30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Berita Fintech Indonesia: APGI: Asosiasi Industri Finansial Perlu Upaya Kolaborasi

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech hari ini terkait pembayaran digital dan teknologi finansial di Indonesia. Anda tentunya mengetahui payment gateway, pembayaran digital yang memudahkan anda proses pembayaran dengan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Sekretaris Jenderal dan Founder Asosiasi Payment Gateway Indonesia (APGI) Angel Putri mengatakan industri pembayaran saat ini menghadapi masalah dalam keamanan transaksi, standard akuisisi merchant serta regulasi di tiap-tiap sektor.

“APGI berharap bisa bekerjasama dengan para asosiasi lain untuk mencari solusi bersama demi kemajuan industri pembayaran di Indonesia,” kata Angel.

Baca juga: Produk Fintech di Indonesia yang Wajib Diketahui, Intip Yuk di Sini!

Angel mengungkapkan beberapa poin penting yang diemban oleh pihaknya untuk perlindungan data pribadi pelanggan, seperti menetapkan standar keamanan, memberikan pelatihan, mengembangkan pedoman privasi, membuat panduan kepatuhan, berpartisipasi dalam diskusi industri hingga membantu memastikan bahwa anggota mereka mematuhi ketentuan UU ITE dan UUPDP dan standar keamanan lainnya.

“Dalam rangka melindungi data pribadi konsumen, penggunaan payment gateway menjadi sangat penting. Payment gateway dapat memberikan perlindungan dan keamanan yang lebih baik bagi konsumen, serta membantu mencegah risiko penipuan dan pelanggaran keamanan data yang dapat merugikan konsumen maupun penjual,” kata Angel.

Definisi Payment Gateway

Payment gateway adalah sebuah sistem yang memungkinkan transaksi pembayaran online secara aman antara pembeli dan penjual. Payment gateway bertindak sebagai perantara antara pemegang kartu (pengguna) dan lembaga keuangan (seperti bank) serta penyedia layanan pembayaran online untuk memproses pembayaran secara elektronik.

Fungsi utama payment gateway adalah memfasilitasi transfer dana secara online dengan aman dan efisien. Prosesnya melibatkan beberapa langkah, seperti:

1. Pengumpulan Data

Payment gateway mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk pemrosesan pembayaran, seperti rincian kartu kredit/debit, alamat pengiriman, dan informasi lainnya yang diperlukan oleh penyedia pembayaran.

2. Enkripsi dan Keamanan

Informasi yang dikumpulkan oleh payment gateway dienkripsi untuk melindungi keamanan data pelanggan. Hal ini penting untuk mencegah akses oleh pihak yang tidak berwenang.

Baca juga: Payment Gateway Terbaik, Simak di Sini Yuk Daftarnya

3. Otorisasi Pembayaran

Payment gateway memverifikasi keabsahan transaksi dan memeriksa apakah ada cukup dana di akun pengguna atau kartu kredit/debit yang digunakan. Payment gateway juga dapat memverifikasi informasi kartu seperti tanggal kadaluwarsa atau kode CVV untuk memastikan keabsahan transaksi.

4. Prosesor Pembayaran

Setelah verifikasi berhasil, payment gateway menghubungi lembaga keuangan yang bersangkutan (misalnya, bank penerbit kartu) untuk memproses pembayaran. Payment gateway juga dapat menghubungkan dengan penyedia layanan pembayaran online seperti PayPal atau Stripe untuk memfasilitasi transaksi.

Baca juga: Payment Gateway Terbaik Tahun Ini yang Bisa Dipilih

5. Konfirmasi Transaksi

Setelah pembayaran berhasil diproses, payment gateway memberikan konfirmasi ke penjual dan pembeli mengenai status pembayaran.

Keuntungan menggunakan payment gateway

1. Keamanan

Payment gateway menggunakan teknologi enkripsi yang kuat untuk melindungi data keuangan pelanggan, sehingga meminimalkan risiko pencurian atau penyalahgunaan informasi.

2. Kemudahan dan Kecepatan

Proses pembayaran melalui payment gateway relatif cepat dan mudah, memungkinkan transaksi online yang nyaman baik untuk pelanggan maupun penjual.

3. Dukungan Berbagai Metode Pembayaran

Payment gateway sering kali mendukung berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, kartu debit, transfer bank, dan layanan pembayaran online lainnya. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna dan penjual untuk memilih opsi pembayaran yang sesuai dengan preferensi mereka.

Baca juga: Payment Gateway Terbaik saat Ini di Indonesia, Intip Daftarnya

4. Pengelolaan Transaksi

Payment gateway juga menyediakan alat dan fitur untuk memantau dan melacak transaksi, membuat laporan keuangan, dan mengelola pemrosesan pembayaran secara efisien.

Sekian berita fintech Indonesia yang perlu diketahui.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE