31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

Berita Fintech Indonesia: Cara Pinjam Modal Usaha dari Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini akan mengulas tentang cara yang bisa digunakan untuk meminjam modal usaha.

Seperti diketahui bersama, ada banyak di luar sana yang yang ingin memulai atau hendak mengembangkan usahanya, tetapi sering kali terkendala dengan oleh keterbatasan modal alias pendanaan yang minim.

Tentu saja, dengan modal yang cukup, kebutuhan untuk membuka usaha dapat dilakukan dengan perencanaan keuangan yang sehat. Akan tetapi, memang tidak semua orang bisa mendapatkan modal usaha atau memiliki akses yang cepat dan mudah terhadap pendanaan lantaran ketat dan rumitnya syarat dan ketentuan yang ada.

Baca juga: Produk Pinjaman Online Resmi, Mulai dari Modal Usaha Hingga Kredit Kendaraan

Nah, bagi para pebisnis pemula, sejatinya mereka bisa menggunakan beragam cara untuk mendapatkan modal usaha, salah satunya lewat pinjaman di fintech. Simak yuk ulasan selengkapnya di bawah ini, seperti dikutip dari Qoala dan sumber lainnya.

Pentingnya Modal Bisnis—Berita Fintech Indonesia

Berikut ini beberapa alasan di balik pentingnya modal untuk berbisnis.

1. Menyiapkan keperluan bisnis

Menyiapkan fasilitas berbisnis yang aman, nyaman, dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang menjadi salah satu pentingnya modal untuk berbisnis. Fasilitas itu tentunya bsia dipakai untuk menunjang bisnis dan meningkatkan nilai jualnya. Nah, saat kamu punya fasilitas yang memadai, bisnis kamu tentu saja bisa berjalan lancar.

2. Memberi fasilitas yang memadai—Berita Fintech Indonesia

Pentingnya modal usaha juga dirasakan saat kamu hendak menyiapkan fasilitas berbisnis yang aman, nyaman, dan dapat dipakai untuk jangka waktu yang panjang. Fasilitas itu tentunya dapat digunakan untuk menunjang bisnis dan meningkatkan nilai jualnya. Kalau kamu punya fasilitas yang mumpuni, bisnis kamu akan lebih lancar ke depannya.

3. Sebagai antisipasi dari hal-hal terduga

Menyiapkan modal bisnis yang cukup juga penting agar kamu nantinya bisa memenuhi segala kebutuhan.  Bahkan, bukan hanya kebutuhan, kamu pun harus mampu untuk mengantisipasi risiko yang sewaktu-waktu terjadi, termasuk sebelum bisnis dimulai. Mitu juga bisa loh kamu pakai untuk berjaga-jaga sekiranya ada hal-hal yang kurang dalam berbisnis.

berita fintech indonesia

Berita Fintech Indonesia: Modal Bisnis dari Fintech

Ada banyak pebisnis pemula yang masih kebingungan tentang cara mencari modal usaha, apalagi kalau ide bisnis yang hendak dirintis itu ternyata memerlukan modal awal yang besar. Nah, supaya bisnis kamu bisa berkembang dan sukses, salah satu cara mencari modal usaha yang bisa diterapkan adalah dengan cara meminjam modal usaha dari perusahaan fintech.

Saat ini, sudah ada banyak perusahaan online yang menyediakan jasa pinjaman online berbasis peer to peer lending (P2P Lending). Hal itu terjadi seiring dengan berkembangnya teknologi internet dan aplikasi telepon pintar.

Pinjaman peer to peer lending ini pada dasarnya adalah sebuah skema peminjaman uang kepada individu maupun bisnis dan juga berlaku sebaliknya. Di sini, orang-orang dapat mengajukan pinjaman untuk keperluan bisnis.

Oleh sebab itu, secara tidak langsung, perusahaan fintech akan menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam secara online melalui aplikasi. Di aplikasi fintech sendiri, setiap orang yang sudah membuat akun online dapat memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara.

Untuk memperoleh modal usaha melalui P2P lending, kamu pun hanya perlu mengunggah sejumlah dokumen pribadi yang dijadikan syarat untuk memohon pinjaman. Sekiranya pengajuan itu diterima, kamu selanjutnya bisa mengajukan pinjaman dengan jumlah yang ditentukan dan akan dipublikasikan kepada peminjam dana, dengan besaran bunga pinjaman yang telah disepakati.

Kalau pendana berkenan memberikan pinjaman maka secara cepat proses peminjaman modal usaha itu dapat segera diproses dan kamu pun bisa langsung mendapatkan pencairan. Peminjaman modal usaha dari perusahaan fintech ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

1. Suku bunga lebih rendah

Ketimbang meminjam di bank konvensional, suku bunga pinjaman fintech tergolong jauh lebih rendah. Di bank konvensional, bunga yang ditetapkan sekitar 12—20%, sementara pada pinjaman online P2P Lending, bunganya 0,75% saja loh per bulan!

Baca juga: Tips Memilih P2P Lending Syariah Buat Suntikan Dana Modal Usaha

2. Proses pencairan cepat

Jika kamu mengajukan pinjaman modal usaha dari perusahaan fintech maka pengajuannya tergolong cepat, yakni apabila pengajuan itu memang disetujui. Cukup lewat smartphone kamu, pengajuan dan pencairan sekarang ini sudah bisa dilakukan secara online. Bahkan, tanpa perlu pemberkasan berlebihan dan syarat yang ribet!

3. Jumlah pinjaman besar

Dibandingkan dengan pengajuan ke bank atau lembaga lainnya, pinjaman modal usaha dari perusahaan fintech juga terbilang lumayan besar. Adapun proses pengajuan modal usaha di sini dapat mencapai angka yang besar, yang bergantung pada kepercayaan dari para pendana untuk meminjamkan dananya kepada kamu.

Berita Fintech Indonesia: Cara Lainnya Mencari Modal Usaha untuk Bisnis

Berikut ini cara lainnya untuk mencari modal usaha selain lewat fintech.

1. Tabungan Pribadi

Menggunakan tabungan sendiri sebagai modal usaha berarti bahwa kamu harus bisa mulai dengan menyisihkan sebagian dari gaji setiap bulannya. Dengan cara ini, kamu juga bisa memulai bisnis tanpa perlu memikirkan utang di kala bisnis sudah mulai berjalan.

Akan tetapi, kekurangannya adalah bahwa kamu memang membutuhkan waktu yang lumayan lama jika memakai cara yang satu ini.

2. Jual Aset

Kalau kamu ingin cepat membangun bisnis maka kamu bisa menjual aset seperti barang-barang berharga, perhiasan, kendaraan pribadi, dan sebagainya yang nantinya akan dijadikan sebagai modal usaha.

3. Dari Konsumen—Berita Fintech Indonesia

Dari pembayaran yang dilakukan pembeli di awal, beberapa usaha biasanya akan memperoleh modal yang lumayan. Misalnya saja pada jenis bisnis di sektor jasa seperti katering atau sablon. Nah, uang dari pembayaran tadi lantas bisa digunakan untuk memproduksi pesanan.

4. Mencari Rekan Bisnis

Di samping itu, kamu pun bisa mencari rekan bisnis sebagai pilihan cara mencari modal usaha lainnya. Dengan demikian, modal untuk berbisnis yang kamu miliki dapat menjadi lebih besar.

5. Pinjam Orang Terdekat

Cara lainnya adalah dengan meminjam dana dari orang terdekat, misalnya orang tua, keluarga, atau sahabat. Kamu bisa menjelaskan kepada mereka tentang ide dan rencana bisnis yang akan kamu jalankan supaya mereka mau meminjamkan uang dengan jaminan kepercayaan.

6. Suntikan Dana dari Investor

Mencari investor juga bisa loh menjadi cara lainnya untuk mencari modal usaha. Tentu saja, dengan suntikan dana dari investor yang biasa cukup besar, ke depannya kamu bisa merintis bisnis dengan tenang.

7. Hibah dan Subsidi Pemerintah

Dari hibah dan subsidi pemerintah, kamu pun bisa mendapatkan modal usaha loh. Kamu bisa mengakses bantuan-bantuan modal usaha ini dengan referensi yang tepat. Meski begitu, kamu harus memenuhi persyaratannya kalau ingin memperoleh dana dari program tersebut.

Sekian berita fintech Indonesia hari ini tentang cara pinjam modal usaha dari fintech yang bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan untuk mendapatkan suntikan dana alias permodalan. Jangan sampai usaha kamu kekurangan modal ya!

Baca juga: 16 Solusi Pinjaman Modal Usaha untuk Merintis Bisnis

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Iklan

ARTIKEL TERBARU