28.9 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Berita Fintech Indonesia: Pinjam Yuk Tingkatkan Literasi terhadap Fasilitas Pendanaan dari Platform Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terkait Pinjam Yuk ikut serta mengambil bagian dalam event UMKM Summit yang diselenggarakan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). 

Kegiatan yang diselenggarakan di SMESCO Convention Hall ini bertujuan untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan penyedia platform peer to peer lending secara langsung dengan tujuan utama yaitu menyiapkan sektor ekonomi di era transformasi digital. 

Berikut ini berita fintech Indonesia hari ini selengkapnya, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (2/10/2023).

Berita Fintech Indonesia: Belum Lahirkan Ekonomi Baru

Menurut Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, perkembangan bisnis di Indonesia pada era transformasi seperti sekarang terlampau berfokus di hilir saja. 

Baca juga: Produk Fintech di Indonesia hingga Keunggulannya, Simak Yuk!

ISFF 2023 INDODAX

“Karena itu saat ini transformasi digital kita belum melahirkan ekonomi baru, hanya melahirkan pedagang baru yang menjadi pesaing pedagang lama,” katanya, saat membuka “AFPI UMKM Digital Summit 2023” seperti dikutip dari rilis Pinjam Yuk.

Di dalam acara “AFPI UMKM Digital Summit 2023”, para pelaku UMKM dapat mengikuti talkshow seputar perkembangan bisnis, bertemu secara langsung dengan penyedia platform peer to peer lending yang membuka booth di acara tersebut, dan mengikuti puncak acara “Get Fund Competition”. 

Pinjam Yuk sebagai salah satu platform peer to peer lending yang membuka booth juga melakukan edukasi kepada pelaku UMKM terkait dengan fasilitas layanan pendanaan dari Pinjam Yuk yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.

“Selain untuk berpartisipasi dalam program AFPI, kami juga bermaksud untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap fasilitas pendanaan dari platform Fintech, karena stigma masyarakat terhadap platform Fintech saat ini masih negatif. Fintech itu adalah fasilitas, asal bijak dalam menggunakannya,” kata Marketing manager Pinjam Yuk, Agustina Kadiani dalam keterangannya.

Perlu Bijak

Agustina menambahkan bahwa masyarakat perlu bijak dengan memilih lembaga yang legal dan sudah berizin OJK. “Pilih yang aman-aman saja. Pinjam Yuk sebagai Pinjaman online yang aman, cepat cair & resmi OJK, bisa jadi opsi pendanaan untuk kalian ” katanya.

Sementara itu, Teten menambahkan bahwa momentum ini harus dimanfaatkan setiap anak bangsa dengan baik dan bijak, agar tidak melulu tergantung dengan investasi dari pihak luar. 

Alih-alih bersikap anti terhadap investasi asing, Teten justru bermaksud agar pengembangan digital ekonomi bisa lebih menguntungkan bagi para pelaku UMKM nasional. “Saya hanya hanya ingin melindungi jangan sampai UMKM kita mati,” tukasnya.

Teten optimistis dengan berkembangnya financial technology dalam negeri yang berani memberikan pembiayaan produksi bagi para pelaku usaha, maka hal ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh UMKM di Indonesia demi meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Berita Fintech Indonesia: AFPI UMKM Digital Summit 2023 Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat agar Bijak Gunakan Layanan Fintech

Sektor ekonomi diharapkan siap secara digital di era teknologi. Salah satu hal yang harus diupayakan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan mempertemukan para pelaku UMKM dengan penyedia platform peer to peer lending.

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menghadirkan AFPI UMKM Digital Summit 2023 baru-baru ini. Pinjam Yuk ikut serta ambil bagian dengan berpartisipasi event, yang diselenggarakan di SMESCO Convention Hall tersebut. 

Dalam event ini, para pelaku UMKM dapat mengikuti talkshow seputar perkembangan bisnis, bertemu secara langsung dengan penyedia platform peer to peer lending yang membuka booth di acara tersebut, dan mengikuti puncak acara “Get Fund Competition”. 

Pinjam Yuk sebagai salah satu platform peer to peer lending yang membuka booth di acara tersebut, juga melakukan edukasi kepada pelaku UMKM terkait dengan fasilitas layanan pendanaan dari Pinjam Yuk, yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Wapres Sebut Fintech Syariah Dapat Mendorong Inklusi Keuangan Syariah

Berita Fintech Indonesia

“Selain untuk berpartisipasi dalam program AFPI, kami juga bermaksud untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap fasilitas pendanaan dari platform fintech (financial technology), karena stigma masyarakat terhadap platform fintech saat ini masih negatif. Fintech merupakan fasilitas, ssal bijak dalam menggunakannya,” kata Agustina Kadiani, Marketing Manager Pinjam Yuk dalam AFPI UMKM Digital Summit 2023.

Agustina menambahkan, masyarakat perlu bijak dengan memilih lembaga yang legal dan sudah berizin OJK.

“Pilih yang aman-aman saja. Pinjam Yuk sebagai Pinjaman online yang aman, cepat cair & resmi OJK, bisa jadi opsi pendanaan,” katanya.

Menurut Menkop dan UKM, Teten Masduki, perkembangan bisnis di Indonesia pada era transformasi saat ini terlampau fokus di hilir saja.

“Karena itu, transformasi digital kita belum melahirkan ekonomi baru, hanya melahirkan pedagang baru yang menjadi pesaing pedagang lama,” katanya, saat membuka acara tersebut.

Menurutnya, dengan berkembangnya financial technology dalam negeri yang berani memberikan pembiayaan produksi bagi para pelaku usaha, maka hal ini harus dimanfaatkan secara optimal oleh UMKM Indonesia demi meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Baca juga: Produk Fintech di Indonesia yang Semakin Berkembang Pesat

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE