30.9 C
Jakarta
Jumat, 22 September, 2023

Asuransi Jiwa Berjangka & ini Manfaat serta Keuntungannya!

JAKARTA, duniafintech.com – Ada berbagai jenis asuransi jiwa yang bisa dipilih, salah satunya adalah asuransi jiwa berjangka. Tahukah Anda apa itu asuransi jiwa sebelum mempelajari lebih lanjut tentang asuransi ini? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi jiwa, Anda dapat membaca artikel ini.

Lebih lanjut tentang asuransi jiwa dan Perbedaan asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa sebagian. Apa itu asuransi jiwa berjangka? Apa sebenarnya arti istilah asuransi jiwa? Mari kita mengenal satu sama lain lebih dekat melalui pembahasan berikut ini.

Definisi Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi berjangka merupakan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan hanya selama nasabah menginginkannya. Jika waktu yang ditentukan telah terlewati, nasabah dapat memperpanjang asuransi atau membatalkan asuransi bekas.

Misalnya saja seorang nasabah ingin memilih polis asuransi jiwa dengan masa pertanggungan asuransi selama 5 tahun atau sampai dengan usia 55 tahun. Bila saatnya tiba, ia dapat memperpanjang polis atau berhenti menggunakannya. Dalam asuransi tersebut, yang diutamakan adalah fleksibilitas yang dapat dipilih sesuai keinginan nasabah.

Baca jugaAsuransi Jiwa untuk Lansia ini Alasan Penting Wajib Memilikinya

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaAsuransi Kesehatan untuk Keluarga, Kelebihan dan Tips Memilihnya!

Perbedaan Asuransi Jiwa Berjangka vs Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Perbedaan terbesar terletak pada masa pertanggungan. Umumnya asuransi tersebut berlaku minimal 5 tahun dan berlaku kelipatan seperti 10 tahun, 15 tahun dan yang terbesar sampai dengan 30 tahun. Sedangkan asuransi seumur hidup terbatas selama nasabah masih hidup. Namun asuransi seumur hidup juga memiliki batasan usia 99 tahun.

Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka

Seperti halnya asuransi jiwa pada umumnya, manfaatnya adalah memberikan perlindungan finansial kepada ahli waris setelah nasabah meninggal dunia. Hanya saja, asuransi tersebut dapat menanggung biaya rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit serta manfaat cacat sebagian atau seluruhnya.

Keuntungan Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi berjangka bisa menjadi pilihan karena memiliki beberapa keunggulan seperti:

  1. Perlindungan finansial keluarga

Ketika terjadi bencana yang mengakibatkan meninggalnya seorang nasabah, wajar saja jika tidak sedikit dari mereka yang mengkhawatirkan keadaan keuangan anggota keluarganya. Asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial kepada ahli waris dan keluarga yang masih hidup.

  1. Sebagai Sarana Investasi Jangka Panjang

Asuransi berjangka dapat menjadi sarana investasi jangka panjang. Pelanggan membayar asuransi sesuai nominal dan jangka waktu yang ditentukan. Pada akhir masa asuransi, nasabah menerima hasil premi asuransi.

  1. Perlindungan Terhadap Risiko Kesehatan

Rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Asuransi berjangka juga menawarkan perlindungan finansial terhadap risiko kesehatan yang tidak diinginkan.

  1. Manfaat pajak

Kontrak asuransi berjangka perlahan-lahan meningkat nilainya seiring dengan meningkatnya akumulasi pembayaran dan pengembalian modal yang diinvestasikan. Pada saat yang sama, pelanggan tidak perlu membayar pajak capital gain selama masa asuransi. Selain itu, manfaat asuransi yang diterima ahli waris setelah nasabah meninggal dunia tidak dapat dikurangkan dari pajak.

Baca jugaCara Mencairkan Asuransi Online yang Penting Dipahami Nasabah Asuransi

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Token Mandiri Terkunci: Panduan Cara Mengatasi hingga Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Token Mandiri Terkunci sangat penting diketahui oleh nasabah Bank Mandiri, utamanya bagi yang telah menggunakan layanan Internet Banking Mandiri.  Mirip dengan Mandiri...

Cara Mencairkan Asuransi Astra Life: Langkah dan Proses Pencairan

JAKARTA, duniafintech.com - Cara mencairkan asuransi Astra Life, Asuransi adalah investasi penting untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari risiko finansial. Salah satu perusahaan...

Cara Daftar IPOT Syariah Menikmati Saham Halal dan Berkah

JAKARTA, duniafintech.com - Cara daftar IPOT Syariah menjadi pertanyaan yang kerap terlontar dari para investor pemula yang ingin terjun ke dunia investasi saham. Bagi...

Berita Ekonomi Hari Ini: Ekonomi Indonesia Solid, APBN Surplus

JAKARTA, duniafintech.com - Berita ekonomi hari ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa perekonomian Indonesia tetap solid dan terkendali, meskipun dihadapkan pada berbagai...

Lelang Rumah Bank Mandiri: Proses hingga Keuntungannya !

JAKARTA, duniafintech.com - Lelang rumah Bank Mandiri proses penjualan rumah yang dilakukan oleh bank ini sebagai hasil dari gagal bayar peminjam. Rumah-rumah ini dijual...
LANGUAGE