33.9 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Tips, Kekurangan dan Kelebihan Asuransi Jiwa Murni Terbaik 2021

Apa saja sih hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi jiwa murni? Sebelum membahas tips memilih asuransi jiwa murni terbaik 2021, ada baiknya kamu memahami manfaat asuransi jiwa murni terlebih dahulu.

Dalam membeli asuransi jiwa murni, peserta harus menentukan produk dan jenis yang tepat untuk dibelinya. Hal ini sangat penting karena masing-masing produk punya karakteristik dan keunggulannya.

Asuransi jiwa murni punya banyak manfaat untuk pemegang polis, keluarga, serta finansial pesertanya. Selain dapat melindungi peserta dan keluarganya, asuransi ini juga memberikan jaminan terhadap hal-hal buruk yang bisa saja terjadi.

Dengan memiliki asuransi jiwa murni, peserta tidak perlu terlalu khawatir apabila hal yang tidak terduga terjadi. Tentunya, hal ini membuat kondisi keuangan pun menjadi lebih aman.

Baca Juga : Asuransi Mobil Mitsubishi: Daftar Produk & Klaim

Baca Juga : Punya Smartphone Mahal? Bisa Kamu Asuransikan di Qoala insurtech

Tips Memilih Asuransi Jiwa Murni Terbaik

Nah, berikut ini tips bagi kamu yang ingin memilih asuransi jiwa murni terbaik 2021.

1. Tips pertama adalah pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan peserta, sebab asuransi terbagi-bagi ke dalam beberapa kelompok produk yang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, wajib bagi kamu untuk mencari tahu terlebih dahulu info dan referensi seputar asuransi jiwa murni.

2. Tips kedua adalah peserta harus memikirkan kondisi finansialnya sendiri. Pasalnya, asuransi memiliki beragam produk yang punya nilai angsuran premi variatif. Oleh karena itu, jangan pula karena membeli asuransi, justru membuat keadaan finansial peserta menjadi sulit karena membayar premi.

3. Sebagaimana telah ditulis di atas, peserta harus teliti dan melakukan survey kecil-kecilan terhadap produk-produk asuransi incarannya. Selain itu, kamu juga harus tahu dengan perusahaan yang menyediakan asuransi tersebut, apakah perusahaan tersebut sudah resmi beroperasi, dan lain sebagainya.

Nah itulah tiga tips yang harus kamu lakukan saat memilih asuransi jiwa murni. Selanjutnya, apa saja sih keuntungan memiliki asuransi jiwa murni ini? Berikut ini ada beberapa keuntungan yang harus kamu ketahui saat membeli produk asuransi jiwa murni.

Keuntungan Asuransi Jiwa Murni

1. Keuntungan yang pasti diterima oleh pemilik asuransi jiwa murni yaitu akan mendapat uang pertanggungan yang cukup besar daripada membeli jenis asuransi lain. Uang asuransi tertanggung ini akan diberikan kepada tertanggung apabila peserta mengalami musibah atau bahkan tutup usia.

Menariknya lagi, beberapa produk asuransi ini dapat kamu cairkan meski tidak melakukan klaim selama masa kontrak aktif. Nah, uang pertanggungan tersebut tentu dapat kamu gunakan untuk biaya pendidikan anak, biaya pensiun, dan lainnya.

2. Selama masa kontrak asuransi jiwa murni berjalan, premi yang peserta bayarkan memiliki nilai yang terjangkau dan flat alias tidak fluktuatif. Artinya, ada kepastian dalam harga premi yang akan dibayar oleh peserta mulai dari awal hingga kontrak habis.

3. Salah satu faktor mengapa asuransi jiwa murni ini menguntungkan adalah tidak adanya unsur investasi. Sehingga kamu tidak perlu merasakan khawatir seperti produk asuransi sekaligus investasi yang bisa saja merasakan penurunan nilai pada investasinya.

4. Keuntungan yang peserta dapatkan selanjutnya adalah dana pertanggungan dapat dijadikan sebagai dana pendidikan anak. Dengan memiliki asuransi jiwa murni, maka orang tua secara tak langsung telah memproteksi dana pendidikan anaknya dan terhindar dari masalah apabila suatu hari mengalami musibah dalam finansial.

5. Asuransi jiwa murni dilengkapi rider tambahan, yaitu tambahan yang memberikan manfaat di luar proteksi tutup usia atau meninggal. Asuransi ini membuat kamu dapat membeli produk asuransi lain sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Kekurangan Asuransi Jiwa Murni

Untuk cara kerja asuransi jiwa murni, berikut ini adalah ulasan serta karakteristik dari asuransi jiwa murni pada umumnya.

1. Produk asuransi jiwa murni punya ciri-ciri waktu perlindungan yang terbatas, yaitu 5 tahun hingga 20 tahun. Apabila waktu perlindungan tersebut telah lewat, maka proteksinya pun akan lenyap atau selesai juga.

2. Asuransi ini akan mencairkan 100 persen uang pertanggungan kepada keluarga tertanggung jika peserta meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan. Uang pertanggungan tersebut bisa diklaim dengan menyertai syarat dan ketentuan pihak perusahaan asuransi.

3. Premi pada beberapa jenis produk asuransi jiwa murni akan hangus jika selama masa kontrak berjalan tidak ada klaim yang dilakukan oleh peserta.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Melihat Kelebihan Indodax, Platform Jual Beli Kripto Terpercaya di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Kelebihan Indodax yang merupakan salah satu platform jual beli kripto tertua di tanah air tersebut tidak diragukan lagi. Indodax merupakan perusahaan...

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...
LANGUAGE