29.8 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Bitcoin Fear & Greed Index, Investor dan Trader Wajib Tahu Kegunaannya

Bitcoin Fear & Greed Index adalah alat yang membantu investor dan pedagang menganalisis pasar Bitcoin dan Kripto dari sudut pandang sentimen. Ini mengidentifikasi sejauh mana pasar menjadi terlalu takut atau terlalu rakus. Oleh karena itu, disebut Bitcoin Fear & Greed Index.

Idenya adalah bahwa ketika pasar secara umum terlalu takut, itu mungkin menunjukkan bahwa Bitcoin murah/terlalu rendah pada saat itu dan bisa menjadi peluang beli yang baik.

Kebalikannya juga berlaku, jadi ketika Bitcoin Fear & Greed Index mengisyaratkan partisipan pasar sangat rakus, itu mungkin menunjukkan harga Bitcoin terlalu tinggi di atas nilai intrinsiknya dan bisa menjadi waktu yang baik untuk menjual.

Baca juga: Bitcoin Diprediksi Tembus Rp 1,5 Miliar Sebulan Mendekati Halving

Bitcoin Fear & Greed Index

 

Mengapa Bitcoin Fear & Greed Index Berguna bagi Investor dan Trader?

Memahami skor dari Indeks dapat memberikan kesempatan bagi investor yang cermat untuk membeli ketika pasar terlalu takut dan menjual ketika pasar sangat rakus. Dengan demikian, potensial untuk meningkatkan keputusan investasi mereka.

Indikator ini akan menunjukkan angka merah dan menyatakan “ketakutan ekstrem” ketika sentimen pasar sangat negatif. Ini akan menunjukkan angka hijau dan ‘keserakahan ekstrem’ ketika sentimen dan momentum pasar sangat positif.

Bitcoin Fear & Greed Index karena itu dapat bertindak sebagai alat manajemen emosi yang berguna. Memungkinkan investor untuk memisahkan emosi mereka sendiri dari pasar lainnya dan menghindari reaksi yang irasional terhadap pergerakan harga yang tiba-tiba dan volatilitas pasar. 

Hal ini terutama berlaku ketika digunakan bersamaan dengan alat lain yang menggunakan input data yang berbeda dari pasar, banyak di antaranya dapat ditemukan di sini.

Bagaimana Cara Menggunakan Bitcoin Fear & Greed Index untuk Memahami Sentimen Pasar

Bitcoin Fear & Greed Index menggunakan skala sederhana 0 hingga 100 dan diwarnai untuk memudahkan penggunaan.

Ketika skornya merah dan mendekati nol, ini menandakan ketakutan ekstrem dan dapat mengindikasikan bahwa banyak investor Bitcoin ($BTC) dan kripto terlalu khawatir tentang penurunan harga lebih lanjut. Pada saat seperti itu, ketakutan kripto tinggi dan investor mungkin tidak berpikir secara rasional.

Ketika skornya hijau dan mendekati 100, ini menandakan keserakahan ekstrem dan dapat mengindikasikan bahwa banyak investor Bitcoin ($BTC) dan kripto terlalu bersemangat tentang harga yang naik lebih jauh di masa depan.

Secara khusus, Bitcoin Fear & Greed Index dapat dibagi menjadi empat kategori sentimen pasar:

  • Lingkaran 0—24: Ketakutan ekstrem (merah)
  • Lingkaran 25—46: Ketakutan (amber)
  • Lingkaran 46—49: Netral (kuning)
  • Lingkaran 50—74: Keserakahan (hijau muda)
  • Lingkaran 75—100: Keserakahan ekstrem (hijau)

Baca juga: Bitcoin Diprediksi Sideway, Simak Strategi Trading-nya di Sini

Bitcoin Fear & Greed Index

Cara Menafsirkan Grafik Bitcoin Fear & Greed Index

Di atas, kami tidak hanya menunjukkan skor indeks Bitcoin tetapi juga menampilkannya di atas harga Bitcoin pada grafik. Manfaat dari ini adalah memungkinkan Anda untuk melihat tidak hanya skor saat ini tetapi juga melihat bagaimana skor telah berubah seiring waktu dengan harga.

Ini menambah dimensi baru dan unik pada Bitcoin Fear & Greed Index yang memungkinkan investor memahami bagaimana Indeks berinteraksi dengan harga secara historis.

Fitur ini hanya dapat ditemukan di halaman ini dan tidak ada di situs web lain yang kami ketahui yang memiliki informasi tentang Bitcoin Fear & Greed Index.

Fitur ini sangat berguna bagi investor karena memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana sentimen berubah seiring waktu dengan harga. Hal ini dapat berguna bagi investor untuk membantu mengelola emosi mereka sendiri di pasar ketika harga Bitcoin sedang naik atau turun banyak.

Sumber Data untuk Menghasilkan Grafik Bitcoin Fear & Greed Index

Data untuk Bitcoin Fear & Greed Index dihasilkan setiap hari dari beberapa sumber yang berbeda. Setiap sumber memiliki relevansinya sendiri dan berkontribusi pada definisi keserakahan dan ketakutan dalam indeks keserakahan dan ketakutan.

Mereka termasuk:

  • Volatilitas saat ini dari aksi harga $BTC, relatif terhadap 30 hari terakhir dan 90 hari terakhir. Kenaikan volatilitas yang luar biasa kadang-kadang bisa menjadi tanda pasar yang terlalu takut.
  • Momentum dan Volume, relatif terhadap 30 hari terakhir dan 90 hari terakhir. Volume pembelian yang sangat tinggi secara relatif bisa menunjukkan bahwa pasar menjadi terlalu rakus.
  • Analisis sentimen media sosial yang melihat tipe sentimen dan volume pada waktu tertentu relatif terhadap norma historis.
  • Dominasi Bitcoin relatif terhadap kripto-kripto lainnya.
  • Google Trends untuk sejumlah istilah pencarian Bitcoin yang relevan untuk mengidentifikasi periode pertumbuhan atau penurunan yang kuat dalam Pencarian Google.

Bitcoin Fear & Greed Index

Penutup

Demikianlah ulasan terkait Bitcoin fear & greed index yang penting untuk diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Bitcoin Sideway setelah Lebaran, Ini Faktor Pendorongnya

Iklan

ARTIKEL TERBARU