: 1 bulan-70 tahun.
  • Keleluasaan untuk memilih salah satu dari lima jenis investasi.
  • Top Up tunggal kapan saja tanpa biaya, minimal Rp1 juta.
  • Polis ini menawarkan fleksibilitas dalam mengisi ulang nilai tunai.
  1. AXA Mandiri

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) adalah perusahaan gabungan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan National Mutual International Pty. Limited (AXA Group). Perusahaan ini sudah berdiri sekitar 17 tahun dan terus memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat Indonesia.

Pelayanan tersebut dibuktikan dengan hadirnya berbagai produk produk pertanggungan dari AXA Mandiri, termasuk produk pertanggungan jiwa investasi. Berbagai manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Usia masuk tertanggung: 15 hari-60 tahun.
  • Masa pertanggungan: sampai usia 100 tahun.
  • Biaya akuisisi hanya 50 persen dari premi tahun pertama.
  • Santunan meninggal dunia.
  • UP sampai dengan 50 kali premi dasar.
  • Manfaat nilai tunai dengan investasi.
  • Manfaat tambahan pertanggungan penyakit kritis, kecelakaan diri, dan kesehatan.
  • Polis ini menawarkan pertanggungan jiwa sampai usia 100 tahun.
  1. BCA Life

BCA Life merupakan perusahaan produk pertanggungan di bawah group BCA yang memiliki visi menjadi lembaga jasa keuangan yang memberikan perlindungan produk pertanggungan kepada setiap pesertanya. Visi itu terus diwujudkan dan terbukti sudah 14 juta jiwa masyarakat Indonesia yang menjadi pesertanya.

BCA Life juga memiliki berbagai produk, antara lain, BCA Life proteksi jiwa. Beberapa keunggulannya, yakni:

  • Uang pertanggungan mencapai Rp500 juta, baik kematian atau kondisi kritis.
  • Pengembalian premi 100% pada akhir masa perlindungan, dengan catatan tidak pernah ada klaim.
  • Premi terjangkau mulai dari 110 ribu.
  • Pembayaran premi lebih singkat, yakni 10 tahun untuk perlindungan selama 15 tahun.
  • Diberikan diskon premi khusus apabila menyertakan pasangan.

Asuransi Kesehatan Investasi Terbaik

  1. Asuransi Cigna

Ini merupakan produk pertanggungan yang didirikan pada tahun 1990 dan merupakan anak perusahaan Cigna Corporation dari Amerika Serikat. Sampai saat ini, Cigna Corp telah beroperasi di lebih dari 30 negara, dengan jumlah peserta mencapai 180 juta di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, perusahaan ini telah mengantongi izin dari OJK. Cigna pun sudah mencetak banyak prestasi, termasuk prestasi di tahun 2020 saat mereka berhasil menduduki posisi ke-13 dalam daftar 500 Fortune yang merupakan daftar perusahaan yang mendapatkan pendapatan bruto tertinggi di Amerika.

Produk produk pertanggungan kesehatan investasi yang ditawarkan oleh Cigna, yakni Cigna Investa Plus. Cigna Investa Plus adalah produk pertanggungan dengan premi tunggal yang dibayarkan di muka sekaligus manfaat investasi yang tinggi. Premi minimumnya sebesar 25 juta. Manfaat yang akan diperoleh dari produk ini adalah sebagai berikut:

  • Jika tertanggung tutup usia sebelum menginjak 80 tahun, santunan diberikan sebesar 125% dari total premi yang dibayar dimuka.
  • Bebas melakukan top up investasi, penarikan dana kapanpun, dan juga bebas melakukan pengalihan dana.
  • Peserta berhak mendapat perawatan rumah sakit apabila mengalami kecelakaan, dengan tanpa biaya (cashless dengan ketentuan berlaku)
  • Peserta akan mendapat pengembalian premi ketika kontrak produk pertanggungan berakhir sehingga dapat menjadi tabungan masa depan.
  1. AXA Mandiri

AXA Mandiri pun masuk ke dalam jajaran rekomendasi produk pertanggungan kesehatan lainnya. Perusahaan ini punya berbagai macam produk layanan produk pertanggungan, di antaranya layanan Asuransi Mandiri Kesehatan Prima dengan berbagai macam keuntungan yang dapat diperoleh, yakni:

  • Perlindungan kesehatan melalui layanan terbaik dari berbagai rumah sakit swasta, dokter umum, atau dokter spesialis.
  • Proses seleksi kesehatan yang sederhana, di mana calon peserta hanya perlu menjawab 3 buah pertanyaan kesehatan di surat permintaan produk pertanggungan kesehatan (tanpa medical check-up).
  • Pemberian perlindungan kesehatan khusus bahkan untuk berbagai kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition), setelah 3 tahun masa tunggu.
  • Pemberian perlindungan untuk perawatan rawat inap termasuk biaya akomodasi untuk orang tua tertanggung serta manfaat tunai sebagai bonus.
  • Pemberian ganti rugi untuk perawatan rawat jalan seperti chiropractic, akupuntur, pengobatan tradisional cina, dll sampai dengan tindakan bedah rawat jalan.
  • Pemberian bantuan transportasi ambulans dan gawat darurat yang berlaku di seluruh dunia serta perawatan gigi yang disebabkan oleh kecelakaan.
  • Pengembalian premi sebesar 100% meskipun proses klaim tidak terjadi.
  1. Chubb Insurance

Chubb adalah perusahaan produk pertanggungan yang berdiri sejak tahun 1882 dan berkantor pusat di New Jersey. Di Indonesia, Chubb bergerak di tiga bidang usaha, yakni produk pertanggungan umum (PT Chubb General Insurance Indonesia), produk pertanggungan jiwa (PT Chubb Life Insurance Indonesia), dan PT Asuransi Chubb Syariah Indonesia (Chubb Syariah).

Chubb juga punya banyak produk layanan produk pertanggungan yang dapat dipilih, di antaranya Asuransi Platinum link yang menawarkan manfaat produk pertanggungan dan investasi. Manfaat yang akan diperoleh adalah sebagai berikut:

  • 100% premi tahunan langsung dialokasikan untuk investasi sejak tahun pertama.
  • Minimum premi tahunan adalah 24 juta.
  • Penempatan dana bisa dipindahkan sesuai dengan keinginan untuk hasil yang lebih optimal.
  • Apabila peserta tutup usia dalam masa perlindungan, ahli waris menerima 100% uang pertanggungan. Jika kematian disebabkan karena kecelakaan maka dibayarkan 200% uang pertanggungan atau maksimal Rp2 miliar.
  • Bisa dilakukan penambahan dana kapanpun untuk hasil investasi lebih besar.
  • Bisa ditambahkan rider lain seperti perlindungan penyakit kritis, rawat inap atau rawat jalan, dan sebagainya.
  • Selain produk Asuransi Platinum Link, Cigna juga memiliki berbagai produk produk pertanggungan link lainnya yang dapat dibandingkan agar mendapatkan pilihan produk pertanggungan investasi yang paling sesuai dengan peserta.
  1. PRUPrime HealthCare

PRUPrime Healthcare adalah salah satu produk dari Prudential yang akan memberikan solusi finansial atas tagihan biaya rumah sakit untuk rawat inap atau juga rawat jalan. Prudential yang merupakan perusahaan produk pertanggungan skala internasional yang menjadi salah satu yang pemimpin di bidangnya ini terus berdedikasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pesertanya, termasuk lewat produk layanan PRUPrime Healthcare.

Sejumlah manfaat yang akan diperoleh dari PRUPrime HealthCare, yaitu:

  • Limit tahunan untuk membayar tagihan hingga mencapai 65 miliar.
  • Jika peserta tidak mengajukan klaim dalam waktu tertentu, maka akan diberikan tambahan 10% atas pengembalian premi.
  • Bisa menentukan sendiri pilihan kamar sesuai dengan keinginan
  • Biaya rumah sakit akan ditanggung sesuai dengan yang ditagihkan.
  1. Manulife

Dengan pengalaman selama bertahun-tahun, Manulife terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan berbagai produk pertanggungan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan peserta. Di antara produk layanan Manulife terbaik, yakni asuransi pertanggungan kesehatan investasi. Sejumlah manfaat yang akan diperoleh dari layanan produk pertanggungan kesehatan investasi link adalah sebagai berikut:

  • Perlindungan aktif hingga usia 99 Tahun.
  • Apabila tertanggung dirawat di rumah sakit yang berada di luar negeri, maka penggantian biaya diberikan senilai 3 kali lipat dari plan yang dimiliki pemegang polis.
  • Peserta yang menderita penyakit HIV/AIDS, akan diberikan santunan.
  • Limit tahunan untuk biaya kesehatan akan ditambahkan apabila tertanggung menderita penyakit kritis, seperti gagal ginjal, kanker, jantung, dan pembedahan arteri.
  • Manfaat tambahan untuk rawat jalan fisioterapi, dan sebagainya.
  • Premi akan di investasikan di awal tahun keikutsertaan
  • Perlindungan hingga tertanggung berusia 99 Tahun
  • Apabila aktif terus di 8 tahun pertama maka ditambah alokasi investasi sebesar 102%.
  • Peserta cukup membayar premi saat usianya mencapai 70 tahun, tetapi polis tetap aktif hingga pesertaberusia 99 tahun.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Jadi UMKM Binaan Pertamina, Berpeluang Dapat Pinjaman hingga Rp 250 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan komitmen mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.  Pelaku usaha kecil yang masih kebingungan mendapatkan modal...

Bujuk Elon Musk, Luhut Sodorkan Kawasan Industri Hijau Kaltara Buat Investasi Tesla

JAKARTA, duniafintech.com - Tesla bakal segera masuk ke ekosistem kendaraan dan baterai listrik Indonesia. Negosiasi investasi dari perusahaan milik miliarder Elon Musk itu dipimpin...

Waspada! Perusahaan Jual Beli Kripto Ini Ilegal, Binance Juga Tak Berizin 

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat mesti waspada, terbaru, ada perusahaan jual beli Kripto di Indonesia yang ilegal alias tak berizin.  Investasi uang kripto saat ini menjadi...

Kasusnya Diusut, Polisi Sebut Ada Karyawan Terraform yang Diduga Gelapkan Dana Perusahaan

JAKARTA, duniafintech.com - Unit Investigasi Kejahatan Dunia Maya Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengumumkan pada Senin, bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan atas kemungkinan penggelapan oleh...

Nilai Kripto Sedang Lesu, Ukraina Putar Otak Cari Dana Perang

JAKARTA, duniafintech.com - Ukraina berencana terus memanfaatkan investor kripto untuk membantu mengumpulkan dana. Meskipun kondisi anjloknya mata uang virtual ini sempat mengganggu upaya penggalangan...
LANGUAGE