26.3 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

BP Diesel vs Pertamina Dex — Perbandingan Harga dan Kualitas

JAKARTA, duniafintech.com – Berbicara tentang BP Diesel vs Pertamina Dex, pada dasarnya keduanya adalah bahan bakar diesel yang perlu dipertimbangkan.

Jika sebelumnya masyarakat terbiasa dengan Pertamina Dex maka sekarang ini ada alternatif lainnya dari salah satu SPBU swasta, yaitu British Petroleum (BP).

Adapun hadirnya British Petroleum sebagai SPBU swasta terbaru di Indonesia ikut meramaikan persaingan BBM (bahan bakar minyak). Lain dari Pertamina yang unggul dari permintaan masyarakat dan telah memiliki banyak lokasi, BP saat ini masih berusaha melebarkan eksistensinya di tanah air.

Nah, jika kamu mau tahu perbandingan harga BP diesel dan Pertamina Dex dan perbedaannya dari segi kualitas, simak penjabarannya di bawah ini.

BP Diesel vs Pertamina Dex — Perbedaannya

Adapun kualitas kedua jenis BBM ini untuk mobil diesel memang sudah tidak perlu diragukan lagi sebab keunggulannya sepadan. Beberapa perbedaan BP diesel dengan Pertamina Dex dari segi harga dan teknologi yang digunakan adalah sebagai berikut.

1. Harga BP Diesel dan Pertamina Dex

Ditinjau dari sisi harga, BP Diesel sedikit lebih mahal, yaitu RpRp15.900 per liternya, sedangkan Pertamina Dex yang dijual di SPBU Pertamina harganya sebesar Rp13.700. 

2. Active Technology dan bahan bakar murni

Pada BP, terdapat formula Active Technology untuk menjaga performa mesin kendaraan tetap maksimal. Mekanismenya dimulai dari molekul yang mengalir dalam bahan bakar melalui sistem bahan bakar kendaraan, kemudian menempel pada permukaan katup masuk yang akan membentuk lapisan pelindung.

Dalam Pertamina Dex, perpaduan bahan bakar murni dari diesel duel dengan zat additive yang menunjang dan melindungi tenaga mesin selama berkendara. Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur tingkat rendah, bisa menghindari foaming dan karat, dan mampu membersihkan mesin.

3. Cetane Number BP Diesel dan Pertamina Dex

Diketahui, BP diesel memiliki cetane number sebesar 48. Kian tinggi kandungan cetane number, bahan bakar diesel pun akan kian mudah terbakar sehingga pembakaran yang terjadi lebih sempurna dan efisien.

Sementara itu, Pertamina Dex memiliki cetane number sebesar 53 dengan standar Euro 4 yang akan membuat mesin diesel tahan lama. Kendaraan akan menghasilkan suara yang lebih halus dan menghidupkan mesin pun akan terasa mudah.

Angka cetane bahan bakar BP dan Pertamina adalah seperti berikut:

Jenis bahan bakar — SPBU — Nilai Oktan

BP 90 (bensin) — British Petroleum — 90

BP 92 (bensin) —  British Petroleum — 92

BP 95 (bensin) —  British Petroleum — 95

BP Diesel (diesel) —  British Petroleum — 48 (cetane number)

Pertalite — Pertamina — 90

Pertamax — Pertamina — 92

Pertamax Turbo — Pertamina —  98

Dexlite —  ertamina —  51 (cetane number)

Pertamina Dex (Pertadex) —  Pertamina — 53 (cetane number)

Baca juga: Pertamina: Dilarang Beli Pertalite Pakai Jeriken, Berlaku di Seluruh SPBU!

BP Diesel vs Pertamina Dex

BP Diesel vs Pertamina Dex — Harga Bahan Bakar Pertamina Terbaru

Harga BBM Pertamina termasuk lebih terjangkau sebab ia adalah perusahaan milik negara. Meski begitu, BBM Pertamina pun mengalami peningkatan sesuai dengan perubahan harga minyak dunia. Berikut ini daftar harganya:

Pertalite: Rp7.650

Pertamax: Rp12.500

Pertamax Turbo: Rp14.500

Dexlite: Rp12.950

Pertamina Dex: Rp13.700

Solar/Biosolar: Rp5.150

Adapun dari keenam bahan bakar tadi, yang bisa digunakan untuk mesin diesel, yakni Pertamina Dex dan Dexlite. Series Dex ini dianggap lebih bertenaga dan awet. Biasanya, Pertamina Dex digunakan untuk kendaran umum atau pribadi, sedangkan Dexlite untuk keperluan niaga.

Harga Bahan Bakar BP Terbaru

BP 90: Rp12.800

BP 92: Rp12.990

BP 95: Rp15.900

BP Diesel: Rp15.900

Nah, tiga jenis BBM dari empat di atas, yakni BP90, BP92, dan BP95, menggunakan angka karena mengacu pada sebutan oktan pada setiap BBM yang dipasarkan (Research Octane Number/RON). Sementara itu, satuan ukuran pada BBM diesel menggunakan cetane number (CN) atau angka setana.

Baca juga: Cara Jadi UMKM Binaan Pertamina, Berpeluang Dapat Pinjaman hingga Rp 250 Juta

Tips Memilih Jenis Bahan Bakar sesuai Kendaraan

Saat ini, masyarakat Indonesia lebih menaruh minat pada mobil bermesin diesel. Di samping karena lebih irit, tarikan tenaga yang dihasilkan juga tangguh. Dengan demikian, kamu tidak boleh sembarangan menggunakan bahan bakar pada kendaraan mesin diesel. Cara memilih jenis bahan bakar untuk mobil mesin diesel yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan angka setana (cetane number)

Adapun kualitas pembakaran di ruang bakar kendaraan (ignition quality) ditunjukkan oleh cetane number. Jika cetane number semakin tinggi maka akan bahan bakar diesel itu memiliki kualitas yang bagus dan akan membuat pembakarannya menjadi lebih sempurna serta efisien.

2. Kenali Rasio Kompresi

Sebagai pemilik mobil, kamu harus tahu setiap mesin kendaraan pasti memiliki rasio kompresi yang berbeda, termasuk bahan bakar diesel. Nilai tetap, mewakili rasio volume dalam ruang pembakaran baik dari kapitas terkecil hingga terbesar. Demikian halnya dengan nilai oktan bahan bakarnya pun berbeda-beda. Daftar kadar oktan bahan bakar dengan rasio kompresi mesin yang sesuai adalah:

Rasio Kompresi — Kadar Oktan

7 sampai 9:1 — 88

9 sampai 10:1 — 92

10 sampai 11:1 — 95

13, 1:1 — 102

14,1:1 — 107

Bagi kendaraan mobil yang diproduksi tahun 90an, umumnya masih menggunakan rasio kompresi <= 9,5. Namun, untuk tahun 2014 ke atas sudah banyak kendaraan menggunakan rasio kompresi 11. Untuk kendaraan premium, rasio kompresi biasanya di atas 12,5.

3. Pastikan kandungan sulfur rendah

Kandungan sulfur tinggi pada bahan bakar diesel akan mengakibatkan injektor bahan bakar tersumbat. Tenaga mesin juga akan terkuras dan melambat. Nah, dengan memilih BBM yang mengandung sulfur rendah, pembakaran menjadi sempurna dan akan membuat kerak karbon di ruang bakar akan semakin sedikit. 

Demikianlah uraian soal BP Diesel Vs Pertamina Dex yang perlu kamu ketahui. Sebagai pemilik kendaraan, kamu tentunya bebas untuk memilih BBM jenis apa yang akan digunakan. Namun, ingat kembali ya, hal itu harus disesuaikan juga dengan kebutuhan kendaraanmu.

Baca juga: Mobil Mewah Malah Antre Pertalite, Begini Tanggapan Pertamina

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE