31.5 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

BenihBaik, Platform Charity Crowdfunding dari TemanBaik untuk TemanKita

Platform penggalangan dana donasi berbasis digital (charity crowdfunding) akhir-akhir ini semakin banyak di Indonesia. Salah satu nya adalah platform BenihBaik yang digagas oleh seorang pembawa acara terkemuka di Indonesia, Andy Flores Noya.

Apa itu BenihBaik?

BenihBaik adalah situs website penggalangan dana dan donasi secara online yang didirikan oleh Andy Flores Noya, Khristiana Anggit Mustikaningrum dan Firdaus Juli. Platform ini dibuat dengan tujuan untuk menjadi penghubung antara donatur (#TemanBaik) dengan penerima dana (#TemanKita).

Platform donasi online ini beroperasi sejak tahun 2019 dan telah mendapatkan izin dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) nomor 319/HUK-PS/2021 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan kepada Yayasan Benih Baik Indonesia.

Platform Berbagi Kebaikan dari BenihBaik Crowdfunding

Platform ini menyediakan sistem elektronik yang menjembatani donatur dengan penerima manfaat untuk saling berbagi kebaikan. Selain itu, platform ini juga memberikan fasilitas kepada fundraiser untuk menghimpun dana masyarakat secara luas melalui situs website resminya atau aplikasi di android.

Mengenal Bizhare, Platform Urun Dana yang Memfasilitasi Investor dengan Penerbit

Bagi kamu yang ingin melakukan penggalangan dana untuk program yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial, kebudayaan, keagamaan, pendidikan, kesehatan, flora dan fauna, kemanusiaan, dan bidang lainnya sebagaimana telah diatur oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Platform ini menyediakan dua fitur penggalangan donasi dana, apa saja itu?

Fitur Penggalangan Donasi Dana di Benih Baik

Ada dua fitur penggalangan donasi dana yang bisa kamu temukan di platform ini, yaitu galang dana bantuan dan produk. Untuk melakukan penggalangan dana di platform crowdfunding ini, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, yaitu sebagai berikut.

  1. Kunjungi platform Benihbaik.com.
  2. Registrasi akun dengan menyertakan nama lengkap dan nomor Whatsapp atau email.
  3. Aktivasi akun, baik melalui Whatsapp atau email.
  4. Bila akun sudah terverifikasi, kamu dapat mengklik tombol galang dana.
  5. Kemudian isi formulir penggalangan dana meliputi menentukan program, target dana, batas waktu penggalangan dana, dan judul kampanye.
  6. Mengisi deskripsi konten meliputi teks, foto atau video.
  7. Setiap penggalangan dana akan dikurasi secara ketat.
  8. Pihak platform akan melakukan kurasi dan menghubungi fundraiser.
  9. jika proses kurasi selesai, maka penggalangan dana akan diproses dan ditampilkan di website atau aplikasi.

Untuk penggalangan dana donasi, fundraiser dapat memilih tenggat waktu yang sesuai dengan kebutuhan dananya, mulai dari 30 hari, 60 hari, dan 90 hari. Sedangkan untuk limit penggalangan dana donasi yang disediakan, platform ini membatasi nominal maksimalnya sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat, atau paling tidak sebesar ratusan juta saja.

Cara Berdonasi di Benih Baik Crowdfunding

Nah, jika tadi adalah cara untuk melakukan penggalangan dana, berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan donasi apabila kamu ingin menjadi salah satu #TemanBaik dan membantu para #TemanKita.

  1. Kunjungi platform BenihBaik.com;
  2. Pilih program penggalangan dana yang tayang di homepage;
  3. Klik donasi;
  4. Input nominal donasi;
  5. Pilih metode pembayaran yang sudah bekerjasama dengan platform charity crowdfunding ini;
  6. Kamu dapat menyertakan nama atau tanpa (Teman Baik);
  7. Tulis dukungan kamu terhadap kampanye dengan singkat;
  8. Klik lakukan pembayaran.

Bagi yang ingin melakukan donasi, platform ini menerima metode pembayaran yang cukup beragam, kok. Ada beberapa metode pembayaran yang telah terintegrasi dengan BenihBaik, di antaranya Transfer antar bank atau menggunakan virtual account, dan menggunakan pembayaran non bank atau e wallet (dompet digital).

Crowdfunding Indonesia Ayobantu.com Terima Donasi Aset Kripto

Keunggulan Platform BenihBaik Crowdfunding

Di Indonesia, sebenarnya sudah ada cukup banyak platform charity sejenis yang memberikan wadah kepada masyarakat untuk menggalang donasi. Hanya saja, dari sedemikian banyak itu, sedikit pula platform yang melakukan kurasi terhadap penggalang dana yang hasilnya malah dimanfaatkan untuk melakukan penipuan. Berlandaskan keresahan tersebutlah BenihBaik melakukan kurasi yang sangat ketat kepada para fundraiser yang ingin melakukan penggalangan donasi di platformnya.

Sebelum mendapat akses menggalang dana, para fundraiser harus melakukan verifikasi identitas seperti KTP, Kartu Keluarga, nomor rekening penggalang, dan lainnya.

Sejak awal platform urun dana ini beroperasi, Benih Baik telah menghimpun dana lebih dari Rp 138 miliar, dengan total 275 ribu donatur, dan 2 ribu aksi galang dana. Bagi kamu yang ingin ikut berbagi kebaikan dan menolong para #TemanKita yang membutuhkan, kamu sudah dapat memulainya dari sekarang melalui website resmi platform ini atau aplikasi Androidnya.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE