27.3 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Blackrock Prediksi Membanjiri ETF Bitcoin, Gelombang Institusional Terjadi

JAKARTA, 21 Mei 2024 – Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Bloomberg, Larry Fink, CEO BlackRock, raksasa manajemen aset terbesar di dunia dengan aset kelolaan mencapai triliunan dolar, telah mengungkapkan pandangan optimisnya terhadap masa depan Bitcoin dan aset digital secara keseluruhan. Fink meramalkan gelombang pasang investasi institusional yang akan membanjiri Exchange-Traded Funds (ETF) Bitcoin setelah persetujuan dari Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat.

Fink menyatakan, “SEC telah menerima beberapa pengajuan ETF Bitcoin Spot, dan saya yakin persetujuan mereka hanyalah masalah waktu. Ini akan menjadi momen penting bagi pasar aset digital, membuka pintu bagi miliaran, bahkan triliunan dolar, dari dana pensiun, endowment, yayasan, perusahaan asuransi, dan berbagai institusi keuangan lainnya untuk memasuki pasar Bitcoin dengan cara yang lebih mudah diakses dan diatur.”

Blackrock Prediksi Membanjiri ETF Bitcoin, Gelombang Institusional Terjadi

Prediksi ini bukan tanpa dasar. Minat terhadap Bitcoin dan aset digital lainnya telah meningkat pesat di kalangan investor institusional dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan-perusahaan besar seperti MicroStrategy, Tesla, dan Square telah menambahkan Bitcoin ke neraca keuangan mereka sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan diversifikasi portofolio. Bank-bank investasi besar seperti Goldman Sachs dan Morgan Stanley juga telah meluncurkan produk dan layanan terkait Bitcoin untuk memenuhi permintaan klien mereka.

Selain itu, meningkatnya kesadaran akan potensi Bitcoin sebagai “emas digital” dan aset safe-haven juga mendorong minat institusional. Ketidakpastian ekonomi global, kebijakan moneter yang longgar, dan kekhawatiran terhadap inflasi telah membuat Bitcoin semakin menarik sebagai alternatif investasi.

ETF Bitcoin Spot akan memberikan solusi bagi investor institusional yang ingin mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin tanpa harus menghadapi kerumitan penyimpanan dan keamanan aset digital secara langsung. ETF ini akan diperdagangkan di bursa efek tradisional, memberikan likuiditas dan transparansi yang lebih besar bagi investor.

Fink menambahkan, “ETF Bitcoin akan mendemokratisasi akses ke Bitcoin, memungkinkan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam revolusi aset digital ini. Ini akan mendorong inovasi, meningkatkan likuiditas pasar, dan pada akhirnya memperkuat posisi Bitcoin sebagai aset kelas dunia.”

Prediksi Fink tentang gelombang pasang investasi institusional ini memiliki implikasi yang luas bagi pasar kripto secara keseluruhan. Dengan meningkatnya permintaan dari institusi, harga Bitcoin diperkirakan akan terus meningkat, menciptakan efek domino positif bagi altcoin dan proyek blockchain lainnya. Adopsi Bitcoin yang lebih luas juga akan mendorong pengembangan infrastruktur dan regulasi yang lebih matang, menciptakan ekosistem yang lebih stabil dan berkelanjutan bagi aset digital.

BlackRock adalah perusahaan manajemen investasi global terkemuka yang menyediakan berbagai solusi investasi, termasuk ekuitas, pendapatan tetap, kas, alternatif, dan penasehat multi-aset, kepada investor institusional dan ritel di seluruh dunia. BlackRock memiliki komitmen kuat terhadap inovasi dan keberlanjutan, dan terus mengembangkan produk dan layanan baru untuk memenuhi kebutuhan klien yang terus berkembang.

Iklan

ARTIKEL TERBARU