23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Biaya Nikah, Berapa Ya? Intip Yuk Rincian Budgetnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Rincian budget atau biaya nikah memang perlu diketahui oleh para pasangan yang bersiap untuk melangsungkan pernikahan.

Sebagaimana ramai diberitakan, kabar bahagia datang dari pasangan artis Deddy Corbuzier dan Sabrina Chairunnisa yang baru saja menikah pada Senin, 6 Juni 2022, kemarin.

Dalam pesta pernikahan yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, itu, Deddy Corbuzier memberikan mahar unik berupa emas dan uang dolar Singapura dengan nominal yang pas dengan tanggal pernikahannya.

Deddy Corbuzier diketahui menyerahkan seperangkat alat salat, emas 66 gram, dan uang sejumlah 2.022 dolar Singapura, yang kalau dikonversi maka nominalnya sekitar Rp21,2 juta.

Nah, buat kamu yang mau segera mengikuti jejak Deddy Corbuzier dan Sabrina Chairunnisa, simak yuk rincian budget nikah berikut ini beserta estimasinya.

Biaya Nikah

Rincian dan Estimasi Biaya Nikah

  1. Biaya Hantaran

Salah satu tradisi turun-temurun yang sering dilakukan saat prosesi acara pernikahan atau lamaran adalah hantaran alias seserahan. Biasanya, isi seserahan ini berupa perlengkapan salat/ibadah, perlengkapan wanita (pakaian pesta/kebaya, pakaian dalam, sepatu, tas, jam tangan, make-up, dan peralatan mandi), serta makanan dan buah-buahan. 

Nah, untuk estimasi biayanya memang bervariasi. Hal ini bergantung dari jumlah barang dan merek yang ingin diberikan kepada pasangan. Untuk jenis hantaran sederhana yang sudah lengkap, biayanya mulai dari Rp5 juta.

  1. Biaya Mahar/Mas Kawin

Aspek penting dalam sebuah pernikahan, salah satunya, adalah mahar atau mas kawin. Mahar sendiri adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada mempelai wanita. 

Secara umum, mahar bisa berupa seperangkat alat salat/ibadah, sejumlah uang tunai, atau juga perhiasan atau emas.

Baca jugaBangun Rumah Sendiri Kena Pajak, Begini Ketentuan dan Cara Menghitungnya

Estimasi biaya mahar atau mas kawin ini bisa mencapai Rp7,5 juta, misalnya, untuk mahar berupa logam mulia seberat 10 gram.

  1. Biaya KUA

Sejatinya, menikah di kantor urusan agama (KUA) itu gratis asalkan menikah pada hari dan jam kerja (Senin—Jumat). Namun, menikah di KUA dikenai biaya jika calon pengantin menikah bukan di kantor KUA atau di luar hari dan jam kerja KUA (hari libur atau weekend).

Biaya KUA sendiri estimasinya sebesar Rp600.000. Biaya itu belum termasuk biaya penghulu. Biasanya, calon pengantin memberikan sejumlah uang (seikhlasnya) sebagai bentuk ucapan terima kasih.    

  1. Biaya Cincin Kawin

Tidak gampang untuk menemukan cincin kawin yang sesuai dengan keinginan. Ada banyak calon pengantin dilanda kegalauan lantaran persoalan cincin nikah ini.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu dan pasangan berdiskusi soal itu sebab harga cincin kawin bergantung pada model, berat, bahan, dan brand.

Estimasi biayanya, sebagai gambaran, adalah harga cincin kawin sepasang dengan model simpel, bahan dari emas putih dan silver, dijual mulai dari Rp6 juta.  

  1. Biaya Wedding Organizer

Adapun jasa wedding organizer (WO) menjadi pilihan tepat bagi calon pengantin yang sibuk sehingga tidak dapat mengurus keperluan resepsi pernikahannya sendiri. WO akan menawarkan jasa mulai dari konsep, gedung, dekorasi, hingga catering.

Keuntungan menggunakan jasa WO adalah calon pengantin tak perlu stres sebab semua hal terkait persiapan pesta pernikahan diurus dengan baik oleh WO.

Estimasi biaya WO untuk wilayah Jabodetabek yang paling murah mulai dari sekitar Rp8 juta. Saat ini, juga ada banyak lho WO yang menawarkan paket bundling. Namun, pastikan bahwa kamu sudah mencari informasi selengkap-lengkapnya supaya tidak tertipu jasa WO bodong.

  1. Biaya Gedung

Generasi milenial biasanya tertarik untuk menggelar pesta pernikahan di sebuah gedung. Namun, mencari gedung pernikahan yang cocok berdasarkan lokasi, waktu, dan sesuai budget membutuhkan tersendiri.

Idealnya, calon pengantin wajib booking venue atau gedung nikah jauh-jauh hari sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sebelum hari-H pernikahan. Nah, estimasi biaya untuk sewa gedung kantoran di Jabodetabek sudah pasti tidak murah dan harganya bergantung dari lokasi, kapasitas gedung, dan waktu hajatan.

Baca jugaTips Mengajukan KPR Rumah Bekas

Misalnya, ada harga sewa gedung paling murah di aula masjid mulai dari Rp5 juta dengan daya tampung hingga 500 orang. Harga gedung kantoran biasanya dipatok mulai dari Rp30 juta, dengan kapasitas hingga 1.000 orang. 

  1. Biaya Catering & Dekorasi

Selain biaya nikah di atas, urusan catering dan dekorasi pernikahan pun menjadi hal penting yang penting untuk dipersiapkan oleh calon pengantin dengan baik. Biaya masakan catering nikahan sendiri tidaklah murah, apalagi catering sajian prasmanan dengan beragam pilihan menu lokal dan internasional yang lezat. 

Untuk estimasi biayanya, sebagai ilustrasi, budget catering paket murah mulai dari Rp50 ribu per orang x 500 undangan = Rp25 juta. Adapun budget dekorasi gedung mulai dari Rp10 juta. 

  1. Biaya Undangan & Souvenirs

Undangan nikah versi cetak juga masih cukup digemari di Indonesia. Saat ini, ada banyak vendor desain dan cetak undangan nikah online dengan beragam desain dan kreativitas.

Sama halnya dengan souvenir, kamu bisa mencari inspirasi sekaligus vendor souvenir secara online. Pastikan juga untuk membaca review jasa mereka atau mencari rekomendasi dari teman/kerabat agar puas dengan hasilnya.

Nah, estimasi biaya cetak undangan ini sekitar Rp5.000 x 500 undangan = Rp2,5 juta. Kalau mau berhemat maka sebagian cetak undangan bisa diganti dengan versi digital.

Kemudian, untuk biaya souvenir, misalnya dompet serbaguna, perhitungan harga per dompet bisa sekitar Rp8.000 x 500 orang = Rp4 juta.   

  1. Biaya Rias & Baju Pengantin

Hal penting yang tidak boleh dianggap enteng dalam pernikahan adalah rias dan baju pengantin. Nah, supaya pada hari-H pernikahan tampak elegan, usahakan sejak jauh hari sudah mulai cari informasi jasa tata rias dan sewa baju pengantin yang cocok dan sesuai anggaran.

Estimasi biaya untuk jasa paket rias dan sewa baju pengantin bisa mulai dari Rp8 juta. Kalau ingin membuat baju pengantin sendiri dan menggunakan jasa MUA (make-up artist) profesional maka biaya di pos anggaran ini akan jauh lebih tinggi. 

  1. Biaya Dokumentasi

Sebagai informasi, jasa dokumentasi pernikahan mencakup foto dan video. Terdapat banyak paket yang dapat dipilih, mulai dari paket lengkap prewedding hingga pernikahan.

Untuk estimasi biayanya, pada paket standar untuk dokumentasi pernikahan bisa mulai dari Rp8 juta. Harga itu bisa lebih kalau memang menggunakan jasa foto dan video dengan konsep unik hingga lokasi yang beragam.

  1. Biaya Tambahan Lainnya

Biaya tambahan yang perlu dipersiapkan juga adalah biaya seragam keluarga dan bridesmaid/groomsmen, hiburan musik, kue pengantin, dan sewa mobil pengantin.

Estimasi biayanya, misalkan, biaya beli seragam bisa mulai dari Rp200.000 per baju/kain, biaya hiburan musik bisa mulai dari Rp3 juta, kue pengantin mulai dari Rp3 juta, sewa mobil mulai dari Rp 1 juta.

Demikianlah ulasan mengenai perkiraan budget alias biaya nikah yang perlu dipersiapkan, khususnya bagi generasi milenial. Ingat ya, tetap diskusikan dengan pasangan soal konsep hingga biaya pernikahan ideal versi kalian berdua.

Baca jugaGaji UMR Bisa Beli Rumah? Begini Caranya..

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU