33.4 C
Jakarta
Jumat, 1 Juli, 2022

5 Perusahaan Startup Blockchain di Indonesia, Ini Perintisnya

Blockchain info saat ini masih teramat sulit untuk ditemui di Indonesia, terutama bagi para penggiat mata uang digital atau cryptocurrency. Penyebabnya adalah jumlah peminatnya masih terbatas sehingga informasi soal ini juga terbatas. Padahal sistem mata uang digital atau cryptocurrency ini sebaiknya dipelajari karena kripto adalah satu aset investasi yang menjanjikan.

Blockchain identik dengan mata uang digital, yaitu Bitcoin yang sedang populer beberapa tahun terakhir. Blockchain tidak selalu tentang bitcoin tapi juga mata uang digital lainnya. Sebab itu, masih banyak masyarakat Indonesia sekarang ini salah persepsi tentang info blockchain sehingga belum memahami benar konsepnya.

Sistem blockchain adalah inovasi keuangan terkini, karena tidak menggunakan pihak ketiga yang dapat memangkas biaya transaksi. Catatan transaksinya tersebar secara terbuka di komputer yang terkait dengan jaringan cryptocurrency. Karena itulah blockchain dianggap bisa mengubah pola transaksi di masa mendatang dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Blockchain Info melalui 5 Startup Blockchain Indonesia

Layanan blockchain kini semakin berkembang di seluruh dunia dan perkembangannya juga merambah hingga ke Indonesia. Peminat cryptocurrency di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak peminatnya dan jumlahnya semakin meningkat. Selain itu, mata uang digital bitcoin merupakan salah satu produk blockchain yang sangat populer dan saat ini sudah legal di Indonesia. 

Meskipun legalitasnya terbatas, yaitu sebagai komoditas di pasar keuangan saja dan bukan sebagai alat pembayaran. Karena itu, bitcoin ketika ingin dijadikan alat pembayaran harus dikonversikan menjadi mata uang rupiah terlebih dahulu untuk bisa dijadikan alat pembayaran. 

Tren positif ini didukung dengan berdirinya sejumlah startup berbasis Blockchain di Indonesia. Paling tidak sekarang ini terdapat sejumlah startup berbasis blockchain ternama di Indonesia, perusahaan berbasis teknologi yang menawarkan sistem blockchain sebagai layanannya.

Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Indodax

Indodax merupakan perusahaan Blockchain tertua alias yang pertama merintis di Indonesia, yakni berdiri pada tahun 2013. Indodax menyediakan layanan berupa marketplace, tempat transaksi digital aset diperjualbelikan. Sejumlah mata uang digital yang diperdagangkan meliputi Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Dash.

Jika kamu tertarik melakukan investasi kripto, kamu bisa langsung melakukan registrasi untuk memulai aset kripto pertamamu. Kamu bisa kunjungi https://indodax.com/register/ karena di sini, investasi mata uang digital bisa dimulai dari Rp10 ribu saja.

2. Corechain

Corechain merupakan salah satu startup lokal yang memberikan layanan untuk masalah sistem Blockchain mulai dari operasional, pengembangan, dan keamanan. Perusahaan ini adalah penyedia layanan sebagai operator sistem blockchain bagi perusahaan yang ingin mengadopsi cara ini tanpa repot melakukan pengadaan SDM. 

Keunggulannya adalah sistem open platform sekaligus private sehingga akan menjamin keamanannya. Paling tidak perusahaan ini khususnya sudah menjadi mitra dari PT Antam Indonesia dan PT Pos Indonesia untuk mengembangkan layanan remitansi digital.

3. Block Tech

Block tech adalah perusahaan penyedia layanan pengembangan dan consulting untuk sistem berbasis blockchain. Skala perusahaan dari Block Tech juga sangat luas, karena meliputi di berbagai negara bagian Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Block tech dikenal karena progresnya dalam menciptakan lingkungan blockchain di berbagai bidang di kawasan Asia Tenggara. 

Selain itu, block tech juga dikenal sebagai penyediaan coworking space bernama Blockchain space bermitra dengan Union space. Ruang kerja tersebut dimaksudkan sebagai wadah bagi pihak yang ingin mendapatkan Blockchain Info lebih banyak dan ikut berpartisipasi mengembangkannya.

4. Blockchain Zoo

Blockchain zoo merupakan salah satu perusahaan yang berbasis di Bali dengan menawarkan jasa dan workshop bagi perusahaan yang ingin menerapkan Blockchain dalam bisnisnya. Hal tersebut juga termasuk training menyeluruh dan untuk pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing klien.

Berbagai hal yang akan diajarkan mulai dari anti fraud, compliance, business progress, supply chain, termasuk melacak transaksi di dark web. Blockchain zoo mengembangkan bisnisnya di seluruh wilayah Asia Tenggara dan saat ini paling tidak sudah melayani 30 klien atau lebih dalam berbagai skala sejak didirikan pada tahun 2017 lalu.

  1. Toko Crypto

Toko crypto telah berdiri sejak 2017 lalu dan menjadi salah satu platform exchange yang lahir dari sekumpulan pegiat kripto dengan tingkat percaya diri tinggi untuk membantu mengaplikasikan teknologi Blockchain, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat umum di Indonesia. 

Toko crypto terus-menerus mempromosikan aset kripto ke kota-kota lainnya di seluruh Indonesia secara agresif, perusahaan ini juga responsif dengan menyediakan marketplace mata uang digital yang terus bermunculan.

Kesimpulan

Perusahaan-perusahaan tersebut diatas merupakan perusahaan berbasis Blockchain yang sudah memiliki nama di Indonesia. Layanan yang diberikannya tentu menjadi angin segar bagi pelaku transaksi mata uang digital atau cryptocurrency di Indonesia, dengan harapan bukan hanya sebagai perusahaan rajin memberikan info blockchain saja, melainkan sanggup untuk meningkatkan perkembangannya di level lebih baik.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Fintech Berizin OJK Jadi 102, Ini Rinciannya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar fintech berizin kembali dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 April 2022 lalu. Dalam catatan OJK, total jumlah penyelenggara fintech...

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya gampang sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya populer sebagai...

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Harga Bitcoin Saat Ini Masih Wajar

JAKARTA, duniafintech.com - Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal....

Nomor 6 Terbanyak di Twitter, Elon Musk Punya 100 Juta Followers

JAKARTA, duniafintech.com - Orang terkaya di bumi, Elon Musk kini memiliki 100,2 juta followers di Twitter, platform media sosial yang juga dimilikinya tersebut.  Menurut data...

Mengenal Helium Jaringan Nirkabel Berbasis Blockchain, Pemilik Token Kripto HNT Coin

JAKARTA, duniafintech.com - Helium (HNT) adalah jaringan bertenaga blockchain terdesentralisasi untuk berbagai perangkat yang berhubungan dengan Internet of Things (IoT).  Dilansir dari Coinmarketcap, mainnet Helium...
LANGUAGE