32.8 C
Jakarta
Selasa, 3 Agustus, 2021

Bahaya Tidak Membayar Utang Pinjaman Online, Segera lakukan Ini

Adanya kemajuan zaman dan teknologi membuat perkembangan pinjaman online semakin cepat. Sayangnya kemudahan mendapatkan pinjaman secara online sering kali disalahgunakan oleh beberapa orang. Sehingga mereka lupa bahwa jika tidak membayar utang pinjaman online tepat waktu ada beberapa resiko yang harus ditanggung.

Apa itu restrukturisasi kredit? Restrukturisasi kredit merupakan istilah untuk keringanan pembayaran cicilan pinjaman bank atau leasing. Perlu diingat bahwa restrukturisasi bukan menghapus utang, tetapi memberi keringanan membayar cicilan tertanggung.

Pola restrukturisasi kredit ini awalnya diberikan izin oleh OJK untuk restrukturisasi kredit kepada bank. Kemudian, perusahan leasing memberikan keringanan cicilan kepada nasabah bank sehingga membuat kredit lancar bagi industri keuangan.

Program Restrukturisasi Kredit

Restrukturisasi kredit yang ditawarkan kepada nasabah dapat dilakukan lewat beberapa program, yaitu sebagai berikut.

1. Potongan kredit dalam satu kali bayar

Restrukturisasi potongan kredit dalam satu kali bayar ditujukan kepada nasabah yang ingin membayar semua utang bank dalam satu kali bayar saja. Dalam restrukturisasi tersebut, ada potongan yang nasabah dapatkan sehingga total utang tertanggung menjadi lebih kecil. Selain potongan, nasabah juga terbebas dari tagihan bank karena utangnya yang ditanggungnya hilang.

Meski begitu, potongan kredit dalam satu kali bayar ini punya kekurangan. Nasabah dituntut dan wajib mempunyai dana dalam jumlah besar sebab program ini berlaku untuk satu kali bayar saja.

2. Perpanjang tenor dengan bunga rendah

Cara kedua ini bisa digunakan untuk nasabah yang tidak memiliki cukup banyak dana untuk membayar utang satu kali. Nasabah bisa mengajukan restrukturisasi untuk memperpanjang tenor cicilan sehingga menjadi lebih ringan, tetapi akan dikenakan bunga tambahan yang rendah.

Bagi nasabah yang ingin mengikuti program ini, maka sebelumnya harus membayar uang muka sebesar 10 persen dari utang kartu kredit alias satu kali cicilan KTA.

3. Diskon cicilan

Cara ketiga adalah restrukturisasi gabungan, yaitu mendapat diskon dan cicilan. Program ini berlaku untuk beberapa bank, tidak semuanya. Apabila nasabah punya kondisi yang sulit melunasi utang, maka ada peluang nasabah mendapatkan tawaran restrukturisasi diskon cicilan.

Hanya saja, potongan dan cicilan yang didapatkan dari restrukturisasi ini tidak sebesar dua cara di atas.

Bentuk-bentuk Restrukturisasi Kredit

Ada beberapa bentuk restrukturisasi sementara yang bisa nasabah dapatkan dari bank atau leasing, yaitu sebagai berikut.

1. Penurunan suku bunga.

2. Penambahan fasilitas.

3. Perpanjangan jangka waktu

4. Konversi kredit/pembiayaan menjadi.

5. Pengurangan tunggakan pokok.

6. Pengurangan tunggakan bunga.

Proses Pengajuan Restrukturisasi Kredit

Bagi nasabah yang ingin mencoba restrukturisasi kredit, maka berikut ini langkah-langkah atau proses pengajuannya.

1. Nasabah mengajukan restrukturisasi pada bank atau leasing

Untuk kredit tanpa agunan dan kartu kredit, nasabah dapat menghubungi call center atau mengirim email ke bank atau leasing. Selain itu, nasabah juga bisa mendatangi customer service dan meminta informasi lengkap secara langsung ke bank. Mulai dari syarat, aturan dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk pengajuan restrukturisasi.

2. bank melakukan assessment

Setelah mengajukan permohonan restrukturisasi, nasabah dapat menunggu sekitar 10 hari lebih terhitung setelah email atau surat pengajuan dikirim. Selain menunggu, nasabah juga bisa kok menghubungi customer service secara berkala untuk mencari tahu bagaimana perkembangan dari pengajuan permohonan tersebut.

Setelah itu, bank akan menjelaskan proses restrukturisasi dan menanyakan beberapa informasi penting kepada debitur, seperti alasan pengajuan keringanan, kondisi keuangan terkini, kondisi perusahaan tempat bekerja serta alamat kantor. Kemudian, juga  dampak seperti apa yang perusahaan dan karyawannya alami.

Pada tahap ini, nasabah harus bisa menjawab sebaik mungkin. Jawaban yang diberikan akan menentukan hasil evaluasi bank terkait.

Selain itu, bank akan menjelaskan proses pengajuan yang penting untuk dilakukan sebagai pemenuhan persyaratan utama, di antaranya penyampaian dokumen persyaratan, evaluasi bank atas pengajuan debitur, dan persetujuan usulan restruktur yang disetujui bank.

Kemudian, pihak bank juga menjelaskan persetujuan debitur atas usulan restruktur kredit, dan tanda tangan kontrak perjanjian kredit yang baru setelah restrukturisasi.

3. Bank/ easing memberikan restrukturisasi kredit sesuai dengan profil risiko nasabah

Setelah pengajuan diterima, maka bank/leasing akan mengirimkan persyaratan dokumen yang diminta sebagai kelengkapan pengajuan.

Beberapa persyaratan dokumen yang harus nasabah penuhi, antara lain, surat permohonan sesuai format bank yang terisi, rekening koran selama 3 bulan terakhir, data diri KTP suami dan KTP istri, Kartu Keluarga, Akta Nikah, dan dokumen atau surat keterangan dari perusahaan yang menyatakan ada pengurangan income dan slip gaji.

4. Informasi restrukturisasi kredit disampaikan secara online atau lewat website

Setelah dokumen persyaratan lengkap, nasabah tinggal mengirim dokumen lewat email. Setelah itu, tunggulah hingga ada balasan dari pihak debitur apakah restrukturisasi diterima atau ditolak. Selamat mencoba, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Semester I/2021 : BAPPEBTI Blokir 622 Situs Bursa Berjangka Tanpa Izin

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti Kementerian Perdagangan telah memblokir 109 situs web di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK). Situs-situs tersebut tidak berizin...

OJK : Semester I/2021 Sektor Jasa Keuangan Mulai Stabil

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat hingga data semester I 2021 sektor jasa keuangan tetap stabil. Hal ini diharapkan dapat memperbaiki ekonomi Indonesia. Ini karena...

Apa Itu NFT? Apa Hubungannya NFT dengan Aset Kripto?

NFT saat ini sedang hype atau sedang ramau di dunia kripto dan dunia digital. Apa itu NFT? Mari kita pelajari penjelasannya. Era digitalisasi saat ini...

Harga Bitcoin Hari Ini : Masih di Rp570 Jutaan, Ethereum Juga Bisa Naik

Harga Bitcoin hari ini masih bertahan di Rp570 jutaan. Penurunan harga wajar masih bisa terjadi. Namun, tidak demikian dengan Ethereum. Harga Bitcoin hari ini...

Tanpa Syarat, Indodax Gratskan Biaya Trading dan Withdraw Selamanya

Indodax, startup Bitcoin and crypto exchanges Indonesia terus meningkatkan pelayanan kepada para member dan komunitas aset kripto di Indonesia. Kali ini, Indodax menerapkan gratis...
LANGUAGE