28.3 C
Jakarta
Senin, 24 Juni, 2024

Berita Fintech Hari Ini: Generasi Muda Dominasi Pengguna Pinjol

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech hari ini terkait jumlah pengguna platform pinjaman online yang mengalami peningkatan. Pengguna yang mengalami peningkatan dipegang oleh generasi muda. 

Berdasarkan Compound Annual Growth Rate (CAGR), platform Kredivo dan KrediFass sebagai platform pinjaman online yang diminati oleh generasi muda. Untuk Kredivo telah mencatatkan kenaikan jumlah pengguna baru sebesar 65% secara year-on-year (yoy). 

Berita Fintech Hari Ini: KrediFazz Catat Jumlah Pengguna Baru

Sementara itu, KrediFazz sebagai fintech P2P lending juga mencatatkan peningkatan jumlah pengguna baru dengan persentase peningkatan mencapai 30% pada tahun 2022 secara year-on-year (yoy).

SVP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari mengatakan, semakin meningkatnya minat terhadap layanan keuangan digital perlu diimbangi dengan edukasi, terutama mengenai manfaat dan risiko penggunaan fintech agar tercipta ekosistem yang sehat di industri ini. 

“Guna mengimbangi peningkatan jumlah pengguna baru fintech, Kredivo bekerja sama dengan KrediFazz melakukan edukasi kepada mahasiswa mengenai pentingnya berperilaku bijak dalam menggunakan fintech dengan memahami manfaat dan risikonya,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Edukasi Semakin Penting

Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)Kuseryansyah mengatakan, saat ini edukasi kepada generasi muda mengenai penggunaan fintech menjadi semakin penting. Hal ini dikarenakan 60% pengguna fintech berasal dari kalangan generasi muda. 

Sementara itu, Direktur Utama KrediFazz Anita Wijanto, mengimbau para mahasiswa untuk dapat menerapkan prinsip responsible borrowingdan smart spending. Hal tersebut agar dapat mencegah pengguna terjerumus ke dalam tindakan konsumtif-impulsif yang berisiko gagal bayar. 

“Jika sudah mengalami gagal bayar di lembaga keuangan manapun termasuk fintech, tentunya akan mempengaruhi kelayakannya untuk mengambil kembali produk keuangan di masa depan,” terangnya.

Responsible borrowing merupakan prinsip dalam mengambil pinjaman dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan finansial pengguna secara hati-hati dan bijaksana. Sedangkan smart spending merupakan prinsip berbelanja atau menggunakan uang yang cerdas dan efektif, dengan mempertimbangkan skala prioritas kebutuhan dengan bijak. 

Sejalan dengan hal tersebut, KrediFazz mencatatkan pertumbuhan pengguna baru mencapai 30% yoy. Guna mengimbangi peningkatan jumlah pengguna baru fintech, Kredivo bekerja sama dengan KrediFazz juga dihadiri oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), melakukan edukasi kepada mahasiswa mengenai pentingnya berperilaku bijak dalam menggunakan fintech dengan memahami manfaat dan risikonya.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU