25.3 C
Jakarta
Rabu, 26 Juni, 2024

Batumbu, Fintech Pendanaan Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Batumbu adalah perusahaan financial technology (fintech) peer to peer lending (P2P Lending) yang menjembatani pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang membutuhkan modal usaha dengan pemberi modal usaha (bisa berupa individu atau institusi). Melalui platform ini, pelaku UKM akan mendapatkan modal untuk usahanya, sedangkan pemberi dana akan mendapat imbal hasil yang menguntungkan.

Platform ini secara resmi diatur dan diawasi oleh Otoritas jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi (PLPMBTI) sejak 8 April 2019 lalu dengan nomor surat registrasi S-217/NB.213/2019.

Dalam operasionalnya, platform ini menjadi perantara yang memfasilitasi pertemuan antara pelaku UKM dengan pemberi modal usaha. Dalam hal ini, Batumbu menjadi katalis terhadap pertumbuhan dengan memberikan akses pembiayaan kepada pelaku UKM dan membagikan imbal hasil yang menguntungkan kepada pemberi modal

Dengan menyediakan produk serta layanan yang menjadi solusi nyata untuk kebutuhan pelaku UKM, platform ini berharap dapat menjadi platform yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bisnis di Indonesia. Sedangkan bagi pemberi modal usaha, platform ini dapat menjadi tempat mengembangkan dana yang aman dan menguntungkan, dengan proses verifikasi berbasis teknologi, serta pola kemitraan dan opsi asuransi.

Bagi kamu yang ingin menjadi pemberi modal usaha di Batumbu, berikut ini keunggulan dari aplikasi ini.

Menjadi Pemberi Modal di Batumbu

Untuk menjadi pemberi modal di platform ini, berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

  1. Diversifikasi Portofolio

Platform pinjaman online ini dapat menjadi solusi para pemberi modal yang ingin melakukan diversifikasi portofolio untuk mengembangkan jangka pendek dan menengah. Dengan mendiversifikasi portofolio, maka potensi risiko yang akan dihadapi oleh pemberi modal lebih kecil.

  1. Imbal Hasil yang Atraktif

Selain diversifikasi, pemberi modal juga berpeluang mendapatkan imbal hasil (return) menarik dan kompetitif yang ditawarkan oleh platform pinjol ini.

  1. Proteksi Asuransi

Bagi pemberi modal yang takut terhadap penempatan dana, platform pinjol ini telah memproteksi produk dan layanannya dengan asuransi yang menjamin penempatan dana para pemberi modal.

  1. Risiko yang Terukur

Platform pinjaman online ini menggunakan algoritma pinjaman yang bisa kamu andalkan, dan pengelolaannya juga dikelola oleh manajemen profesional dan berpengalaman di sektor usaha kecil menengah (UKM).

  1. Berperan dalam Memberdayakan UKM

Di samping mendapatkan berbagai macam keuntungan, pemberi modal juga secara tidak langsung punya sumbangsih terhadap pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Dengan begitu, UKM Indonesia pun akan semakin maju dan bisa berdiri sendiri.

Prosedur Pendanaan

Untuk melakukan pendanaan, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Buat Akun

Pemberi pinjaman bisa mendaftar dan membuat akun di Bank yang telah bekerja sama dengan platform ini untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku UKM.

  1. Pilih UKM

Setelah membuat akun, pemberi pinjaman bisa memilih pelaku UKM yang tersedia di platform pinjaman online ini.

  1. Penyaluran Dana

Setelah menemukan pelaku UKM yang sesuai dan diinginkan, pemberi pinjaman dapat menyalurkan dananya. Dana akan disalurkan setelah dana yang dibutuhkan UKM terkumpul penuh.

  1. Pengembalian Dana & Imbal Hasil

Pemberi pinjaman yang telah menyalurkan dana tinggal menunggu pelaku UKM mengembalikan pinjamannya, dan dapat menerima pengembalian pokok serta imbal hasil dari penyaluran dana tersebut.

  1. Pendapatan  &  Biaya

Pemberi pinjaman akan mendapatkan imbal hasil sebesar 0,9 persen hingga 1,5 persen per bulan, dan juga memilih premi asuransi (opsional) sebesar 0,08 persen hingga 0,1 persen per bulannya.

Menjadi Penerima Pinjaman

Platform ini dapat menjadi solusi nyata untuk akselerasi pertumbuhan bisnis UKM. Pelaku UKM yang ingin mengajukan pembiayaan bisa mendapat sejumlah keuntungan, yaitu sebagai berikut.

  1. Jumlah dan jangka waktu peminjaman dapat disesuaikan (fleksibel).
  2. Proses mudah, tanpa jaminan, dan minim persyaratan dokumen.
  3. Persetujuan pembiayaan usaha sangat cepat, yaitu kurang dari 24 jam.
  4. Suku bunga yang ditawarkan sangat kompetitif dan transparan.

Prosedur Pembiayaan

Untuk mengajukan pembiayaan, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Pelaku UKM membuat akun di platform pinjaman online Batumbu.
  2. Pengajuan pembiayaan bisa dilakukan bersamaan dengan proses registrasi pembuatan akun.
  3. Proses pembiayaan dapat dimulai setelah platform menyetujui pengajuan pembiayaan, dan pembiayaan terdaftar di marketplace milik platform.
  4. Penyaluran pembiayaan akan diberikan kepada pelaku UKM setelah proses urun dana selesai dilakukan.

Dalam pembiayaan di platform ini, ada dua jenis pembiayaan yang bisa kamu dapatkan, yaitu invoice financing, yaitu pembiayaan yang didasarkan pada invoice atas barang atau jasa yang telah didelivery. Untuk pembiayaan ini, memiliki jangka waktu sesuai jangka waktu invoice.

Kemudian ada pembiayaan purchase order financing, yaitu pembiayaan yang didasarkan pada purchase order atas barang atau jasa yang belum didelivery. Untuk pembiayaan purchase order financing, jangka waktu pembiayaannya sesuai dengan jangka waktu kontrak.

Bagi penerima pinjaman, akan dikenakan biaya berupa bunga sebesar 0,9 persen hingga 1,5 persen per bulan. Kemudian juga akan membayar platform fee sebesar 0,3 persen hingga 3 persen per tahun, dan membayar biaya keterlambatan jika telat bayar sebesar 0,1 persen sehari.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

ARTIKEL TERBARU