26.2 C
Jakarta
Kamis, 18 April, 2024

Bursa Kripto akan Meluncur Akhir Maret, Pelaku Industri Kripto Antusias

JAKARTA, duniafintech.com – Pemerintah menyebutkan rencana peluncuran bursa kripto masih on track dengan target, yakni akhir kuartal I-2022. Para pelaku industri kripto menyambut baik kabar tersebut dan berharap bursa kripto bisa segera meluncur.

Ketua Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) Teguh K Harmanda mengatakan, para pedagang kripto yang ada di Aspakrindo sudah melakukan konsolidasi dan mendukung agar bursa kripto bisa segera meluncur.

Pria yang akrab disapa Manda ini bilang, keberadaan bursa kripto akan memberikan dampak positif ke industri kripto maupun para pedagang kripto itu sendiri. Ia mencontohkan, saat ini sejatinya para pedagang kripto cukup kewalahan memberikan laporan perdagangan setiap hari ke Bappebti.

Nantinya, dengan adanya bursa kripto, laporan tersebut akan dilaporkan oleh bursa ke Bappebti.

“Dengan hadirnya bursa kripto, turut akan menghadirkan berbagai produk turunan lain seperti futures, margin trading, dan yang lain-lain. Hal ini baru bisa terjadi karena ada institusi dalam hal ini bursa kripto yang akan memfasilitasi,” kata Manda, dilansir dari Kontan.co.id, Kamis (17/3).

Lebih lanjut, Manda bilang, kehadiran bursa kripto pada akhirnya juga akan menghadirkan lembaga kliring dan kustodian. Hal ini bisa berdampak positif kepada kepercayaan para investor.

Ia bercerita, tak sedikit masyarakat yang ragu berinvestasi di aset kripto lantaran semua dana dipegang oleh para pedagang mengingat saat ini kustodian dan kliring merupakan tanggung jawab masing-masing pedagang. Dengan adanya kustodian dan kliring yang berdiri sendiri serta diawasi Bappebti, ini akan meningkatkan rasa nyaman dan keamanan para nasabah.

Selain itu, Manda menyebut faktor terpenting keberadaan bursa kripto adalah untuk memastikan para pedagang kripto saat ini memiliki izin sepenuhnya untuk beroperasi. Maklum, status para pedagang kripto saat ini masih sebatas calon pedagang fisik kripto terdaftar di Bappebti. Barulah nanti ketika bursa beroperasi, statusnya berganti jadi pedagang fisik kripto.

“Oleh karena itu, kami sangat menyambut positif kehadiran bursa kripto. Kami para pedagang yang tergabung di Aspakrindo sudah siap untuk berintegrasi dengan sistem mereka (bursa kripto),” kata Manda.

 

 

 

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE