25.5 C
Jakarta
Rabu, 30 November, 2022

Berita Fintech Indonesia: Inilah Tantangan dalam Bisnis Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini mengulas tantangan yang dihadapi dalam bisnis financial technology (fintech).

Adapun tantangan ini terutama yang akan dihadapi oleh para pemain baru di bidang teknologi keuangan yang sedang naik daun ini, yakni saat membangun bisnis tersebut.

Berikut ini berita fintech terkini selengkapnya.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: AFPI, OJK, & Bank Mandiri Gelar “Fintech Lending Days”

Berita Fintech Indonesia: Tantangan dalam Industri Fintech

Senior Sales Manager AppsFlyer, Anthony Loekita, mengatakan tantangan dalam industri fintech di Indonesia selalu ada, yaitu dari kehadiran pemain baru. 

“Indonesia salah satu market yang sangat kompetitif. Kamu bisa melihat banyak pemain baru yang masuk. Mungkin satu quarter ada yang masuk pemain-pemain  baru,” katanya dalam diskusi Indonesia Fintech Marketing Predictions: Navigating Past Learnings to Grow Beyond, di GoWork Sopodel Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Kata Anthony lagi, untuk menghadapi tantangan dari pemain baru, para pemain bisnis fintech dapat fokus untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggannya. 

Di samping pemain baru, salah satu tantangan yang kerap dihadapi adalah membangun brand atau merek.

berita fintech indonesia

Berita Fintech Indonesia: Banyaknya Pemain Baru Jadi Tantangan

Sementara itu, disampaikan oleh Chairman Indonesia Digital Association (IDA), Dian Gemiano, banyaknya pemain baru menjadi tantangan bagi pemain fintech untuk membangun brand atau merek. 

Adapun merek yang dibangun ini akan membedakan mana konsumen loyal dan hanya transaksional. Gemi memandang, saat ini para pemain fintek tidak hanya tentang kesadaran konsumen, tetapi juga perang untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. 

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Rekomendasi 5 Pinjol Cepat Cair 2022

Kini, banyak berbagai merek yang memberikan promo, tetapi melupakan membangun merek. Merek sendiri berkaitan untuk jangka panjang.  

“Yang pasti yang ngebangun brand yang bertahan,” sebutnya. 

Penetrasi Internet

Lebih jauh, ia pun mengungkapkan tantangan lain dari segi penetrasi internet di Indonesia.  Dalam pengamatannya, keberadaan internet sudah berada di banyak wilayah di Indonesia, tetapi kualitasnya tidak merata. Hal itu mengakibatkan adanya permasalahan internet di sejumlah daerah. 

“Itu jadi tantangan perusahaan digital yang sangat bergantung pada koneksi internet,” tuturnya. 

Di samping itu, tantangan lainnya, yakni use case alias kegiatan interaksi antara pengguna dan aplikasi. Kata dia lagi, pemain fintech perlu menyederhanakan berbagai penawaran supaya tidak hanya berfokus pada masyarakat ibu kota. 

“Mungkin anak-anak muda Jakarta dikasih fitur-fitur bisa beli saham, invest di sana sini menarik, tapi mungkin buat orang lain di Ambon bukan itu kebutuhannya,” jelasnya. 

“Nah itu tantangannya adalah bagaimana personalisasi layanan yang sesuai dengan kultur daerah setempat.”

Akan tetapi, tantangan tidak berhenti sampai di situ. Pasalnya, membuat pelayanan kontekstual di area Indonesia yang luas bukanlah hal yang mudah. 

Sekian ulasan tentang berita fintech terbaru yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Fintech P2P Lending Perluas Cakupan Pinjaman ke Luar Jawa

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis. Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan...

Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Intip Kurs-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Senin (28/11). Adapun Rupiah melemah 0,39%...

Berita Kripto Hari Ini: FTX Lanjutkan Bayar Gaji Pegawainya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas pertukaran/bursa kripto yang bangkrut, yaitu FTX, dan perusahaan afiliasinya. Pada Senin, 28 November 2022, FTX yang sudah...

Modal Usaha UMKM jadi Fokus Amartha Kolaborasi dengan eFishery

JAKARTA, duniafintech.com -  PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, menjalin kolaborasi dengan eFishery. eFishery...

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com - Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi. Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau...
LANGUAGE