25.6 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Berita Bitcoin Hari Ini: Momen Bitcoin Pizza Day, Memecoin Baru Justru Tipu Investor

JAKARTA, duniafintech.com – Berita bitcoin hari ini mengulas soal momen Bitcoin Pizza Day yang justru berakhir dengan penipuan memecoin.

Padahal, momen tersebut mestinya menjadi perayaan utilitas kripto. Akan tetapi, hal ini dimanfaatkan beberapa pihak untuk meluncurkan memecoin bertema pizza baru yang menipu ribuan dollar dari investor.

Berikut ini berita bitcoin hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Cs ke Zona Merah Lagi, Simak Daftar Harganya

Berita Bitcoin Hari Ini: Tipu Investor dengan Memecoin

Melangsir Yahoo Finance, Selasa (30/5/2023), setiap tanggal 22 Mei, banyak pendukung kripto dan Bitcoin yang setia merayakan ulang tahun ketika, pada 2010, seorang pengembang komputer bernama Laszlo Hanyecz membeli dua pizza seharga 10.000 Bitcoin.

Sementara banyak pengguna kripto yang merayakan momen ini, beberapa yang lain justru mengumpulkan keuntungan dari menipu investor menggunakan memecoin yang baru dibuat.

Secara total, empat token baru yaitu BTCPizza, BPizza, PizzaDay, dan EthPizza yang semuanya dibuat dalam tiga hari terakhir telah mengakumulasi kapitalisasi pasar lebih dari USD 300.000 atau setara Rp 4,4 miliar (asumsi kurs Rp 14.951 per dolar AS), menurut data dari Dextools. 

Tim atau orang di belakang BPizza, memecoin baru dengan total investasi terbesar kedua, dengan cepat mengubah pajak penjualannya, menjadi 100 persen, yang berarti tidak layak bagi investor untuk menjualnya. 

Sementara itu, EthPizza mematikan transfer dan penjualan token segera setelah mengumpulkan kapitalisasi pasar sebesar USD 38.000 atau setara Rp 568,1 juta.

Koin dengan kapitalisasi pasar tertinggi, BTCPizza, masih diperdagangkan pada Rabu, 24 Mei 2023 sore dengan kapitalisasi pasar hampir USD 200.000 atau setara Rp 2,9 miliar. Harga token turun 16 persen dari harga tertingginya pada Selasa.

Meme Coin Sangat Fluktuatif

Memecoin sangat fluktuatif dan hanya didukung oleh hype dan tren.

Mereka tidak memiliki penggunaan praktis dan cukup sering merupakan penipuan bagi investor yang tidak menaruh curiga yang mencari hal besar berikutnya.

Salah satu memecoin terbaru, dan mungkin yang paling mengejutkan, datang dari koin Pepe, yang dengan cepat mencapai kapitalisasi pasar USD 1,6 miliar atau setara Rp 23,9 triliun sebelum anjlok. 

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Harga Bitcoin dan Ethereum Meningkat di Tengah Guncangan Ekonomi AS

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Kembali Parkir di Zona Merah

Sebelumnya dilaporkan, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Selasa (30/5/2023).

Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa, 30 Mei 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah 1,40 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 2,94 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 27.675 per koin atau setara Rp 414,2 juta juta (asumsi kurs Rp 14.969 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali melemah. ETH turun 0,60 persen sehari terakhir, tetapi masih menguat 3,99 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 28,32 juta per koin. 

berita bitcoin hari ini

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BNB terbang 0,86 persen. Namun masih menguat 0,44 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,65 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona merah. ADA ambles 1,09 persen selama 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 2,72 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.665 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga ikut kembali melemah. SOL merosot 1,65 persen dalam sehari, tetapi masih menguat 4,86 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 307.850 per koin.

XRP masih menguat sejak kemarin. XRP naik 2,29 persen dalam 24 jam dan 7,10 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 7.391 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) turut kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 0,71 persen, tetapi masih menguat 0,04 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.094 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,15 triliun atau setara Rp 17.210 triliun.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Cs Menghijau, Intip di Sini Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE