26.2 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Cara Belanja di Alibaba dengan Mudah bagi Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Cara belanja di Alibaba, apakah sulit? Sejatinya, belanja di Alibaba tergolong cukup sederhana, mirip dengan pengalaman berbelanja di platform seperti Tokopedia, Shopee, dan marketplace lainnya di Indonesia.

Perbedaan utama antara berbelanja di Alibaba dan e-commerce Indonesia terletak pada penerapan pajak bea cukai yang dikenakan di Alibaba.

Namun, keuntungan signifikan lainnya dari berbelanja di Alibaba adalah variasi produk yang lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan marketplace dalam negeri.

Nah, untuk mengetahui bagaimana caranya, simak penjelasannya berikut ini, seperti dikutip dari Plugin Ongkos Kirim.

Apa Itu Alibaba?

Alibaba merupakan platform e-commerce yang beroperasi dari China dan memiliki pelanggan dari lebih dari 200 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: Cara Dropship Barang dari China via Shopee hingga Alibaba

Alibaba sering menjadi pilihan banyak konsumen internasional karena menyediakan produk dengan harga yang terjangkau dan ekonomis. Marketplace ini menarik perhatian pelanggan dengan berbagai varian produk yang dapat dibeli melalui metode pembayaran yang cukup lengkap.

Salah satu keunggulan tambahan adalah kemudahan berbelanja online di Alibaba, yang memungkinkan pengguna menggunakan metode pembayaran seperti PayPal dan melakukan transaksi dengan mata uang rupiah.

Perbedaan Alibaba dan AliExpress

Sejumlah orang yang pernah mendengar kedua nama ini sering kali bertanya-tanya apa perbedaan antara Alibaba dan AliExpress.

Sebenarnya, keduanya merupakan marketplace yang sangat terkenal di seluruh dunia, terutama di China, karena keduanya berada di bawah naungan Alibaba Group.

Berikut beberapa perbedaan penting antara Alibaba dan AliExpress yang perlu diperhatikan:

  1. Alibaba melayani penjualan grosir, dimana mayoritas penjualnya adalah pemasok besar atau pabrikan, dengan model bisnis Business to Business (B2B). Sementara itu, AliExpress fokus pada penjualan eceran atau ritel, menggunakan model bisnis Business to Consumer (B2C).
  2. Transaksi di situs Alibaba (alibaba.com) memerlukan komunikasi langsung antara penjual dan pembeli untuk menetapkan kesepakatan bersama, bahkan transaksi dapat dilakukan di luar sistem Alibaba. Di sisi lain, di situs AliExpress (aliexpress.com), pembelian dan pembayaran dapat dilakukan langsung melalui platform web tersebut.
  3. Pembelian di Alibaba sering kali memiliki Minimum Order Quantity (MOQ) yang cenderung besar, mengindikasikan penjualan grosir, sementara AliExpress tidak menerapkan MOQ dan lebih fokus pada penjualan eceran.
  4. Metode pembayaran di Alibaba dapat melibatkan berbagai opsi seperti transfer antar bank (telegraphic transfer / TT), PayPal, Down Payment (uang muka), Documentary Collection, atau Letter of Credit (LC), karena transaksi dapat dilakukan di luar sistem Alibaba. Di AliExpress, pembayaran harus menggunakan metode yang disediakan dalam sistem webnya, seperti Alipay, Doku, dan sebagainya.
  5. AliExpress menyediakan program afiliasi pemasaran bagi mereka yang mempromosikan produk secara online melalui media sosial, dengan memberikan komisi setiap kali terjadi transaksi melalui tautan promosi yang dibagikan. Sementara Alibaba tidak menawarkan program afiliasi serupa.

Hal-hal yang Perlu Diketahui sebelum Belanja di Alibaba

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berikut adalah beberapa poin yang perlu benar-benar dipahami sebelum memulai berbelanja di Alibaba:

Mayoritas penjual di Alibaba adalah pemasok besar yang sebagian besar berlokasi di China. Umumnya, mereka hanya menjual produk dalam jumlah besar dan tidak melayani pembelian satuan. Jika Anda mencari pembelian satuan, lebih baik menggunakan platform AliExpress yang merupakan anak perusahaan dari Alibaba.

Berbeda dengan sebagian besar situs e-commerce lainnya, Alibaba tidak menyediakan fasilitas pemesanan langsung melalui situs web. Artinya, untuk melakukan transaksi, Anda perlu menghubungi penjual terlebih dahulu melalui fitur obrolan, telepon, atau saluran komunikasi lainnya, terutama jika ingin melakukan pemesanan di luar sistem Alibaba.

Alibaba menyediakan berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, transfer bank internasional, PayPal, dan Western Union. Anda dapat memilih metode pembayaran yang paling nyaman sesuai kebutuhan Anda.

Cara Belanja di Alibaba

Di bawah ini adalah panduan cara belanja di Alibaba bagi pemula agar dapat ongkir murah:

  1. Membuat Akun di Alibaba

Untuk dapat melakukan transaksi belanja dengan lebih mudah, Anda perlu memiliki akun Alibaba. Ini juga memungkinkan Anda untuk lebih leluasa dalam mengeksplor produk dan pemasok yang tersedia.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun Alibaba:

  • Pertama, kunjungi halaman Alibaba.com.
  • Klik pada opsi “My Alibaba” dan pilih menu “Join Free” yang terletak di bagian atas halaman utama.
  • Halaman pengisian informasi pribadi akan muncul; lengkapi informasi yang diperlukan dan tekan tombol “Agree and Register” setelah selesai.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan Kode Verifikasi yang ditampilkan di kolom yang disediakan. Setelah itu, tekan tombol “Submit”.
  • Selesai. Akun Alibaba Anda sekarang sudah siap digunakan.

2. Memilih Barang yang Diinginkan sebagai Cara Belanja di Alibaba

Untuk mencari barang yang ingin dibeli di Alibaba, Anda dapat menggunakan beberapa cara yang akan dijelaskan secara detail berikut:

Melalui Menu Kategori

Jika Anda ingin mengetahui kategori barang yang ingin dibeli, klik opsi “Categories” di menu sebelah kiri untuk melakukan pencarian dengan kategori.

Alibaba menyediakan berbagai kategori produk, mulai dari produk kecantikan, elektronik, hingga perlengkapan rumah tangga.

Melalui Menu Manufacturers

Selain menggunakan menu kategori, Anda juga dapat mencari barang belanjaan melalui halaman menu “Manufacturers” yang terletak pada halaman depan Alibaba.

Pada dasarnya, menu ini mirip dengan yang terdapat pada halaman kategori produk.

Melalui Kotak Pencarian (Search Box)

Cara yang paling umum digunakan oleh banyak orang saat mencari barang di berbagai marketplace adalah dengan menggunakan kotak pencarian.

Cukup dengan mengetikkan nama barang yang dicari di kolom search box, dan semua barang yang sesuai atau berkaitan dengan kata kunci tersebut akan muncul di halaman pencarian Alibaba.

Berikut adalah cara mencari produk melalui kolom search box di Alibaba:

  • Sebelum memasukkan kata kunci, pastikan memilih kategori “Products”.
  • Setelah itu, ketikkan nama produk yang dicari di kolom search box.
  • Tekan tombol “Search” untuk memulai pencarian.

Baca juga: Percepat Transformasi Digital di Indonesia, Alibaba Cloud Perkuat Ekosistem

Cara Belanja di Alibaba

Selain dengan mengetikkan nama barang, Anda juga dapat melakukan pencarian melalui gambar dengan cara berikut:

  • Pada kolom search box, terdapat ikon kamera. Pilih ikon tersebut.
  • Unggah atau unggah gambar barang yang sedang dicari.
  • Setelah proses unggah selesai, barang yang serupa dengan gambar tersebut akan ditampilkan, dan Anda dapat memilih produk yang sesuai.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli case iPhone 11, semua produk terkait akan ditampilkan di halaman pencarian Alibaba.

Detail produk di Alibaba mencakup informasi tentang produk dan penjual. Untuk memastikan keamanan belanja online, disarankan memilih penjual dengan status “Trade Assurance” dan/atau “Verified Supplier.” Hal ini akan membantu memastikan keamanan transaksi Anda.

3. Ambil Kesepakatan dengan Supplier

Setelah menemukan barang yang diinginkan, langkah berikutnya adalah menghubungi supplier dengan mengirim pesan melalui kolom yang disediakan di bagian bawah produk.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diikuti ketika menghubungi supplier:

  • Tanyakan semua informasi terkait transaksi yang akan dilakukan, mulai dari harga hingga layanan pengiriman yang akan digunakan.
  • Pastikan pesan yang dikirim menggunakan bahasa Inggris atau Mandarin.

Perlu diingat bahwa harga yang tertera di Alibaba biasanya hanya perkiraan, oleh karena itu, penting untuk menanyakan kepada supplier mengenai harga yang sebenarnya.

Pengiriman pesan ini bertujuan agar pembeli dan penjual dapat bernegosiasi dan berkomunikasi untuk menetapkan harga kesepakatan bersama, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Selain itu, Anda juga dapat mencantumkan nomor WhatsApp atau kontak lainnya untuk memudahkan supplier menghubungi dan melakukan transaksi di luar platform Alibaba.

Sebagai pembeli, Anda dapat melakukan negosiasi terkait hal-hal seperti jumlah barang, harga, varian, jasa pengiriman, dan lain sebagainya.

  1. Pilih Metode Pengiriman Barang

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, mohon kirimkan barang sesuai dengan layanan pengiriman yang telah Anda pilih.

Alibaba menyediakan beberapa pilihan jasa pengiriman barang, antara lain Express Mail Service (EMS), DHL, dan Fedex.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan jasa pengiriman DHL atau EMS saat berbelanja di Alibaba. Kedua ekspedisi ini tidak hanya sudah terintegrasi dengan layanan pengiriman ke Indonesia, tetapi juga telah dikenal luas dan banyak digunakan di tanah air.

5. Lakukan Pembayaran

Setelah mencapai kesepakatan dengan penjual, langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran.

Penjual di Alibaba menyediakan berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih. Anda dapat menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau bahkan PayPal.

Namun, kami menyarankan agar jika Anda ingin membayar dengan mata uang rupiah, Anda dapat memilih opsi Western Union dengan bantuan kantor POS Indonesia, Indomaret, Alfamart, dan Pegadaian agar proses pembayaran berlangsung dengan aman.

  1. Tunggu Pesanan Sampai Tujuan

Setelah barang pesanan Anda memasuki tahap pengiriman oleh kurir, langkah selanjutnya adalah menunggu proses pengiriman. Dalam kurun waktu sekitar dua minggu, barang tersebut diharapkan akan tiba di tujuan.

Pengiriman barang dengan tarif yang lebih terjangkau biasanya dilakukan melalui pengiriman laut, menggunakan kapal kargo.

Penting untuk dicatat bahwa pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia akan melibatkan proses pemeriksaan oleh pihak Bea Cukai untuk menentukan besaran pajak yang harus dibayarkan. Setelah melewati semua proses ini, barang akan segera dikirimkan ke alamat tujuan.

Proses pengiriman ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga disarankan bagi para pembeli untuk tetap bersabar dalam menantikan kedatangan barang pesanan mereka.

Kesimpulan

Cara belanja di Alibaba pada dasarnya tidaklah sulit. Berbelanja di Alibaba tergolong cukup sederhana, mirip dengan pengalaman berbelanja di platform seperti Tokopedia, Shopee, dan marketplace lainnya di Indonesia.

Adapun perbedaan utama antara berbelanja di Alibaba dan e-commerce Indonesia terletak pada penerapan pajak bea cukai yang dikenakan di Alibaba. Selamat berbelanja!

Baca juga: Nah Lho, Penangkapan Pria Bermarga Ma Bikin Saham Alibaba Anjlok

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU