31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

10 Tips Beli Rumah Pertama agar Aman

Di usia berapa kamu beli rumah pertama untuk keluarga atau pasangan hidup? Harga rumah yang berlipat-lipat dari jumlah gaji membuat banyak orang membertimbangkan sejumlah hal untuk membeli jenis aset properti hunian ini. Padahal, rumah adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki.

Terkait hal itu, penting untuk mengetahui tips beli rumah, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali melakukan hal tersebut. Di sisi lain, membeli rumah baru ataupun bekas memang membutuhkan strategi atau pertimbangan tersendiri agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Belum lagi dengan cara pembayaran yang berbeda, baik secara cash maupun kredit. Di samping itu, setiap tahun harga rumah pun terus mengalami kenaikan, bahkan di era pandemi ini.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan rumah apa yang akan dibeli, baik itu rumah KPR, rumah bekas, maupun membangun rumah dari awal.

Tips Beli Rumah Pertama

  1. Perhatikan kebutuhan keluarga

Tips pertama adalah Anda harus memperhatikan kebutuhan apa saja yang diperlukan dari sebuah tempat tinggal. Dalam hal ini, Anda dapat membicarakan dengan keluarga mengenai beberapa persoalan seperti berikut:

  • Jumlah kamar yang dibutuhkan
  • Akankah direnovasi di masa depan
  • Perlukah memiliki taman yang luas
  • Perlukah garasi mobil

Saat Anda telah menemukan dari jawabannya, Anda akan lebih mudah untuk membeli rumah sesuai kebutuhan dan tips.

  1. Gunakan agen properti atau cari sendiri

Membeli rumah saat ini bisa lewat situs properti dan caranya semakin gampang. Anda pun punya keleluasaan untuk mencari, membandingkan, dan langsung mengontak pemilik rumah dari iklan yang ditayangkan di situs tersebut.

Jika ingin mencari rumah sendiri, Anda mesti memiliki waktu yang cukup untuk melakukan semuanya. Bukan itu saja, Anda juga dapat meminta tolong jasa agen properti untuk mencarikan rumah idaman sesuai keinginan. Namun, terkait hal ini Anda mesti menyiapkan komisi untuk membayar fee agen properti tersebut.

  1. Lokasi dan akses rumah idaman

Faktor penentu lainnya yang layak dijadikan pertimbangan adalah mengenai lokasi rumah. Hal ini pun terkait dengan akses dan harga rumah.

Pasalnya, rumah yang berada di pusat kota tentu saja akan memudahkan penghuninya dalam bepergian ke mana-mana, tetapi jelas saja harga tanahnya bakal sangat mahal sehingga calon pembelinya memerlukan waktu untuk menabung lebih lama. Sebaliknya, rumah yang berada di pinggiran kota punya harga yang lebih murah, tetapi akan lebih menyita waktu untuk bepergian ke pusat kota.

Sebagai solusi, Anda dapat mencari rumah di daerah pinggiran yang gampang dilalui oleh kendaraan umum apabila memang budget Anda terbatas. Di sisi lain, membeli rumah yang dekat dengan stasiun, terminal, dan halte bus, menjadi tips yang tidak boleh Anda lewatkan sebab akan membeli nilai tambah tersendiri.

  1. Perhatikan lingkungan perumahan

Tips beli rumah pertama berikutnya adalah dengan memperhatikan dan mencari tahu lebih dalam tentang kondisi lingkungan di sekitarnya. Anda dalam hal ini mesti memastikan rumah ini bebas banjir atau masuk dalam kawasan yang sehat.

  1. Fasilitas sekitar rumah

Selain itu, Anda pun harus mengetahui bahwa rumah yang nyaman tentu saja dekat dengan berbagai fasilitas dan amenitas, contohnya supermarket, mesin ATM, dan rumah sakit, merupakan fasilitas yang tersedia di dekat rumah.

Di samping itu, akan lebih bagus lagi kalau rumah itu dekat dengan restoran, mal, atau tempat favorit hiburan.

  1. Harga yang sepadan dan pilih skema pembayaran yang sesuai

Saat membeli rumah baru maupun second, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah melakukan survei ke beberapa tempat dengan harga yang setara. Hal itu bertujuan agar Anda dapat membandingkan rumah mana yang paling pas dengan keadaan keuangan Anda.

Tidak hanya soal pertimbangan harga, pilihan skema pembayaran pun menjadi hal yang penting, khususnya kalau Anda ingin mengambil rumah KPR.

  1. Spesifikasi material bangunan rumah

Pengetahuan tentang jenis material yang digunakan untuk membangun rumah sering kali diabaikan oleh banyak. Padahal, hal itu merupakan faktor krusial untuk diketahui dan menjadi tips membeli rumah pertama agar aman. Anda pun dapat melihat berbagai pertimbangan sebagai berikut:

  • Rumah berdinding batu bata lebih kokoh ketimbang hanya menggunakan batako
  • Lantai dengan pelat beton lebih awet ketimbang lantai yang hanya disemen dan di keramik biasa
  • Rangka atap baja ringan lebih baik ketimbang kuda-kuda kayu
  1. Desain rumah sesuai keinginan

Kepribadian pemilik juga tercermin dari bentuk rumahnya. Kalau dirasa perlu, Anda dapat mencari rumah yang desainnya cocok dengan selera serta keluarga Anda.

Di sisi lain, saat Anda membeli rumah melalui developer, Anda dapat memilih opsi renovasi. Saat ini, sudah banyak developer yang memberikan keleluasaan pemiliknya untuk melakukan custom desain rumah.

  1. Potensi Perubahan Rumah di Masa Depan

Salah satu bentuk investasi jangka panjang adalah dengan membeli rumah. Karena itu, Anda harus membayangkan apa yang dilakukan pada rumah tersebut. Pertimbangkanlah beberapa hal berikut ini:

  • Apa Anda bakal menjual dalam waktu dekat lalu membeli rumah di kota lain?
  • Apa Anda bakal menambah beberapa kamar lagi jika punya anak?
  • Ataukah Anda berniat untuk merawatnya seumur hidup dan mewariskannya kepada anak-anak?
  1. Kesehatan Rumah

Tentu saja, rumah yang sehat harus menunjang kesehatan Anda dan keluarga. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terkait kesehatan rumah adalah sebagai berikut:

  • Pengolahan limbah dan sistem drainase
  • Kehadiran ventilasi dan jendela yang cukup supaya udara segar dan sinar matahari dapat masuk dengan baik
  • Lingkungan sekitar yang selalu terjaga kebersihannya dan tidak kumuh

Tips Beli Rumah Pertama dengan KPR

  • Pahami kemampuan finansial Anda
  • Jangan berhutang kalau tidak ada dana darurat
  • Investasikan dana untuk DP rumah
  • Cicilan rumah per bulan tidak melebihi 35% penghasilan
  • Keluarga harus tetap terjamin
  • Tidak terburu-buru mempercepat pelunasan

Tips Beli Rumah Bekas

  • Beli rumah dari tangan pertama
  • Pilih perantara atau broker yang tepat
  • Tanyakan usia bangunan rumah
  • Lokasi rumah
  • Periksa kondisi fisik rumah
  • Cek lingkungan sekitar rumah
  • Cek dokumen kelengkapan rumah
  • Cek harga
  • Perhatikan sumber airnya
  • Perhatikan ketersediaan listrik
  • Luangkan waktu seminggu untuk mematangkan pilihan

Pentingnya Menggunakan Asuransi Properti

Tentu saja pembelian rumah tentu punya risiko sebab berbiaya besar dan banyak orang yang membelinya dalam jangka panjang. Risiko yang menghantui pembiayaan kredit jangka panjang adalah kematian.

Di sisi lain, meninggalkan utang cicilan rumah kepada keluarga pun bukan tindakan yang elok sebab akan menambah beban finansial. Solusi yang patut dipertimbangkan untuk mencegah kemungkinan terburuk ini adalah dengan asuransi properti.

Asuransi ini punya berbagai fungsi untuk menjamin keamanan aset rumah dan isinya serta mengganti bangunan dan properti yang rusak atau hilang. Anda bisa mempertimbangkan penggunanaan asuransi ini demij memberikan rasa aman terhadap aset rumah.

Demikianlah tips membeli rumah pertama, bekas, maupun KPR terlengkap yang harus Anda ketahui. Untuk dipahami juga, masing-masing jenis rumah yang ingin dibeli tentu punya tips yang berbeda.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...
LANGUAGE