28.3 C
Jakarta
Jumat, 19 Juli, 2024

WOW, BLOCKCHAIN DIGUNAKAN UNTUK MENGIRIMKAN INI

duniafintech.com –  Pada tanggal 2 April lalu telah diumumkan bahwa Blockchain digunakan untuk mengirimkan bensin dari negara Cina ke Singapura.

Blockchain digunakan untuk mengirimkan bensin merupakan hal yang pertama dan dilakukan sebagai percobaan oleh Sinochem Energy Technology Co. Ltd, anak perusahaan dari perusahaan petrokimia terbesar di China, Sinochem Corporation.

Sinochem Energy Technology melakukan pengiriman dari Quanzhou, China ke Singapura, mengklaim bahwa itu adalah pertama kalinya aplikasi Blockchain telah diterapkan ke semua peserta utama dalam proses perdagangan komoditas.

Baca juga: APA IMBAS BLOCKCHAIN TERHADAP 5 INDUSTRI INI?

Sinochem Group Telah Lama Bereksperimen dengan Teknologi Blockchain

Pada bulan Desember tahun lalu, Sinochem Group melakukan transaksi impor Blockchain minyak mentah pertamanya. Dan ini adalah transaksi simulasi impor minyak mentah pertama China menggunakan teknologi Blockchain.

Menurut siaran pers perusahaan, uji coba adalah langkah praktis untuk teknologi Blockchain yang akan diterapkan dalam industri energi dan petrokimia China.

Sinochem Group juga menyatakan bahwa analisis data dari efek simulasi transaksi menunjukkan bahwa bill of lading dan kontrak pintar digital dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi pelaksanaan transaksi minyak mentah dan mengoptimalkan 20% hingga 30% dari biaya pembiayaan.

Perusahaan juga percaya bahwa Blockchain akan membantu meningkatkan transparansi bisnis transaksi di industri petrokimia China dan meningkatkan tingkat manajemen risiko industri secara keseluruhan.

Baca juga: ARTAJASA BATAL IPO, PERUSAHAAN FINTECH INI JUSTRU SIAP MELANTAI

Teknologi Blockchain adalah catatan terdistribusi dari transaksi yang dikelola oleh jaringan komputer di internet. Teknologi ini dilihat sebagai cara untuk menyederhanakan transaksi yang rumit dan panjang dalam perdagangan energi dan mengurangi biaya dengan  membuat digitalisasi dokumen-dokumen kunci.

Sementara Blockchain pertama kali muncul sebagai teknologi dan sistem yang mendukung sektor cryptocurrency, logistik dan pengiriman juga merupakan salah satu kasus penggunaan potensial untuk aplikasi Blockchain guna mengoptimalkan operasi dan proses.

Written by: Dita Safitri

3 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU