31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

Asuransi Kesehatan Selain BPJS yang Penting untuk Orang Tua

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan keluarga itu penting, dan selain BPJS tentu juga sangat bermanfaat. Tidak hanya bagi pria, wanita dan anak-anak, tetapi juga bagi orang tua, asuransi kesehatan tetap menjadi topik penting yang perlu mendapat perhatian.

Karena tanpa memandang usia, risiko kesehatan bisa menghampiri setiap orang. Selain masalah produktivitas tenaga kerja, biaya perawatan juga melatarbelakangi risiko gangguan. Hal ini dikarenakan biaya rawat inap yang tidak murah bagi sebagian orang. Bahkan, biaya pengobatan bisa mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah. Tergantung jenis penyakit dan cara pengobatannya. Jika biaya ini tidak diantisipasi sejak awal, tentu akan berdampak negatif pada kondisi keuangan.

Perlindungan Kesehatan BPJS Kesehatan

Beruntung, saat ini pemerintah memiliki layanan jaminan sosial berupa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Memiliki BPJS Kesehatan dapat membantu menutupi biaya pengobatan atau perawatan umum jika kita hanya harus membayar premi bulanan. Namun tetap saja layanan BPJS kesehatan mungkin belum memuaskan sebagian pihak karena beberapa persoalan praktis. Dalam beberapa kasus, pasien harus menunggu terlalu lama untuk menerima layanan kesehatan. Padahal kondisi pasien kritis.

Tentunya dalam situasi seperti ini, kami mencari solusi untuk mencapai pelayanan kesehatan yang lebih efisien. Solusi yang bisa dilakukan adalah mendapatkan asuransi dari asuransi swasta. Selain kepraktisan, layanan penggantian asuransi kesehatan tersedia dengan cepat dari perusahaan swasta dan menawarkan cakupan yang lebih tinggi daripada layanan asuransi sosial.

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi swasta yang menawarkan produk asuransi kesehatan untuk keluarga, termasuk orang tua, termasuk ayah atau ibu. Orang tua di sini berarti orang tua atau orang yang sudah memiliki anak. Perusahaan asuransi memiliki usia tertentu yang termasuk dalam kategori orang tua yang ditanggung oleh asuransi kesehatan. Berbeda dengan kontrak asuransi lainnya, asuransi kesehatan BPJS tidak menetapkan batasan usia.

Baca juga: Asuransi Jiwa untuk Lansia ini Alasan Penting Wajib Memilikinya

ISFF 2023 INDODAX

Baca juga: Asuransi Kesehatan untuk Keluarga, Kelebihan dan Tips Memilihnya!

Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua selain BPJS

Biasanya, keadaan keuangan kedua orang tua tidak sama. Ada orang tua yang memiliki sumber keuangan yang baik, tetapi ada juga yang tidak. Orang tua dengan kondisi keuangan yang baik dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan. Pada saat yang sama, orang tua yang tidak memiliki kemampuan finansial yang stabil, tetapi memiliki kondisi ekonomi yang baik, tetap dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan orang tua dengan bantuan anak-anaknya.

Pasalnya, mendaftar asuransi kesehatan untuk lansia memang sangat diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan orang tua. Asuransi kesehatan secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi umum dan asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa.

Bedanya, jika perusahaan asuransi menawarkan asuransi kesehatan kepada orang tua, biasanya hanya menanggung risiko kesehatan. Di sisi lain, jika asuransi kesehatan untuk orang tua ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa, polis asuransi risiko jiwa dan investasi (obligasi ekuitas) dapat ditawarkan.

Dengan memilih asuransi kesehatan yang tepat, Anda bisa kembali pada kondisi dan kebutuhan ibu dan keluarga, karena masing-masing produk asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Usia onset dan usia kekambuhan

Menjadi anggota asuransi biasanya membutuhkan beberapa syarat, salah satunya adalah usia. Perusahaan asuransi menetapkan batasan usia bagi orang yang tertarik untuk berpartisipasi dalam asuransi kesehatan. Usia mulai adalah usia dimana nasabah asuransi dapat langsung menerima pembayaran asuransi kesehatan. Beberapa perusahaan asuransi, selain usia awal, juga menetapkan usia perpanjangan atau batas usia, setelah mencapai mana orang yang menjadi nasabah memperpanjang masa asuransinya.

Aturan mengenai usia pendaftaran dan usia perpanjangan tidak sama di semua perusahaan asuransi. Ada perusahaan asuransi yang membatasi penghasilan hingga 60 tahun, namun ada juga yang hanya 50 tahun. Semakin tinggi usia pendapatan biasanya semakin mahal premi asuransinya, karena risiko perusahaan asuransi lebih tinggi.

Demikian informasi seputar asuransi kesehatan selain BPJS. Semoga bermanfaat ya.

Baca jugaCara Mencairkan Asuransi Online yang Penting Dipahami Nasabah Asuransi

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU