25.9 C
Jakarta
Kamis, 18 April, 2024

Berita Bitcoin Hari Ini: Harga Bitcoin Naik, Waspadai Modus Penipuan Baru Ini! 

JAKARTA, duniafintech.com – Harga aset kripto Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Ini menjadi berita Bitcoin hari ini yang membawa kabar baik tentunya. 

Namun di sisi lain, jenis penipuan untuk mengeruk keuntungan dari pelaku industri tersebut juga marak. Untuk itu, selalu waspada dan ekstra hati-hati. 

Pada perdagangan hari ini, pergerakan bitcoin menunjukan tren yang positif. Berikut ulasan berita Bitcoin hari ini. 

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Bergairah, Waspadai Modus Tipu-tipu

Berita Bitcoin hari ini, harga kripto bergairah, sementara modus penipuan baru terjadi. Disimak ya. 

1. Update Harga Kripto Rabu 20 Juli 2022: Bitcoin Cs Lanjutkan Penguatan

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau mengalami pergerakan yang seragam pada perdagangan Rabu (20/7/2022). Mayoritas kripto teratas masih melanjutkan penguatan harga. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (20/7/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) meroket 8,20 persen dalam 24 jam dan 20,38 persen sepekan. Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.463 per koin atau setara Rp 351 juta (asumsi kurs Rp 14.960 per dolar AS). 

Kemudian Ethereum (ETH) masih bertahan di zona hijau pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 6,13 persen dan 50,65 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.577 per koin. 

Berita Bitcoin Hari Ini

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih menguat hari ini. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 5,33 persen dan 22,07 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 271,98 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini masih menguat. Dalam satu hari terakhir ADA meroket 9,49 persen dan 22,66 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5236 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih pertahankan penguatan. Sepanjang satu hari terakhir SOL naik 13,36 persen dan 38,23 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 45,90 per koin.

Baca juga: NFT Termahal di Dunia Harganya Tinggi Banget, Ini Daftarnya

XRP juga masih bertahan di zona hijau. XRP menguat 4,75 persen dalam 24 jam terakhir dan 19,95 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3739 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,03 persen. Dengan begitu membuat keduanya berada di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,09 persen dalam 24 jam terakhir, yang membuat harganya bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir masih bertahan di angka USD 1 miliar.

2. Ada Modus Penipuan Bitcoin Pakai Nama Perusahaan Besar

Untuk mendapat korban dalam jumlah banyak, taktik yang dilakukan oleh penipu online salah satunya menggunakan merek perusahaan ternama.

Pakar dari Kaspersky menemukan aktivitas kejahatan siber baru, dimana pelaku menggunakan nama perusahaan teknologi Nvidia dalam aktivitas kriminalnya.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Ethereum Terus Menguat, Situasi Makro Ekonomi Diprediksi Bikin Kripto Anjlok

Para kriminal secara sengaja membuat situs palsu bertuliskan Perayaan Ulang Tahun ke-30 Nvidia, pengunjung dapat berpartisipasi dan berkesempatan mendapatkan hadiah total 50 ribu bitcoin.

Namun, para pelaku kejahatan siber tentunya mengerahkan upaya untuk mengecoh korban dengan menggunakan logo Nvidia yang salah dari yang seharusnya berwarna hijau menjadi ungu.

Halaman ini menampilkan tombol “Participate”, jika diklik akan membawa pengunjung ke laman berikutnya yang berisi informasi detail mengenai pembagian hadiah. Namun, terdapat banyak kesalahan ejaan, yang tidak biasa ditemukan pada perusahaan terkemuka seperti Nvidia.

Melansir Medcom, laman ini membujuk korban untuk mendonasikan sejumlah uang sebelum memenangkan hadiah. Dalam laman ini juga terpapar foto Jensen Huang, CEO di Nvidia.

Para partisipan yang berhasil akan diberi tahu bahwa mereka dapat menggandakan donasi atau bahkan memperoleh ‘jackpot’ sebesar 50 ribu bitcoin. Laman tersebut mencakup kredensial dompet kripto bagi pengguna untuk mengirimkan ‘donasi’ mereka.

Dompet scammers dapat diperiksa di situs blockchain.com, namun, total saldo akun adalah 0,42 BTC ( setara dengan USD8.495) – jauh lebih sedikit daripada 50 ribu bitcoin yang diiklankan. 

Tidak pasti apakah jumlah di sana telah dibentuk oleh sumbangan atau tidak, tetapi beberapa transaksi dari pengirim yang tidak dikenal dapat dilacak di riwayat akun.

“Penipuan crypto yang menggunakan foto selebriti, atau merek terkenal menjadi marak belakangan ini. Kami menyaksikan kampanye yang mengatasnamakan Elon Musk, Bill Gates, dan Pavel Durov.”

“Kali ini, penyerang melakukan hal yang lebih jauh, membuat situs palsu mengatasnamakan CEO Nvidia dan menghubungkan situs ke acara spesial perusahaan. Saran utama kami adalah untuk berhati-hati menelusuri tautan yang Anda ikuti di internet, dan hindari donasi dalam bentuk apapun dari sumber yang belum terpercaya,” komentar Olga Svistunova, pakar keamanan Kaspersky.

Untuk menghindari penipuan, simpanlah dana dan data pribadi secara hati-hati, Kaspersky menyarankan beberapa langkah sederhana:

  • Cek setiap tautan sebelum diklik. Lihat URL jika ada salah pengejaan atau kejanggalan lainnya.Kadang, situs palsu mirip seperti aslinya. Tergantung dari seberapa canggih kriminal ini membuatnya.
  • Hyperlink sering mempunyai kesalahan seperti salah pengejaan kata, namun tautan tersebut bisa juga terlihat asli dan membawa Anda ke laman yang berbeda, meniru situs aslinya.
  • Untuk melindungi data dan finansial, pastikan Anda selalu check out atau log out (keluar) dari akun pembayaran Anda. Anda akan tahu apakah URL situs dimulai dari HTTPS, yang biasanya HTTP. Ikon kunci juga sering muncul di samping URL dan bilah alamat, biasanya ditunjukan dengan warna hijau di beberapa browser. Jika Anda tidak melihat fitur ini, jangan lakukan aktivitas apapun.
  • Gunakan solusi keamanan terpercaya yang dapat membantu memeriksa keamanan URL yang Anda kunjungi, produk ini juga dapat membantu Anda mengakses situs apapun dalam mode perlindungan untuk menghindari pencurian data pribadi, termasuk finansial.

Itulah ulasan mengenai berita Bitcoin hari ini. Semoga bermanfaat. 

Baca jugaPemerintah Belum Atur Suku Bunga Pinjaman Fintech, OJK: Diserahkan Mekanisme Pasar

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE