32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Toko Perhiasan Online Jadi Salah Satu Usaha Mendiang Vanessa Angel

JAKARTA, duniafintech.com – Toko perhiasan online adalah salah satu usaha yang sedang dirintis oleh artis Vanessa Angel sebelum mengembuskan napas terakhir pada Kamis (4/11) lalu usai mengalami kecelakaan di KM 672 ruas Tol Nganjuk, Jawa Timur bersama sang suami, Febri Andriansyah (Bibi Ardiansyah).

Toko online yang diberi nama Linva Jewelry itu sejauh ini diketahui masih mempublikasikan unggahan produk yang segera bakal dirilis. Bisnis ini pun menjadi satu dari sekian banyak bisnis yang dirintis oleh Vanessa semasa hidupnya, termasuk toko pakaian online.

Terkait usaha perhiasan secara daring ini, tentu saja Anda perlu mengetahui sejumlah tips membeli perhiasan di toko jenis tersebut demi kenyamanan Anda dalam berbelanja. Simak uraiannya berikut ini.

Tips Beli Emas di Toko Perhiasan Online

Adapun perkembangan platform jual beli emas, khusus perhiasan online kini kian populer di tanah air. Penyebabnya adalah masifnya kemajuan teknologi dan para pembeli yang mendambakan efektivitas dalam bertransaksi, yang dalam hal ini kemudahan itu ditawarkan lewat digitalisasi.

Akan tetapi, tentu saja sebagai calon pembeli, Anda tetap harus berhati-hati sebab harga perhiasan emas memang relatif mahal. Di samping itu, alasan keamanan juga menjadi yang nomor satu dan diutamakan oleh para calon pembeli. Pasalnya, banyak orang khawatir terkena kasus penipuan saat membelinya secara online.

Karena itu, di bawah ini adalah beberapa tips agar Anda dapat merasakan pengalaman berbelanja secara online di toko perhiasan secara aman. 

  1. Tentukan perhiasan emas yang akan dibeli

Anda mesti mempelajari pengetahuan dasar tentang perhiasan, misalnya kadar emas atau bentuk dan jenis kandungan campurannya, sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan di sebuah toko online yang menawarkannya. 

Misalkan, kalau Anda ingin membeli cincin, ukurlah diameter jari terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Jika Anda kesulitan menentukan ukuran jari, minta tolong kepada sales representatif di toko perhiasan daring itu atau bisa juga di toko perhiasan terdekat.

  1. Penting untuk mencari tahu tentang toko online yang akan dikunjungi

Jika Anda sudah memilih untuk membeli perhiasan di platform e-commerce, akan ada puluhan bahkan ratusan penjual emas online yang berada di situ. Dalam hal ini, Anda perlu memilih satu penjual yang paling meyakinkan bagi Anda.

Sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih penjual emas di platform jual beli online adalah Anda jangan sampai lupa untuk mengecek ulang reputasi toko yang diberikan pada platform e-commerce itu.

Kemudian, Anda juga perlu untuk melihat rekam jejak transaksi si penjual. Lebih jauh, kalau Anda tertarik dengan satu produk perhiasan yang dijual secara online hanya lantaran fotonya cantik, cegahlah untuk membayarnya sebelum melakukan survei harga. Pasalnya, terkadang harga yang diberikan tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan produk yang dijual.

Di samping itu, kalau Anda merasa barang itu asli dan bermutu, cobalah cari produk yang sama dengan kualitas setara di situs yang lain. Adapun survei harga tersebut tentu saja bermanfaat untuk menambahkan opsi. 

  1. Pastikan soal kebijakan pengembalian dan penukaran barang di toko tersebut

Hal ini penting Anda lakukan sebab membeli perhiasan online berarti barang fisik hanya dilihat secara tidak kasat mata. Tujuan dari tips ini adalah dalam rangka meminimalisasi kerugian jika barang yang Anda dapatkan nantiniya tidak sesuai ekspektasi Anda atau bila ternyata ukuran perhiasan tidak sesuai dengan bagian tubuh. 

Kebijakan pengembalian dan penukaran barang ini juga perlu dipelajari sebab pada umumnya toko online hanya akan menerima pengembalian barang dalam batas waktu tertentu setelah pembayaran.

  1. Pastikan toko perhiasan itu memiliki customer service representative

Adanya customer service representative di toko perhiasan online yang selalu siap untuk menjawab pertanyaan seputar perhiasan yang ingin dibeli oleh konsumen penting untuk Anda ketahui.

Pasalnya, jika Anda ingin mengajukan komplain di kemudian hari, Anda tidak perlu repot lagi untuk mendatangi kantornya. Di samping itu, tanya jawab singkat kepada seller pun berguna bagi Anda untuk meyakinkan diri sebelum membeli.

  1. Pastikan soal garansi toko maupun produk

Keberadaan garansi senantiasa menjadi bukti bahwa toko perhiasan terbaik di Indonesia

yang dikunjungi itu punya reputasi yang baik dan terpercaya. Tentu saja, garansi ini bakal menguntungkan Anda apabila perhiasan yang Anda beli rusak dan harus diperbaiki nantinya.

  1. Baca review dari pembeli lain

Sebagaimana ketika ingin melakukan pembelanjaan di online shop, Anda tentunya juga akan membaca review dari para pembeli. Dalam hal ini, kalau toko perhiasan daring yang Anda kunjungi mendapat banyak review positif dari pembeli, toko itu dapat dipastikan sangat terpercaya.

  1. Perhatikan diskon

Pada umumnya, sejumlah toko perhiasan daring bakal menawarkan diskon pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, juga ada yang menawarkan diskon tambahan pada barang yang sudah didiskon apabila pembelian melebihi jumlah tertentu. Tentu saja, potongan harga itu akan sangat menguntungkan kalau Anda ingin membeli satu set perhiasan.

  1. Adanya after sale atau servis dan juga perawatan

Untuk diketahui, sejumlah toko perhiasan online pun menawarkan pembersihan dan perawatan untuk perhiasan yang dibeli oleh konsumen tanpa memberikan tambahan harga bagi pelanggannya. Karena itu, Anda perlu mengecek adanya service yang satu ini di toko perhiasan daring yang hendak Anda tuju.

  1. Skema Pembayaran

Pembayaran untuk transaksi online tidak semata lewat sistem transfer via ATM, tetapi juga telah ada pola pembayaran bayar di tempat saat barang sudah sampai alias Cash On Delivery (COD). Karena itu, apabila Anda ingin berbelanja perhiasan secara online di toko emas terbaik, silakan gunakan sistem pembayaran semacam ini sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa uang hilang dan perhiasan tidak dikirimkan.

Toko Perhiasaan Online—Cara Beli yang Aman

Untuk melakukan pembelian di toko perhiasan daring yang sudah terpercaya, Anda tentu saja harus memastikan bahwa situs atau akun yang Anda kunjungi merupakan situs web yang aman. Indikator situs web dengan proses transaksi yang aman, salah satunya, adalah melindungi informasi bank dan kartu kredit Anda dari pencurian identitas online.

Selain itu, umumnya sejumlah toko perhiasan daring ini juga menawarkan pengiriman aman yang membutuhkan tanda tangan saat pengiriman untuk memastikan perhiasan Anda sampai di pangkuan Anda. Cara berikutnya agar Anda aman berbelanja perhiasan secara online adalah dengan membeli perhiasan di lapak atau toko online resmi.

Saat ini, di internet banyak sekali platform semacam ini yang dapat Anda jadikan pertimbangan dan referensi. Pada platform jual beli, misalnya, Anda sebagai pembeli tidak perlu takut akan ditipu oleh penjual sebab biasanya tersedia opsi “Uang Kembali”, termasuk penukaran barang, apabila nantinya barang itu tidak sesuai dengan gambar atau rusak.

Brand Perhiasan Emas Terbaik di Indonesia

Sebagai pertimbangan sebelum Anda membeli emas di toko perhiasan online, inilah beberapa produk atau brand perhiasan emas terbaik yang direkomendasikan untuk Anda.

  • Aurora
  • Ayu Gold
  • Aurum Lab
  • Lino and Sons
  • Mirage Jewelry
  • Platino
  • Juene
  • Mrsae Jewelry
  • SBS Jewellery

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU