28.2 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Layakkah Baim Wong Dapat Miliaran dari Citayam Fashion Week?

JAKARTA—Artis dan pengusaha Baim Wong telah mendaftarkan hak paten atas Hak Atas Kepemilikan Intelektual (HAKI) tentang Citayam Fashion Week. Baim Wong diketahui bisa mendapatkan modal dan pinjaman dari HAKI tersebut, yang berpotensi mencapai miliaran Rupiah. Layakkah hal tersebut dia terima?

Baim Wong telah mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementeriam Hukum dan Ham. Baim Wong mendaftarkannya melalui perusahaannya PT Tiger Wong Entertainment.

Apa Itu HAKI yang  di Daftarkan Baim Wong di Citayam Fashion Week?

HAKI atau hak kekayaan intelektual adalah hak yang diperoleh seseorang atau badan hukum seperti perusahaan untuk menghasilkan inovasi dalam berkreasi. HAKI hanya berhak diperoleh oleh pencipta suatu karya atau inovasi.

Layakkah Baim Wong Dapat Miliaran dari Citayam Fashion Week?

Ini dilindungi oleh Undang-Undang. Setiap orang yang menduplikasi, menggandakan atau menggunakan tanpa seizin pemiliknya akan dikenakan sanksi. Artinya, si pemilik HAKI bisa menentukan sanksi, berupa pidana ataupun uang.

Cara Baim Wong Dapat Duit dari Citayam Fashion Week

Jadi, dalam hal HAKI Citayam Fashion Week ini, PT Tiger Wong Entertainment berhak mendapatkan royalti ataupun sanksi atau apresiasi berupa uang bagi siapa yang menggunakan Citayam Fashion Week secara komersil.

Misalnya, perusahaan fashion yang ingin menggunakan merek Citayam Fashion Week secara komersial, harus meminta izin Baim Wong. Setelah itu, Baim Wong berhak menentukan berapa besaran biaya untuk membayar nama tersebut.

Baca Juga : Tips Investasi Online Lewat Fintech

Baca Juga : Jelang Rapat The Fed, BTC Melemah

Selain itu, Baim Wong juga bisa menjaminkan HAKI Citayam Fashion Week untuk mendapatkan permodalan. Dia bisa menjadikan HAKI itu sebagai jaminan untuk mendapatkan modal dari investor dari dalam negeri dan luar negeri.

Bahkan, dia juga bisa menjadikan HAKI tersebut sebagai jaminan untuk pinjam uang ke Bank. Artinya, HAKI tersebut merupakan aset yang bisa dia gunakan untuk permodalan dengan banyak skema atau cara.

Presiden Jokowi pernah mengumumkan peraturan baru mengenai hak kekayaan intelektual. HAKI bisa dijadikan jaminan untuk pinjam uang ke lembaga pendanaan, seperti bank.

Kebijakan itu sudah tertulis dalam Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2022, tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang nomor 24 tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang nomor 24 tahun 2019 tentang ekonomi kreatif.

Paula Citayam Fashion Week

Istri Baim Wong, Paula berpose dengan Bonge, influencer dari Komunitas SCBD. 

Layakkah Baim Wong Mendapatkan Modal dari Citayam Fashion Week?

Potensi Baim Wong mendapatkan permodalan dan keuntungan mencapai miliaran Rupiah. Namun, apakah Baim Wong layak mendapatkan pinjaman atau modal dari Citayam Fashion Week?

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menyampaikan bahwa hal tersebut masih dalam kajian OJK, khususnya terkait masalah valuasi, ketersediaan secondary market, appraisal untuk likuidasi HKI, dan infrastruktur hukum eksekusi HKI.

“Saat ini ekosistem HKI di pasar sekunder masih belum cukup kuat dan mekanisme penentuan valuasi sebuah HKI masih terbatas. Sedangkan bank harus mengetahui berapa nilai dari barang jaminan kredit. Sehingga dibutuhkan peran pemerintah dan pihak terkait untuk meng-address isu tersebut,” kata Dian dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7).

Menurutnya, pemberian pinjaman atau pembiayaan adalah kewenangan bank berdasarkan hasil penilaian calon debitur.

Adapun agunan atau jaminan dalam penyediaan dana, baik berupa kredit atau pembiayaan bersifat opsional, tergantung dari risk appetite bank terhadap skema dan jenis kredit serta kapasitas calon debiturnya.

Citayam Fashion Week

Setiap bank pasti memiliki kriteria pemberian kredit masing-masing dalam proses pengajuan dan persetujuan kredit. Salah satu yang biasanya ada dalam Risk Acceptance Criteria bank atau prospek usaha dan kapasitas membayar calon debitur.

“Selain itu, bank juga memiliki credit scoring yang dapat digunakan untuk menganalisa kemampuan bayar calon debitur. Selama calon debitur memenuhi kriteria yang ditetapkan bank dan dalam rentang risk appetite bank tersebut maka kredit dapat dipertimbangkan untuk disetujui,” ujarnya.

Laporan : Tim Redaksi Duniafintech

Editor : Tim Redaksi Duniafintech

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE