32.8 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Bisnis Apa Saja Yang Kini Banyak Diminati Kaum Urban?

duniafintech.com – Gaya hidup kaum urban saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan teknologi. Perubahan yang terjadi pun dirasakan mulai dari pendidikan, hobi, komunitas, kesehatan, pekerjaan hingga pilihan dalam memulai bisnis.

Baca juga : Bitcoin VS Altcoin Naik Harga, Anda Pilih Trading yang Mana?

Kata urban sendiri sebagai kata benda berarti orang yang pindah dari desa ke kota dan sebagai kata sifat berkenaan dengan kota atau bersifat kekotaan. Secara kasat mata mereka disebut kaum urban karena mereka secara geografis tinggal di kawasan perkotaan (urban).

Untuk peluang bisnis dan usaha kaum urban masa kini, tentunya tidak pernah terlepas dari perkembangan ekonomi yang tumbuh begitu pesat dengan tingkat persaingan yang semakin ketat pula.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tahunnya sudah pasti akan selalu hadir pendatang baru didalam dunia bisnis dan usaha, dengan beragam kreativitas yang mereka ciptakan guna memenangkan persaingan.

Berikut adalah beberapa jenis usaha yang banyak diminati kaum urban, yang mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan pilihan sebelum memulai berbisnis.

Event Organizer (EO)

Event Organizer dalam  bidang usaha lebih mengarah pada profesi, yaitu suatu lembaga baik formal maupun non formal, yang di percaya untuk melakukan kegiatan. Misal; peluncuran suatu produk baru, pesta, seminar, pagelaran musik, dan lain sebagainya, di sesuaikan dengan permintaan pengguna jasa atau inisiatif Event Organizer sendiri.

Kebutuhan akan jasa event organizer dewasa ini meningkat sedemikian pesat, terbukti dengan banyak bermunculannya jasa event organizer dan terbukti pula hampir semua acara terutama di perkotaan dengan kepadatan aktivitasnya membutuhkan jasa ini.

Urban farming

Kehidupan di perkotaan memang tidak akan jauh dari kemacetan dan polusi udara, sehingga membuat masyarakat rentan terhadap stress. Dalam keadaan semacam itu, masyarakat pun pasti ingin melakukan kegiatan yang membuat pikiran mereka tenang dan menyenangkan. Kini salah satu solusi dalam menangani hal tersebut adalah dengan melakukan pertanian kota atau biasa disebut urban farming.

Urban farming atau berkebun di tengah perkotaan kian diminati kaum urban. Menanam pohon dengan memanfaatkan lahan pekarangan sempit seperti di rumah atau perkantoran tak hanya menjadi tren gaya hidup tapi juga peluang bisnis.

Baca juga : Belum Puas dengan QR, Fintech Indonesia Siap Mengadopsi RFID!

Fotografi

Bisnis fotografi mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan berkembangnya dunia digital. Jika Anda mempunyai hobi mengoleksi foto-foto dari hasil jepretan kamera, hobi tersebut dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. Karena banyak institusi sampai dengan event atau acara-acara tertentu yang membutuhkan jasa fotografi, baik itu untuk kebutuhan dokumentasi, maupun promosi.

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan visualisasi produk sangatlah dibutuhkan oleh konsumen. Tidak jarang juga para pebisnis memanfaatkan media sosial untuk menjual produknya dengan gambaran hasil foto terbaik.

Mendirikan Cafe

Masyarakat Indonesia merupakan tipe masyarakat yang tingkat konsumtifnya paling tinggi. Tak heran jika berbisnis di bidang kuliner saat ini kian marak digeluti oleh para pengusaha. Seperti misalnya pengusaha yang mendirikan cafe. Selain faktor selera masyarakat dan tingkat konsumtif yang tinggi, usaha cafe terutama di kota-kota besar sangatlah meyakinkan

Pasalnya cafe merupakan tempat makan yang asik menikmati waktu bersantai dan berbincang-bincang bersama teman, cafe juga tempat paling nyaman untuk menghindari hiruk pikuk kota dan kejenuhan para pekerja kantoran bahkan pekerja kantoran sering menjadikan cafe sebagai tempat untuk meeting dengan rekan kerja bisnisnya. Ini merupakan peluang besar untuk mendapatkan keuntungan seorang pengusaha.

Baca juga : Industri Fintech Kian Ramai, 7 Perusahaan Fintech Baru Dapat Izin di…

— Dinda Luvita —

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat OCBC NISP 2022: ATM & Mobile Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat OCBC NISP sejatinya hampir mirip kok dengan cara isi saldo OVO lewat sejumlah bank lainnya. Saat ini,...

Cara Menghubungkan Akulaku ke Bukalapak, Banyak Manfaatnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghubungkan Akulaku ke Bukalapak berikut ini perlu diketahui karena akan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Nah, sebagai pelanggan Akulaku, barangkali kamu...

Fantastis! Hingga Juni 2022, Sudah 9,5 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Hingga Juni 2022, sudah 9,5 juta UMKM masuk ekosistem digital. Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan sebanyak 19,5 juta pelaku...

Jangan Salah Kira, Inilah Perbedaan Bitcoin dan Stablecoin

JAKARTA, duniafintech.com - Perbedaan Bitcoin dan Stablecoin sangat mencolok. Data dari Coinmarketcap menunjukkan ada sekitar 20 ribu kripto yang tercatat.  Dari sekian banyak kripto di...

Lindung Konsumen, AFPI Percepat Sertifikasi Tenaga Penagihan

JAKARTA, duniafintech.com – Untuk meningkatkan perlindungan konsumen, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) percepat program pelatihan dan sertifikasi bagi para tenaga penagihan sehingga di...
LANGUAGE