26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Asuransi Kematian — Manfaat & Daftar Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kematian sejatinya adalah jenis asuransi signifikan untuk menghadapi berbagai risiko tidak terduga.

Jenis asuransi yang satu ini juga dapat disebut sebagai asuransi jiwa lantaran tujuannya pun sama. Lantas, apa saja sih manfaat hingga daftar rekomendasi produknya?

Untuk mengetahuinya, simak yuk ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dinukil dari Lifepal.

Baca juga: Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dan Tips Memilihnya

Pengertian Asuransi Kematian

Pada dasarnya, asuransi kematian adalah produk asuransi yang memberikan pertanggungan saat pihak yang ditanggung meninggal dunia atau mengalami kematian. Asuransi ini pun sebenarnya sama dengan asuransi jiwa, yakni produk proteksi atau perlindungan yang memberikan uang pertanggungan apabila tertanggung mengalami risiko meninggal dunia atau cacat fisik akibat kecelakaan.

Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah uang kalau terjadi risiko kematian pemegang polis asuransi selama masa polis berlaku. Dengan demikian, tujuannya adalah menanggung orang terhadap kerugian finansial yang tidak terduga lantaran kematian tertanggung.

Adapun uang pertanggungan nantinya diberikan kepada ahli waris yang sejak awal sudah didaftarkan dalam polis. Lazimnya, ahli waris ini berupa anggota keluarga tertanggung, terutama anak. Pemegang polis atau nasabah dari asuransi jiwa pun perlu membayarkan premi secara berkala. Untuk besaran preminya disesuaikan dengan besaran uang pertanggungan yang akan didapatkan.

Pentingnya Asuransi Kematian

Untuk lebih memahami seberapa penting jenis asuransi ini, simak beberapa poin berikut ini:

  • Kematian pasti terjadi. Kehidupan penuh ketidakpastian, tetapi kematian sendiri merupakan hal yang pasti terjadi.
  • Memberikan rasa aman. Kamu tidak perlu memikirkan nantinya cara keluarga untuk bisa bertahan hidup setelah kepergianmu sebagai pencari nafkah. Rasa aman ini juga dapat membuatmu menjadi lebih tenang dalam menjalani keseharian.
  • Sebagai tanda cinta untuk keluarga. Memikirkan kehidupan keluarga, bahkan setelah kamu sudah tidak mampu untuk membantu, merupakan salah satu tanda cinta untuk keluarga.

Jenis Asuransi Kematian

  1. Asuransi jiwa berjangka (term life insurance): fungsinya memberikan perlindungan kepada tertanggung dengan waktu tertentu saja dengan hadirnya tawaran kontrak 5, 10, atau 20 tahun dengan premi tetap dan bisa dibilang terjangkau.
  2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance): perlindungan yang diberikannya adalah seumur hidup meskipun biasanya perusahaan asuransi membatasi hingga usia 100 tahun saja.
  3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance): asuransi ini punya dua manfaat, yakni sebagai asuransi jiwa berjangka dan tabungan. Maksudnya, kamu bisa mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan berupa uang pertanggungan asuransi jika tertanggung meninggal dunia dalam waktu tertentu sesuai kebijakan polis asuransi.
  4. Asuransi jiwa unit link: ini adalah gabungan manfaat asuransi dan investasi. Dalam arti, kamu sebagai pemegang polis tidak hanya mendapat jaminan perlindungan, tetapi juga hasil investasi dengan bunga yang lumayan tinggi per tahun.

asuransi kematian

Manfaat Asuransi Kematian

Penting dipahami bahwa jenis asuransi ini akan memberikan jaminan kepada peserta nasabah dalam menutupi risiko finansial yang mesti menutupi biaya-biaya yang berkaitan dengan kematian, seperti rumah sakit, pemakaman, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaatnya:

  • Keluarga terdekat tidak terbebani
  • Persiapan biaya pemakaman
  • Bantu keluarga yang ditinggalkan
  • Perlindungan atas risiko meninggal dunia akibat penyakit penyebab utama kematian
  • Melunasi pinjaman

Baca juga: Asuransi Terbaik di Indonesia & Dunia, Ini Daftar Lengkapnya

Rekomendasi Produk Asuransi Kematian

Apa saja ya produk asuransinya yang cocok buatmu? Di bawah ini adalah rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan dan pilih nantinya.

1. Asuransi jiwa Cigna

Salah satu produk asuransi Cigna yang memberikan santunan kematian, yakni Cigna Protection Exclusive Plus, yang menanggung salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia. Produk asuransi jiwa ini bisa memberikan santunan hingga Rp20 miliar.

2. Asuransi jiwa AIA

AIA Critical Protection adalah salah satu produk asuransi jiwa yang patut dijadikan rekomendasi. Produk ini sangat pas bagi kamu yang membutuhkan perlindungan awal dari risiko finansial terhadap tutup usia.  Dengan pilihan pembayaran premi antara 10—20 tahun, kamu akan memperoleh pertanggungan dua kali lipat kalau mengalami risiko meninggal dari anggota keluarga.

3. Asuransi pemakaman Oja

Sebagai informasi, untuk pertama kalinya, Indonesia punya asuransi pemakaman khusus yang bernama “Oja”. Jika beberapa asuransi jiwa berfokus pada uang pertanggungan untuk keluarga maka asuransi pemakaman justru mengedepankan biaya pemakaman karena khususnya di Indonesia, biaya itu tidak sedikit. Dengan catatan, di beberapa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi mikro juga terdapat santunan kematian yang diberikan untuk pemakaman. Premi asuransi mulai dari Rp15.600 hingga Rp156.000 per bulan, kamu akan mendapatkan biaya tanggungan pemakaman mencapai Rp100 juta.

4. Asuransi Great Eastern Life

Asuransi Great Eastern Life pun memiliki klaim meninggal dunia, yang bisa dilakukan setelah pemegang polis meninggal hingga 90 hari, dihitung sejak tanggal meninggal. Jika klaim meninggal dunia baru diajukan setelah masa tunggu 90 hari tersebut terlewat maka ahli waris perlu membuat surat kronologi alasan keterlambatan. Pembayaran manfaat klaim meninggal dunia memerlukan waktu 14 hari terhitung dari tanggal diterima berkas persyaratan. Namun, jika investigasi diperlukan maka waktunya akan lebih panjang.

5. Asuransi AXA

Untuk diketahui, asuransi jiwa AXA Indonesia memberikan 100% hingga 200% uang pertanggungan atas segala kejadian sakit atau kecelakaan yang menyebabkan terjadinya risiko meninggal dunia.

6. Asuransi Allianz

Lewat Allianz Uang Duka, Allianz memberikan santunan kematian dari produk kumpulan Allianz yang dapat diakses oleh masyarakat di tingkat RT/RW dan kelurahan. Di samping itu, SmartProtection Group Term Life mendukung asas gotong royong dalam membantu sesama jika salah satu dari warga RT/RW mengalami musibah kematian dan meringankan beban keluarga yang ditinggal akibat biaya pengurusan jenazah dan harga tanah pemakaman. Preminya cukup terjangkau, yaknimulai dari Rp1.500 per warga per bulannya. Manfaat per kematian adalah mulai dari Rp2 juta. 

7. Asuransi Prudential

Produk asuransi Prudential yang memberikan perlindungan jiwa, salah satunya, adalah PRUpersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah. Terdapat perlindungan komprehensif yang ditawarkan, 300% santunan asuransi bagi yang meninggal dunia karena kecelakaan khusus, dan santunan terhadap mereka yang mengalami cacat permanen.

8. Ciputra Life Citra Jaminan Pasti 50

Asuransi jiwa dari Ciputra Life juga bisa jadi pilihan, dengan premi mulai Rp175 ribu per bulan. Asuransi ini memberikan perlindungan hingga 20 tahun, dengan masa pembayaran premi 5 tahun. Kalau tidak ada klaim selama masa premi maka akan ada pengembalian premi sebanyak 160% pada tahun ke-20. Di samping itu, apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan maka ahli waris akan mendapatkan santunan meninggal dunia hingga Rp100 juta, sementara santunan untuk meninggal dunia karena sakit, yaitu sebesar Rp50 juta.

9. Pacific Life Jelita

Salah satu produk andalan dari Asuransi Pacific Life adalah Pacific Life Jelita, yang dikhususkan untuk tertanggung perempuan atas risiko penyakit kritis hingga meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan. Adapun usia masuk untuk asuransi ini, yakni 18—59 tahun, tetapi polisnya dapat diperpanjang hingga usia 65 tahun. Untuk uang pertanggungan yang diperoleh jika meninggal dunia lantaran sakit atau kecelakaan adalah mencapai Rp500 juta. Sementara itu, untuk penyakit kritis yang ditanggung, antara lain, kanker payudara, kanker serviks, kanker rahim, kanker paru, kanker usus besar, dan kanker kulit. Di samping itu, juga ada manfaat pengembalian premi sebanyak 25% pada tahun ke-3.

10. Asuransi Jiwa Central Asia Raya

Polis CAR Life Protection 20 dari Asuransi CAR menjadi salah satu asuransi jiwa yang menawarkan santunan meninggal dunia hingga Rp1 miliar. Kamu pun dapat memperoleh manfaat ini hanya dengan premi mulai dari Rp250 ribu per bulan. Untuk masa pembayaran preminya selama 5 tahun, dengan masa perlindungan hingga 20 tahun. Kemudian, juga ada manfaat nilai tunai yang dapat diperoleh pada tahun ke-10 apabila tidak ada klaim.

Sekian ulasan tentang asuransi kematian yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Allianz Terbaik, Inilah 4 Pilihannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE