25.6 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

BAGAIMANA START UP FINTECH MEREVOLUSI UKM

DuniaFintechFinansial technology atau biasa disebut dengan fintech, dalam beberapa tahun terakhir mulai bergeliat kembali. Tidak dapat dipungkiri pula, fintech telah merambah ke berbagai bidang, tidak hanya dari sektor keuangan saja.

Dengan demikian fintech adalah topik yang sangat penting untuk kategori bisnis di seluruh dunia. Berbicara mengenai Usaha Kecil Menengah (UKM), banyak sekali manfaat yang bisa diterima masyarakat dari perkembangan sektor teknologi keuangan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara fintech dalam merevolusi bisnis untuk UKM.

Faktur

Ketika sebuah bisnis membutuhkan invoice (faktur), biasanya ada jeda dalam beberapa hari, kita masih disuruh menunggu antara 30-120 hari sebelum akhirnya benar-benar kita mendapat pembayaran. Hal ini bisa membuat frustasi untuk industri UKM, yang membutuhkan uang tunai untuk menjaga operasi bisnisnya tetap  mengalir dan tumbuh keatas.

Perusahaan seperti Touch financial, dapat membantu masalah-masalah faktur melalui layanan jasa keuangan faktur, memungkinkan bisnis untuk menerima sebagian besar nilai faktur melalui pembayaran di muka (minus biaya kreditur). Hal ini dilakukan melalui platform online inovatif, sangat mudah dalam mengakses dan sering memungkinkan bisnis untuk menerima pinjaman dari dalam waktu 24 jam.

Perbankan

Dunia Fintech juga hinggap di sektor perbankan. Proses pinjam-meminjam kini sudah dapat digantikan dengan perangkat mobile (device) penggunanya. Hal ini jauh membuat hidup lebih mudah dan santai, solusi bagi UKM untuk hemat waktu, dan tidak perlu repot ke luar rumah ataupun kantor, cukup bertransaksi di mana dan kapan saja. Ini merupakan solusi alternatif yang menyenangkan.

Aplikasi perbankan seperti Monzo sangat menarik untuk UKM karena mereka menyederhanakan secara tidak langsung proses perbankan. Tidak ada keraguan bahwa bank-bank tradisional harus mengubah permainan mereka, dikarenakan sektor fintech terus tumbuh dan menawarkan pilihan yang lebih baik bagi pemilik bisnis.

Blockchain

Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, juga terkenal dalam menciptakan teknologi revolusioner yang mendukung cryptocurrency. Blockchain menjadi salah satu yang paling signifikan dalam perkembangan teknologi abad ke-21 ini, dan diproyeksikan bahwa banyak pengembang fintech akan mengambil keuntungan dari inovasi yang jenius.

Teknologi Blockchain bersifat terdesentralisasi dan menawarkan tingkat yang tak tertandingi dalam segi keamanan untuk orang-orang yang menggunakannya, dapat pula digunakan untuk berbagai operasi digital di masa depan, seperti penyimpanan cloud.

Solusi Murah meriah namun efektif

Finansial teknologi pasti menawarkan beberapa cara yang paling revolusioner guna membuat operasi bisnis lebih murah dan lebih efektif. Solusi yang dipilih yaitu yang banyak dihadapi oleh UKM (seperti terhambat arus kas dan dana tidak mencukupi). Sektor ini akan terus tumbuh dan mengubah banyak sistem keuangan yang mapan, program yang usang saat ini akan tergantikan di masa ini hingga ke depan. Dapat dipastikan bahwa akan selalu ada applikasi yang lebih modern yang dapat menjadi solusi untuk masalah keuangan.

Source: thefintechtimes.com

Writer: Romy Syawal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...

Dollar ke Rupiah Hari Ini Terlengkap, Cek sebelum Tukar Valas

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke Rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.637 di perdagangan pasar spot Rabu (7/12). Diketahui, rupiah melemah 0,05%...

Jelang Akhir Tahun, Modalku Catat Pertumbuhan Positif Fasilitas Finansial Bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Modalku mencatatkan pertumbuhan positif dari berbagai fasilitas finansial karyawan antara lain fasilitas Modal Karyawan dan Modal Kasbon. Dalam menyediakan fasilitas finansial bagi...

Berita Kripto Hari Ini: Mantan CEO FTX Siap-siap Dipenjara?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait sosok mantan CEO pertukaran kripto yang bangkrut, yaitu FTX, Sam Bankman-Fried. Menjadi salah satu sosok berpengaruh di...
LANGUAGE