26.8 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Asuransi Pensiun Terbaik di Indonesia 2023, Intip Yuk Rekomendasinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi pensiun terbaik di Indonesia 2023, apa saja sih daftar rekomendasinya? Intip yuk ulasannya di sini!

Pada dasarnya, asuransi pensiun adalah jaminan finansial yang diberikan ketika nasabah memasuki usia pensiun.

Tersedia banyak produk asuransi pensiun terbaik yang bisa dimiliki di Indonesia saat ini.

Adapun rentang usia pensiun diatur dalam UU No. 11 tahun 1992 yang menyatakan bahwa usia pensiun normal berkisar 55 hingga 60 tahun.

Sementara itu, asuransi ini bertujuan agar bisa dimanfaatkan sebagai tabungan jangka panjang yang akhirnya nanti bisa dipakai setelah melewati masa kerja.

Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Lifepal.

Baca juga: Asuransi Kesehatan untuk Lansia: Manfaat, Rekomendasi Produk, Tips Memilih

Perbedaan Asuransi dan Dana Pensiun

Produk asuransi masa tua dan dana pensiun sebenarnya berbeda. Produk dana pensiun biasanya diberikan oleh pihak perusahaan untuk karyawan yang bisa digunakan saat karyawan tersebut pensiun.

Lazimnya, produk tabungan dana pensiun tidak bisa dicairkan secara sembarangan. 

Pasalnya, nasabah mesti sudah mencapai usia pensiun untuk bisa menggunakannya.

Hal itu berbeda dengan asuransi pensiun atau asuransi masa tua karena asuransi masa tua dapat digunakan kapan pun meski belum mencapai usia pensiun.

Di samping itu, pada produk asuransi masa tua, pihak asuransi menjamin risiko di masa pensiun. Jaminan diberikan setelah nasabah membayarkan premi. 

Sementara itu, pada produk tabungan dana pensiun, bukan pihak bank yang menjamin risiko di masa pensiun, melainkan pihak bank hanya akan menampung dana pensiun yang telah ditabung selama ini beserta bunganya.

Apakah Asuransi Pensiun Penting?

Menurut data survei harian Kompas, dari 60 juta pekerja formal Indonesia, hanya dua persen yang terlindungi oleh program pensiun.

Artinya, terdapat gap 98 persen yang tidak memiliki jaminan pensiun.  Dari data tadi bisa disimpulkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum paham pentingnya memiliki asuransi masa tua.

Lantas, sebenarnya penting tidak sih?

Menurut survei harian Kompas, dibutuhkan dana 70% dari gaji untuk dapat mempertahankan gaya hidup selama masa pensiun setiap bulannya.

Kalau kamu ingin menikmati masa tua tanpa perlu menurunkan gaya hidup saat ini maka jawabannya tentu saja penting banget.

Karena dengan adanya asuransi pensiun, kamu bisa menjaga kondisi keuangan tetap stabil sehingga tetap mampu menanggung kebutuhan keluarga meski sudah tidak bekerja lagi. 

Di samping itu, peningkatan biaya hidup atau inflasi juga perlu dipertimbangkan. 

Menurut data dari Bank Indonesia, kenaikan inflasi Consumer Price Index (CPI) di Indonesia berada pada angka rata-rata enam persen (2011—2014).

Karena itu, jika hanya bergantung pada uang tabungan, pada akhirnya dana yang terkumpul akan termakan inflasi. Itulah pentingnya punya asuransi pensiun terbaik dan juga berinvestasi.

Manfaat

Dalam ilmu ekonomi, tabungan asuransi masa tua termasuk jenis redistribusi horizontal, yaitu proses transfer uang antar kelompok atau antar pribadi dengan penghasilan sama.

Secara umum manfaat asuransi ini meliputi:

  • Santunan meninggal dunia yang diberikan kepada ahli waris
  • Manfaat asuransi jiwa dan investasi sekaligus
  • Jaminan pensiun diberikan berkala setiap bulan seperti gaji

Berikut ini penjelasan singkat terkait manfaat dari asuransi pensiun terbaik di Indonesia.

  1. Terlindungi dari kesulitan finansial

Perlu dipahami bahwa risiko kesulitan finansial bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja.

Misalnya saja ketika memasuki usia pensiun atau tidak lagi aktif bekerja, biaya uang sekolah anak justru naik mengikuti inflasi tahunan.

Nah, tanpa adanya ketersediaan solusi dari asuransi masa tua, kamu tentu akan menghadapi kesulitan finansial. 

  1. Santunan risiko cacat dan meninggal dunia

Memasuki usia pensiun, risiko sakit hingga meninggal dunia tentu lebih tinggi ketimbang usia produktif.

Karena itu, penting sekali bagi kita memiliki asuransi pensiun yang dapat memberikan santunan meninggal dunia dan cacat tetap total. 

Tujuannya tidak lain adalah untuk menjamin biaya hidup keluarga yang ditinggalkan. 

Sebagai pelengkap, kamu juga bisa mendaftarkan diri dalam asuransi kesehatan untuk orang tua.

  1. Investasi terbaik untuk bekal di hari tua

Dalam memilih asuransi pensiun, sebaiknya pilih yang ada manfaat investasi di dalamnya.

Misalnya asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat tabungan pensiun jangka panjang yang ideal.

Namun, biasanya premi asuransi unit link lebih mahal ketimbang asuransi murni.

Pilihan lainnya kamu bisa ambil asuransi pensiun dan investasi terpisah sehingga kedua manfaatnya bisa kamu dapatkan dengan maksimal. 

Cara Klaim

Asuransi pensiun ini bisa diklaim dengan beberapa syarat, yaitu peserta memang sudah masuk usia pensiun, baik itu usia normal maupun pensiun yang dipercepat atau pensiun dini.

Selain itu, klaim asuransi pensiun juga bisa dilakukan jika peserta polis mengalami cacat total atau meninggal dunia. Berikut langkah-langkah klaimnya.

  1. Siapkan dokumen

Hal yang pertama harus dilakukan tentu saja melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk klaim, dokumennya meliputi:

  • Formulir Manfaat Pensiun yang ditandatangani peserta atau ahli waris (jika peserta meninggal dunia).
  • Kartu Peserta Asuransi
  • Fotokopi Kartu Identitas Penduduk peserta
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan peserta yang memuat nomor rekening bank
  • Surat keterangan meninggal dunia, surat keterangan ahli waris, fotokopi identitas ahli waris, fotokopi kartu keluarga, dan fotokopi buku tabungan ahli waris (apabila peserta meninggal dunia)

Baca juga: Cara Klaim Asuransi Equity Life: Kesehatan, Jiwa, Rider

  1. Kirim dokumen ke perusahaan asuransi

Setelah semua dokumen telah lengkap, kamu bisa mengantarkan langsung dokumen ke pihak asuransi.

Kamu bisa datang ke kantor pusat maupun cabang perusahaan asuransi tersebut yang terdekat dari lokasimu.

  1. Asuransi dibayarkan oleh pihak perusahaan

Setelah melakukan verifikasi, biasanya uang pertanggungan akan ditransfer kurang lebih 14 hari kerja setelah berkas tersebut diterima perusahaan asuransi.

Cara klaim ini pada dasarnya dapat berbeda-beda pada setiap perusahaan.

Ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan klaim online.

Kamu bisa langsung menanyakan kepada pihak perusahaan asuransi untuk memastikan proses klaim dan syarat yang harus dipenuhi.

Rekomendasi Produk Asuransi Pensiun Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui apa saja manfaat jenis asuransi ini untuk masa depan yang lebih baik, apa saja produk asuransi yang tepat untuk kamu?

Berikut rekomendasi asuransi dana pensiun yang populer.

Asuransi Pensiun Terbaik di Indonesia

  1. AIA Prolink Assurance

Produk asuransi AIA Financial Indonesia ini merupakan salah satu produk jaminan hari tua yang sangat cocok untuk dimiliki di tahun 2023.

Sebab, produk ini memberikan perlindungan khusus berupa memilih rencana investasi disesuaikan berdasarkan latar belakang risiko calon nasabah.

Selain itu, produk asuransi dana pensiun AIA ini juga ditujukan kepada nasabah yang mulai berusia 30 tahun hingga 70 tahun dengan perlindungan asuransi jiwa dan tabungan hingga berusia 99 tahun.

Jenis asuransi ini juga memiliki keunggulan untuk menabung dalam mata uang Rupiah (IDR) atau Dollar Amerika Serikat (USD).

Nasabah juga bisa mendapatkan manfaat berupa bonus loyalti dari premi asuransi hingga 75 persen pada pembayaran premi ke-10 hingga ke-12.

Selain produk ini, AIA juga menawarkan beberapa asuransi yang menjamin hari tua lainnya seperti AIA Protection Income Plan.

Selain itu ada juga DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang bisa didapatkan karyawan melalui perusahaan.

  1. Manulife MiGolden Retirement

Selanjutnya ada asuransi dana pensiun Manulife. Manulife Indonesia memiliki produk asuransi pensiun bernama MiGolden Retirement yang memberikan manfaat asuransi dana pensiun yang sangat lengkap.

Selain fleksibel dengan pembebasan memilih jenis pembayaran dan menentukan pilihan dana investasi, pertanggungan ini memudahkan calon nasabah untuk penghematan pajak dan pensiun berkualitas.

Produk ini juga melindungi empat macam hal yang sangat menguntungkan, yaitu manfaat masa pensiun normal, masa pensiun dipercepat, masa pensiun cacat dan meninggal dunia.

Selain produk ini, ada juga polis asuransi Manulife lainnya, yaitu MiPreparation Legacy for Our Assurance dan MiFuture Income Protector.

Selain itu, Manulife juga menyediakan produk DPLK yang berupa tabungan dana pensiun serta investasi.

Manulife DPLK biasanya diberikan bagi karyawan di suatu perusahaan

  1. Asuransi Pensiun AXA Mandiri – Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Asuransi pensiun AXA Mandiri ini ditujukan untuk pemegang polis mulai usia 18 hingga 70 tahun. Produk ini memberikan perlindungan jiwa hingga 100 tahun dengan manfaat nilai investasi.

Terdapat juga manfaat asuransi tambahan berupa pembebasan pembayaran premi atas risiko penyakit kritis atau cacat tetap total. Untuk preminya, mulai dari Rp1,5 juga per tahun.

Sama seperti produk AIA, asuransi ini juga memberikan pilihan tabungan dalam mata uang Rupiah (IDR) atau Dollar Amerika Serikat (USD).

  1. Asuransi Pensiun BNI Life – Solusi Abadi Plus

Manfaat utama dari produk asuransi dana pensiun BNI Life ini meliputi asuransi kecelakaan, perlindungan jiwa, dan kesehatan individu. Produk ini ditujukan untuk usia 18 tahun hingga 55 tahun.

Salah satu keunggulan asuransi ini adalah pembayaran premi yang singkat, yaitu tidak lebih dari 65 tahun untuk masa pembayaran ditambah usia bergabung. 

Masa pertanggungannya sendiri adalah hingga kamu berusia 90 tahun.

  1. BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Pensiun

Untuk BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Pensiun (JP) bersifat sebagai program wajib pemerintah sebagai  

Jenis asuransi pensiunan untuk pegawai swasta ini juga diberikan kepada jaminan pensiun duda atau janda hingga meninggal dunia atau menikah lagi.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir untuk anak karena BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki jaminan pensiun untuk dua orang anak yang sudah didaftarkan hingga mencapai usia 23 tahun.

Biasanya untuk mendapatkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan jaminan pensiun didaftarkan melalui perusahaan yang bersangkutan. Pastikan kamu sudah terdaftar dan mendapatkan manfaatnya.

Apabila kamu bukan berprofesi sebagai karyawan, kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai peserta mandiri.

  1. Produk tabungan pensiun lainnya

Selian produk di atas, ada juga beberapa produk tabungan pensiun terbaik lainnya seperti DPLK Allianz, DPLK BRI, BCA – Dana Kompensasi Pascakerja, dan masih banyak lagi.

Untuk DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) ini didaftarkan oleh perusahaan untuk karyawannya.

Bagaimana dengan pertanggungan pensiun untuk ASN atau PNS? Untuk ASN atau PNS, asuransi pensiunnya melalui Asuransi Taspen.

Ini termasuk juga asuransi kematian pensiun PNS. Ketika pensiunan PNS meninggal, ahli warisnya dapat mengeklaim JKM pada Taspen.

Baca juga: Asuransi Mobil MSIG: Daftar Polis, Cara Klaim, dan Bengkel Rekanan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE