31 C
Jakarta
Senin, 6 Desember, 2021

Crowdgiving Bantoo.id Jembatani Kegiatan Donasi Digital

Bantoo.id merupakan platform berbagi kebaikan crowdgiving milik Yayasan Generasi Bantu Indonesia yang menghubungkan pemberi bantuan dengan penerima bantuan. Sebagai informasi, yayasan ini adalah lembaga nirlaba yang berfokus pada kegiatan sosial seperti peningkatan derajat hidup manusia, pemberdayaan ekonomi, kelestarian lingkungan dan hewan.

Sebagai platform berbagi kebaikan, platform ini menerima berbagai donasi di situs website resminya. Ada berbagai macam cara yang disediakan oleh platform ini yang telah resmi beroperasi dalam pengawasan Kementerian Sosial dan Kominfo ini, apa saja itu? Berikut ulasannya.

Platform Crowdgiving di Indonesia

Tingginya minat masyarakat di Indonesia dalam melakukan donasi atau menggalang dana secara digital menjadi salah satu penyebab hadirnya platform crowdgiving ini.

Uniknya, platform ini tidak seperti platform donasi pada umumnya yang menerima donasi berupa uang saja. Di samping itu, Bantoo juga menerima sumbangan barang dari para donatur yang ingin menyumbang. Karena itulah platform ini disebut sebagai crowdgiving.

Platform ini menyediakan beragam cara dalam menerima bantuan dari para donatur, tidak hanya melalui uang, melainkan juga melalui barang, zakat, bahkan lewat ilmu sekalipun. Dengan demikian, tolak ukur untuk berbuat dalam kebaikan pun bisa digerakkan dengan pilihan yang lebih luas lagi.

Meski, menurut Ratna selaku Co-founder Bantoo.id, donasi terbanyak yang telah disalurkan oleh platform masih berupa dana atau uang. Akan tetapi, di masa mendatang, tidak menutup kemungkinan akan ada juga donatur yang ingin berbagi kebaikan melalui barang, dan lain sebagainya.

Untuk prosedur pemilihan kampanye, platform juga melakukan seleksi yang sangat ketat. Sebab, Bantoo tidak ingin menerbitkan konten kampanye yang menjual kesehatan, baik melalui cause campaign, konten cerita campaign, maupun foto.

Lebih daripada itu, platform ini justru mengedepankan semangat perjuangan, berbagi inspirasi terkait kebaikan dan berita positif. Karena itu, dalam menyeleksi kampanye yang masuk, platform ini menerapkan lima tahapan verifikasi untuk setiap kampanye.

Hingga kini, meski masih seumuran jagung, platform ini telah diakses oleh hampir di seluruh wilayah Indonesia, dengan cause penggalangan dana yang sangat beragam. Di sisi lain, sejak beroperasi, tingkat pengunjung unik yang ingin berdonasi pun semakin tinggi, mencapai angka 200 ribu pengunjung tiap bulannya.

Dalam hal ini, platform tidak memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan atau informasi yang disediakan oleh penerima bantuan atau pemberi bantuan sebagaimana diizinkan oleh hukum yang berlaku. Artinya, semua informasi kampanye yang tersedia di platform merupakan tanggung jawab dari penerima dan pemberi bantuan.

Lebih lagi, platform juga tidak menjamin bahwa kampanye yang dijalankan di situs website resminya akan mendapatkan jumlah bantuan yang dibutuhkan. Hal itu di luar kekuasaan platform sebagai jembatan antara pemberi dan penerima bantuan.

Baca juga:

BenihBaik, Platform Charity Crowdfunding dari TemanBaik untuk TemanKita

Fintech Crowdfunding Mulai Banyak Dilirik Penggiat Sosial

Syarat Pengguna Crowdgiving

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna platform ini, apa saja itu? Berikut syarat-syaratnya.

  1. Pengguna berusia minimal 17 tahun atau berusia 13 sampai 16 namun mendapat pengawasan orang tua;
  2. Pengunjung situs website platform wajib seseorang yang telah cakap di mata hukum. Sehingga dapat bertanggung jawab atas segala tindakan ataupun kelalaian apabila melanggar syarat dan ketentuan;
  3. Pengunjung situs tidak diperkenankan melakukan tindakan yang dapat melanggar ketentuan privasi.

Cara Daftar Akun di Platform Bantoo.id

Untuk melakukan registrasi akun di platform, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Buka situs website resmi platform;
  2. Klik “Akun” di bagian bawah website;
  3. Kemudian klik “Daftar”.
  4. Isi identitas diri sesuai yang diminta seperti nama lengkap, alamat email, dan password.
  5. Setelah itu, pihak Bantoo akan mengirimkan verifikasi akun ke email pengguna.
  6. Apabila sudah diverifikasi, maka kamu sudah dapat memberikan donasi di website ini.

Cara Memberikan Donasi

Untuk memberikan donasi, pengguna tinggal membuka website resmi platform. Di halaman muka, akan terdapat beberapa pilihan di antaranya Bagi Barang, bagi Dana, Bagi Zakat, dan Bagi Ilmu.

Untuk donasi barang, platform menerima cukup banyak variasi, yaitu baju, sembako, makanan hewan, yogurt, alat tulis, alat gambar, sayur, mainan, vitamin, bahkan hewan kurban. Sedangkan untuk bagi dana, pengguna tinggal melihat kampanye yang sedang aktif, dan pilihlah kampanye yang sesuai dengan keinginan. 

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Biaya Asuransi: Pengertian dan Jenis-jenisnya

JAKARTA, duniafintech.com – Biaya asuransi pada dasarnya terdiri dari berbagai macam. Umumnya, ketika memiliki asuransi, pemegang polis diwajibkan untuk tahu apa saja jenis biaya...

Dukung Produksi Susu Nasional, ADB pesan 19,4 Juta Lembar Saham Cimory

JAKARTA, duniafintech.com - Asian Development Bank (ADB) telah memesan sebanyak 19,4 juta lembar saham sebagai bagian dari rencana penawaran saham perdana (initial public offering/IPO)...

Turun 20% Hal Biasa di Dunia Kripto, Ini Momentum Tepat untuk Membeli

JAKARTA, duniafintech.com - Pasar aset kripto dalam beberapa hari terakhir sedang mengalami penurunan harga lebih dari 20% yang menyebabkan para investor pemula di kripto...

Ini Syarat Pihak Asuransi Mau Tanggung Kerusakan Kendaraan Akibat Bencana Alam

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil bencana alam menjadi hal yang mesti dipersiapkan di tengah ketidakpastian bencana yang terjadi di tanah air. Misalnya saja dari...

Panduan Cara Klaim Asuransi Astra hingga Cara Cek Polis

JAKARTA, duniafintech.com  - Cara klaim asuransi Astra penting diketahui oleh nasabah perusahaan asuransi yang satu ini atau bagi Anda yang berminat untuk menjadi nasabahnya....
LANGUAGE