34.6 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Bisakah ATM Dilacak? Jawabannya Tergantung dan Simak 4 Tips ini 

JAKARTA, duniafintech.com – Bisakah ATM dilacak? Kartu ATM merupakan alat penting untuk mengakses uang tunai dan melakukan transaksi keuangan. Namun, bagaimana jika kartu ATM Anda hilang atau dicuri? Bisakah dilacak?

Jawabannya tergantung. Saat ini, belum semua kartu ATM dilengkapi dengan fitur pelacakan.

Berikut penjelasannya:

  1. Kartu ATM dengan Chip:

Kartu ATM dengan chip umumnya memiliki fitur pelacakan. Chip ini menyimpan informasi kartu dan transaksi, sehingga memungkinkan bank untuk melacak aktivitas kartu dan lokasi terakhir penggunaannya.

  1. Kartu ATM tanpa Chip:

Kartu ATM tanpa chip tidak memiliki fitur pelacakan. Bank hanya dapat melacak transaksi berdasarkan nomor kartu dan PIN.

Bisakah ATM Dilacak? ini Tips Melacak Kartu ATM yang Hilang

  • Segera hubungi bank: Segera hubungi bank Anda setelah menyadari kartu ATM hilang atau dicuri. Bank akan memblokir kartu dan mencegah transaksi penipuan.
  • Laporkan ke pihak berwajib: Laporkan kehilangan kartu ATM ke kantor polisi terdekat. Hal ini penting untuk mendapatkan bukti formal kehilangan dan membantu proses investigasi.
  • Pantau aktivitas rekening: Periksa mutasi rekening Anda secara berkala untuk memastikan tidak ada transaksi mencurigakan.
  • Gunakan mobile banking: Gunakan aplikasi mobile banking untuk melakukan transaksi keuangan sebagai alternatif sementara.

Kesimpulan

Kartu ATM dengan chip umumnya dapat dilacak, sedangkan kartu ATM tanpa chip tidak. Oleh karena itu, penting untuk memilih kartu ATM dengan chip untuk keamanan yang lebih baik.

Tips tambahan

  • Aktifkan notifikasi transaksi: Aktifkan notifikasi transaksi di aplikasi mobile banking untuk menerima pemberitahuan setiap kali ada transaksi pada kartu ATM Anda.
  • Gunakan PIN yang kuat: Gunakan PIN yang sulit ditebak dan jangan pernah membagikannya kepada siapapun.
  • Hati-hati saat menggunakan ATM: Berhati-hatilah saat menggunakan ATM di tempat umum dan pastikan tidak ada orang lain yang mengintip saat Anda memasukkan PIN.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan kartu ATM dan meminimalisir risiko penipuan.

Baca jugaModus Penipuan Kartu Kredit, ini Tips dan Langkah Pencegahan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU