29.2 C
Jakarta
Rabu, 29 Mei, 2024

Asuransi Mobil Terbaik, Yuk Simak Rekomendasi Perusahaannya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil terbaik tentu akan sangat penting untuk diketahui oleh kamu para pemilik kendaraan roda empat.

Adapun layanan asuransi kendaraan bermotor bisa menjadi perlindungan maksimal yang bisa diberikan bagi kendaraan tercinta.

Dalam ulasan berikut ini, kamu akan menemukan rekomendasi perusahaan asuransi mobil terbaik yang dapat bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli nantinya, seperti dikutip dari Cermati via Republika.

Baca juga: Asuransi Mobil Online: Syarat Mengajukan hingga Cara Klaim

Apa Itu Asuransi Mobil Terbaik?

Asuransi mobil terbaik pada dasarnya merupakan jenis asuransi yang memberikan proteksi terhadap mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan, benturan, terbalik, atau tergelincir.

Memiliki asuransi mobil tentunya akan membantu kamu untuk menghindari biaya perbaikan mobil yang lumayan besar jumlahnya.

Asuransi kendaraan mobil terbaik terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi all risk dan total loss only (TLO).

Rekomendasi Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik

Adira Autocillin Asuransi Mobil

Di dunia asuransi kendaraan, keberadaaan Adira memang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, selain The Best Customer Choice of Car Insurance  pada tahun 2011 lalu, perusahaan ini memang sudah banyak menerima penghargaan dalam berbagai bidang terkait layanannya.

Bukan hanya punya layanan asuransi yang lengkap, Adira pun dikenal sebagai perusahaan asuransi terpercaya dengan jumlah pelanggan yang sangat banyak.

Garda Oto

Anak perusahaan dari Asuransi Astra Buana ini menawarkan sistem klaim  yang sederhana dan mudah bagi  para nasabahnya—di samping perlindungan yang memadai.

Adapun pengajuan klaimnya dapat dilakukan lewat empat (4) akses yang berbeda, yakni:

  • Unit Layanan Strategis yang mudah ditemukan;
  • Garda Mobile Otocare via aplikasi;
  • Pengajuan klaim online;
  • Garda Akses 24 jam melalui sambungan telepon.

ACA

PT Asuransi Central Asia atau ACA diketahui memberikan jaminan perlindungan dasar dalam bentuk Comprehensive dan Otomate, dengan penjabaran sebagai berikut.

  1. Comprehensive

Ini adalah jaminan perlindungan atas risiko kerusakan/kehilangan sebagian maupun keseluruhan yang disebabkan oleh:

  • Kejatuhan benda;
  • Kebakaran;
  • Perbuatan jahat;
  • Pencurian atau perampokan;
  • Tabrakan;
  • Benturan;
  • Kecelakaan lalu lintas lainnya.
  1. Otomate

Merupakan jaminan perlindungan yang dikemas secara khusus dalam bentuk paket. Di samping itu, para nasabah pun akan memperoleh fasilitas istimewa semisal perbaikan darurat, mobil derek, dan juga mobil pengganti.

Bukan itu saja, ACA pun menawarkan jaminan perluasan untuk kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan, bencana alam, dan yang lainnya.

ABDA

Ada dua perlindungan sekaligus yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang satu ini, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk (Comprehensive). ABDA sendiri punya road assistance selama 24 jam penuh yang dapat memberikan perlindungan maksimal, di antaranya layanan derek atau gendong, ban bocor, pengantaran BBM, pengisian/penggantian aki, dan yang lainnya.

Di samping itu,  perusahaan asuransi ini pun menyediakan layanan tambahan berupa personal accident dengan premi terjangkau untuk penumpang dan juga pengemudi.

Allianz Asuransi Mobil

Adapun Allianz punya tiga paket asuransi mobil sekaligus, yaitu Mobilku Grand, Mobilku ECO, dan Mobilku Non Paket. Di samping ketiga paket tadi, Allianz Indonesia pun menawarkan beberapa fasilitas unggulan, mulai dari Allianz RodA (bantuan darurat 24 jam), akomodasi taksi, hingga perlindungan terhadap risiko pencurian kendaraan oleh sopir pribadi.

AXA

AXA diketahui punya penawaran khusus yang menarik bagi para pemilik kendaraan, selain menawarkan layanan asuransi dasar. Lewat produk Smart Drive, AXA memberikan perlindungan terhadap segala bentuk risiko yang mungkin terjadi dan dialami saat berkendara.

Rama

Perusahaan asuransi yang berikut ini telah menerbitkan hingga lebih dari 1,6 juta polis dan juga menyediakan dua pilihan perlindungan, yakni:

  • Comprehensive;
  • Total Loss Only.

Chubb

Chubb adalah perusahaan yang terkenal dengan jangkauannya yang sangat luas, bahkan bisa ditemukan di 54 negara sekaligus. Asuransi ini menawarkan dua jenis perlindungan yang berbeda,  yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. Bukan itu saja, perusahaan ini pun menawarkan jaminan perluasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap nasabah.

Baca juga: Apa Itu Premi Asuransi: Tujuan hingga Cara Menghitungnya

Jasindo

Punya moto “Aman di Hati, Ringan di Premi”,  Jasindo diketahui sudah beroperasi sejak tahun 1973  dan memiliki pengalaman panjang di dunia asuransi. Terdapat 2 paket  asuransi mobil yang ditawarkannya, yakni Jasindo Oto Paket dan Jasindo Oto Plus (Non Paket).  Adapun setiap paketnya punya kelebihan tersendiri sehingga nasabah dapat memilih  dengan bebas.

Asuransi Wahana Tata/Aswata

Salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia ini telah beroperasi sejak tahun 1964 sehingga Asuransi Wahana Tata atau Aswata punya pengalaman yang  mumpuni dan dapat diandalkan. Ada dua jenis perlindungan yang ditawarkan oleh Aswata, yakni Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive.

JP-ASTOR Auto Insurance

Anak perusahaan PT Jasa Raharja yang sudah beroperasi sejak tahun 1993 ini menyediakan 2 perlindungan dasar,  yakni Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive/ All Risk. Bukan itu saja, perusahaan ini pun memiliki layanan pertanggungan perluasan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan setiap nasabah.

Sahabat Insurance/Bess Insurance

Dikenal dengan nama Bess Insurance, sebelumnya, Sahabat Insurance berdiri sejak tahun 1997 dan telah cukup populer di kalangan masyarakat, utamanya para pemilik kendaraan bermotor.

Bukan hanya menawarkan perlindungan terhadap kendaraan, asuransi ini pun menyediakan layanan yang mudah diakses,  bahkan sejak proses pendaftaran sampai dengan pengajuan klaim.

asuransi mobil terbaik

Cara Memilih Produk Pertanggungan Mobil

Asuransi kendaraan memang menjadi kebutuhan penting sebagai sebuah bentuk perlindungan dan juga antisipasi terhadap berbagai macam hal yang boleh jadi akan merugikan Anda ketika terjadi musibah nantinya.

Tentu saja, kamu pun tidak mau mengambil sejumlah risiko kerugian atas mobil yang kamu miliki. Sekalipun sudah terdapat banyak penggunaan layanan asuransi, tetapi kamu tetap harus mengetahui cara memilih asuransi kendaraan yang tepat dan tentunya terbaik. Inilah panduannya.

Ketahui kebutuhan mobil

Pertama, kamu harus memahami dan mengetahui dengan jelas soal kondisi kendaraan kamu, yang biasanya meliputi kondisi mesin, body, usia dan lainnya yang dianggap perlu menjadi pertimbangan.

Saat kamu sudah mengetahui kondisi kendaraan, hal itu akan memudahkan kamu untuk memilih jenis asuransi kendaraan yang paling tepat bagi kendaraan kamu itu.

Seperti disinggung di atas, ada dua jenis asuransi kendaraan yang dapat kamu pilih dan pertimbangkan, yaitu asuransi all risk atau comprehensive dan asuransi total loss only (TLO). 

Adapun setiap jenis asuransi kendaraan akan memberikan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda, sesuai pada jenis dan fitur layanan yang dipilih.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu sudah mengetahui berbagai keuntungan dan bentuk perlindungan yang akan diberikan oleh asuransi kendaraan kepada kamu sehingga kamu pun tidak mengalami kerugian di masa mendatang.

Melakukan survei

Tahapan berikutnya adalah kamu harus melakukan survei terlebih dahulu terhadap penyedia asuransi. Pastinya, ada banyak sekali penyedia asuransi mobil terbaik yang telah dipercaya oleh banyak nasabah.

Tentu saja, sebuah penyedia asuransi mobil terbaik akan menyediakan produk berkualitas, menyediakan pelayanan yang terbaik dan beragam produk yang ditawarkan. Dalam hal ini, kamu pun bisa melakukan perbandingan antar penyedia asuransi mobil yang telah kamu survei tadi.

Sesuaikan kemampuan dana

Adapun besarnya pembayaran yang akan lakukan nanti pastinya juga akan berpengaruh terhadap perlindungan dan fasilitas yang kamu peroleh.

Oleh sebab itu, sebaiknya sesuaikan keuangan kamu dengan biaya premi yang nantinya tidak akan memberatkan kamu.

Terkait hal itu, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk mampu membayarkan premi yang besar, padahal itu di luar kemampuan keuangan kamu. Tentunya, hal itu akan menjadi masalah dalam pengeluaran kamu di masa mendatang.

Baca juga: Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Inilah Profilnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU