27.9 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

Bagaimana Kelanjutan Yuan Digital Tiongkok? Simak Disini

DuniaFintech.com – Kabar tentang mata uang Tiongkok, Yuan yang akan diperkenalkan dalam penggunaan layanan digital telah berlanjut. Gubernur Bank Sentral China telah memberikan rincian lebih lanjut melalui pilot project yang diluncurkan.

Yi Gang, Gubernur Bank Rakyat Tiongkok mengatakan bahwa proyek percontohan tersebut, telah melakukan proses lebih dari empat juta transaksi hingga saat ini. Ada pun menurut cointelegraph capaian nilai transaksi memiliki total lebih dari 2 miliar yuan (Rp 4,3 triliun).

Yi mengatakan, hingga saat ini uji coba berjalan mulus. Sebelumnya, proyek serupa juga diluncurkan untuk pengujian yang diperpanjang di empat kota.

Tantangan terbesar yang dihadapi bank sentral Tiongkok terkait Yuan digital di masa pandemi COVID-19 meliputi soal keamanan. Pembayaran digital dan tanpa sentuhan tersebut dituntut untuk menghadirkan kenyamanan para penggunanya.

Menurut Yi, dengan adanya sentuhan teknologi terhadap sektor finansial, penyelenggaran keuangan lebih efisien. Ia mengatakan bahwa teknologi keuangan mengungguli perbankan untuk urusan membangun basis pelanggan dan mengelola risiko.

Berita Terbaru:

Kelanjutan Proyek Yuan Digital Tiongkok

Bank Sentral meluncurkan pilot pertama untuk yuan digital pada April 2020. Uji coba awal dilaporkan mencakup empat kota besar: Shenzhen, Chengdu, Suzhou, dan Xiongan. Program tersebut dilaporkan diperluas ke sembilan kota, termasuk Guangzhou, Hong Kong dan Makau.

secara resmi mengumumkan bahwa dompet yuan digital memproses US$162 juta dalam transaksi antara April dan Agustus 2020.

Raksasa teknologi negara tersebut tidak berdiam diri atas proyek tersebut. Huawei baru-baru ini mengumumkan bahwa keluaran ponsel terbarunya, Mate40, akan menampilkan dompet untuk mata uang tersebut dan memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dengannya, bahkan ketika mereka sedang offline.

DuniaFintech/Fauzan

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU