23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Layak Dicoba, Ini 10 Asuransi Kesehatan Murah Terbaik

Asuransi kesehatan murah merupakan jalan terbaik bagi orang-orang yang hendak meng-cover berbagai risiko kesehatan yang kadang kala datang tanpa dapat diprediksi. Dalam hal ini, seseorang bisa mengalihkan risiko keadaan sehat kepada pihak asuransi sehingga kondisi finansial tetap aman. Namun, memang banyak orang yang malas membeli produk pertanggungan keadaan sehat karena biaya premi yang cukup tinggi.

Padahal, preminya tentu saja sejalan dengan manfaat yang akan diperoleh. Apalagi, saat ini sudah muncul sejumlah produk pertanggungan keadaan sehat murah dengan premi yang lebih terjangkau yang akan memudahkan masyarakat dalam memiliki produk tersebut.

Mengenal Asuransi Kesehatan

Pertanggungan keadaan sehat ini hadir menjadi solusi untuk menyiasati kian tingginya biaya kesehatan dari tahun ke tahun. Jenis pertanggungan yang satu sejatinya harus menjadi hal dasar yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, manfaat dan kegunaannya memang sangat vital alias penting.

Pengertian asuransi kesehatan sendiri adalah produk asuransi yang akan memberikan manfaat perlindungan dan jaminan biaya perawatan kesehatan bagi nasabah tertanggungnya. Biayanya meliputi biaya rawat jalan, rawat inap, pengobatan, dan biaya lain yang sesuai dengan kesepakatan polis.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

  1. Asuransi Rawat Inap
  2. Asuransi Rawat Jala
  3. Asuransi Personal
  4. Asuransi Kelompok
  5. Asuransi Swasta
  6. Asuransi Pemerintah

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Murah

1. Sinarmas

Sinarmas diketahui punya sejumlah produk pertanggungan keadaan sehat, baik produk untuk individu maupun bagi kelompok. Beberapa di antaranya, yaitu Simas Sehat Gold, Simas Sehat Income, Simas Sehat Executive, Simas Sehat Platinum, dan Simas Sehat Corporate. Masing-masing pilihan produk itu punya kelebihan dan keunggulannya, tetapi pada umumnya produk yang satu ini menawarkan premi yang relatif terjangkau dan manfaat pertanggungan yang cukup bagus.

Cukup dengan membayar biaya premi mulai dari Rp77.000 setiap bulannya, nasabah dapat memperoleh manfaat pertanggungan mencapai Rp200 juta.

2. FWD

Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan nama PT Commonwealth Life dan baru resmi bergabung dengan PT FWD Life Indonesia pada 1 Desember 2020. Perusahaan ini mengeluarkan produk pertanggungan keadaan sehat bagi keluarga yang cukup direkomendasikan. Di antaranya produknya adalah FWD Bebas Handal.

Hanya dengan biaya premi senilai Rp75.000, perusahaan ini menawarkan sejumlah manfaat pertanggungan menarik, misalnya biaya perawatan rawat inap, obat, cek laboratorium, dokter, dan lain-lain.

3. Cigna

Berikutnya ada perusahaan Cigna, yang juga menawarkan produk pertanggungan keadaan sehat yang murah dan tentu saja berkualitas. Produknya, antara lain, Cigna Health Protection. Nasabah akan merasakan manfaat pertanggungan asuransi kesehatan Cigna ini hanya dengan membayar premi senilai Rp36.000 per bulan.

Kendati terhitung sangat murah, tetapi Cigna tetap memberikan manfaat pertanggungan maksimal. Manfaat pertanggungannya berupa biaya santunan perawatan rumah sakit hingga Rp1juta per hari dan jika selama 2 tahun masa pertanggungan nasabah tidak melakukan klaim manfaat pertanggungan, ia akan berhak mendapatkan bonus 25% dari total keseluruhan premi yang telah dibayarkan.

4. AIA

AIA turut menghadirkan produk pertanggungan keadaan sehat yang murah melalui produk Power Pro Life. Manfaat pertanggungannya hingga 10 tahun,dengan usia maksimal tertanggung mencapai 75 tahun. Agar bisa tergabung dalam AIA, calon nasabah diketahui mesti berusia minimal 18 tahun saat mendaftar.

5. AXA Mandiri

AXA Mandiri meluncurkan AXA Hospital Plus Life, dengan premi mulai dari Rp140.000 per bulan. Melalui AXA Mandiri, nasabah dapat memperoleh manfaat pertanggungan berupa penggantian biaya perawatan rawat inap hingga Rp2.000.000 per hari, yang dapat dinikmati sampai usia 65 tahun.

6. Prudential

Ini merupakan salah satu perusahaan pertanggungan keadaan sehat yang populer di tanah air dan punya banyak produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan nasabahnya. Produk pertanggungan dari perusahaan yang satu ini terbagi menjadi beberapa produk, yakni PRUprime healthcare, PRUprime healthcare syariah, PRUhospital & surgical cover plus, dan PRUhospital & surgical cover plus syariah.

Adapun dari berbagai jenis produk itu, calon nasabah dapat memilih pertanggungan keadaan sehat dengan premi yang paling terjangkau sesuai kebutuhannya.

7. Allianz

Selain BPJS, pertanggungan keadaan sehat lainnya yang tentu saja akan direkomendasikan adalah Allianz. Produk kesehatan murni yang dimilikinya, di antaranya SmartHealth Maxi Violet. Keunggulan Allianz terletak pada pilihan plan yang paling sesuai dengan kebutuhan dari 8 plan yang tersedia.

Di samping itu, ada manfaat no claim yang bakal memberikan nasabahnya kesempatan untuk mendapatkan 20% dari premi yang sudah dibayarkan apabila sepanjang masa pertanggungan tidak ada klaim manfaat yang terjadi.

8. Manulife

Ini merupakan perusahaan asal Kanada yang sudah melayani nasabahnya di tanah air sejak tahun 1989. Produknya, antara lain, Manulife MiUltimate HealthCare atau MiUHC.

Adapun manfaat pertanggungannya berupa biaya rawat inap, rawat jalan, bedah, melahirkan, perawatan gigi, dan konsultasi psikologi. Untuk mengikuti produk pertanggungan keadaan sehat yang satu ini, nasabah harus berusia minimal 30 hari.

9. Sun Life

Berikutnya adalah Sun Life. Berdiri sejak tahun 1865, perusahaan ini menawarkan salah satu produk bernama Sun Medical Platinum. Produk ini memberikan manfaat pertanggungan untuk perawatan penyakit kanker.

Untuk premi yang mesti dibayar diketahui relatif murah, mulai dari Rp90.000 sampai hingga Rp270.000 setiap bulannya. Adapun besaran preminya disesuaikan dengan jenis pertanggungan dan manfaat yang diperoleh.

10. BRI Life

Melalui produk BRI Life Simply HealthCare, BRI Life masuk ke dalam deretan asuransi kesehatan terbaik dalam daftar ini. Preminya juga cukup terjangkau, yakni Rp300.000 per bulan.

Membeli produk pertanggungan ini akan membuat nasabah memperoleh manfaat pertanggungan rawat inap, rawat jalan, dan lain-lain. Di samping itu, BRI Life sudah menjalin kerja sama dengan Halodoc yang memungkinkan nasabah untuk berkonsultasi secara online dengan dokter tanpa dikenakan biaya.

Kelebihan Asuransi Kesehatan Murah

  • Biaya premi terjangkau.
  • Proses serta syarat pendaftaran lebih sederhana.
  • Fasilitas pelayanan kesehatan lebih mudah terjangkau.

Kekurangan Asuransi Kesehatan Murah

  • Produk kurang fleksibel.
  • Manfaat pertanggungan disesuaikan dengan besaran premi yang dibayarkan.
  • Manfaat pertanggungan terbatas.
  • Manfaat pertanggungan standar dengan fasilitas sesuai dengan kelas yang dipilih.
  • Biasaya, manfaatnya hanya bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan dalam negeri.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU