27.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 Agustus, 2022

BBVA Mencari Lebih Banyak Kemitraan di Bidang Fintech

duniafintech.com – BBVA atau Banco Bilbao Vizcaya Argentaria, perusahaan keuangan multinasional asal Spanyol sedang berusaha menemukan startup-startup baru di bidang teknologi keuangan atau fintech. ‘Perburuan’ ini dilakukan melalui Open Talent yang digelar tahunan oleh perusahaan.

Untuk kompetisi tahun ini, raksasa Spanyol ini akan menetapkan tantangan spesifik yang ingin diselesaikannya dengan fintech. Tantangan-tantangan ini antara lain berhubungan dengan regtech hingga manajemen keuangan pribadi.

Para pemenang di setiap negara akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja melalui program proof-of-concept dengan BBVA dalam upaya untuk memastikan ada peluang yang lebih baik untuk mendapatkan produk atau layanan yang dapat digunakan untuk bank dan bisnis nyata bagi para pemula.

Perubahan ini merupakan bagian dari evolusi di unit Open Innovation milik BBVA, yang telah menghabiskan satu dekade membangun dan bekerja dengan ekosistem perusahaan fintech. Selama waktu itu, hubungan antara bank dan status keduanya telah berubah. Awalnya, fintech dipandang sebagai ancaman untuk dikekang, hingga kemudian teknologi baru ini dianggap sebagai sekutu yang berguna untuk membantu turun dari tanah melalui akselerator dan inkubator. 

Sekarang, bank menuntut agar unit Open Innovation memberikan hasil yang dapat digunakan. Kepala unit Ainhoa Campo Nieto mengungkapkan, “Selama setengah tahun terakhir kami telah fokus untuk menjadi lebih dekat dengan bank. Open Innovation telah bekerja selama 10 tahun terakhir dengan maksud untuk terhubung dengan ekosistem. Tetapi apa yang kami sadari, dan karena berbagai alasan sebenarnya selama ini kami kurang dekat dengan bank itu sendiri.”

Baca juga: 

Sekarang, unit ini memperlakukan bank sebagai klien, yang berarti bahwa mereka tidak hanya mencari fintech yang menarik untuk diajak bekerja sama, tetapi mencoba untuk mengatasi tantangan spesifik yang dimiliki BBVA. Inilah sebabnya mengapa kompetisi Open Innovation menjadi lebih terspesialisasi dan mengambil langkah di depan dari unit-unit bank yang lain.

Pasar Terbuka BBVA, di mana unit bisnis bank dapat memposting ‘kebutuhan’ yang mereka harapkan dapat diselesaikan oleh fintech dan fintech dapat memposting solusi mereka, juga berubah. Sekarang, pasar terbuka ini akan bertindak sebagai titik masuk tunggal untuk perusahaan yang ingin bekerja sama dengan bank. Langkah ini diharapkan tidak hanya membawa keuntungan bagi salah satu pihak saja tapi bisa memajukan keuangan secara umum baik dari sisi teknologi finansial maupun bank konvensional.

Perusahaan Jasa Keuangan Multinasional Spanyol

Banco Bilbao Vizcaya Argentaria, S.A. atau yang lebih dikenal dengan inisialisasi BBVA, adalah perusahaan jasa keuangan multinasional Spanyol yang berbasis di Madrid dan Bilbao, Spanyol. Perusahaan ini adalah salah satu lembaga keuangan terbesar di dunia, dan juga memberikan layanan di beberapa negara lain terutama di Spanyol, Amerika Selatan, Amerika Utara, Turki dan Rumania.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luhut: Presiden Akan Umumkan Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi jenis...

Bahaya! Kejahatan Siber Serang Akses Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada seluruh pihak untuk mewaspadai adanya risiko keamanan terhadap kejahatan siber di era keuangan digital ditengah...

Cara Erick Thohir Stabilkan Harga Tiket Pesawat

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara intens berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait upaya pemerintah...

Mendag Targetkan Satu Juta UMKM Gunakan Digitalisasi di Tahun 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Perdagangan menargetkan penerapan digitalisasi di 1000 pasar rakyat dan 1.000.000 UMKM di seluruh Indonesia pada tahun 2022. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan...

Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri tidak Diizinkan, Mudah Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan sejatinya bisa dilakukan dengan beberapa panduan yang sangat mudah. Pengguna kartu ATM Mandiri sendiri bisa...
LANGUAGE