30.8 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

JAKARTA, duniafintech.com – Cek nomor bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan sekarang ini sudah bisa dilakukan secara online cukup dengan menggunakan KTP. Memiliki BPJS merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia dan perusahaan yang menjalankan bisnisnya di Indonesia. Ketika bekerja di suatu perusahaan di Indonesia, maka pekerja atau karyawan perusahaan akan diberikan BPJS Kesehatan sekaligus BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Kesehatan akan diberikan kepada pegawainya bertujuan sebagai salah satu jaminan kesehatan ketika sedang membutuhkan layanan kesehatan tanpa harus membayar biaya kesehatan sekaligus. Sementata BPJS Ketenagakerjaan akan diberikan kepada karyawan perusahaan sebagai salah satu bentuk jaminan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja.

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Online

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan salah satu jaminan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah untuk membantu dalam meringankan biaya kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Berbeda dengan asuransi swasta pada umumnya, BPJS Kesehatan ini didukung dengan iuran per bulan yang relatif terjangkau.

Ketika sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka nantinya akan diberikan kartu yang berisi nama dan nomor BPJS Kesehatan. Kartu inilah yang nantinya akan digunakan oleh peserta BPJS pada saat mereka ingin berobat atau mendapatkan layanan kesehatan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga baik-baik kartu BPJS Kesehatan. Selain itu, pemegang kartu BPJS juga harus mengetahui nomor BPJS Kesehatan mereka. Hal ini tentu cukup penting karena nantinya proses yang menyangkut kartu BPJS seperti melakukan pembayaran, melihat keaktifan kartu, hingga melihat saldo akan diminta nomor BPJS Kesehatan.

Hal ini juga dilakukan untuk dapat menghindari masalah kehilangan atau lupa membawa kartu pada saat dibutuhkan. Akan tetapi, jika memang benar mengalami kehilangan kartu dan lupa dengan nomor BPJS Kesehatan, maka ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor tersebut.

Cara ini cukup dengan menggunakan KTP yang didaftarkan dengan BPJS Kesehatan. Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh peserta BPJS Kesehatan untuk mengetahui nomornya dengan menggunakan KTP? Simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini mengenai hal tersebut.

CEK VIDEO BERIKUT

 

  • Melalui Aplikasi Mobile JKN

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan menggunakan KTP adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Mengingat belakangan ini penggunaan smartphone semakin meningkat, sehingga BPJS mengeluarkan aplikasi yang dapat membantu pesertanya dalam mengurus hal berkaitan dengan BPJS Kesehatan.

Aplikasi tersebut adalah Mobile JKN yang bisa diunduh melalui smartphone. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut ini untuk mengecek nomor BPJS.

  • Masuk ke aplikasi Mobile JKN yang sudah di unduh pada smartphone.
  • Lalu, lakukan login menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang dibuat pada saat mendaftar BPJS online pertama kalinya.
  • Setelah itu, pilihlah menu peserta.
  • Kemudian pilih jenis kartu yang ingin digunakan saat pengecekan.
  • Masukkan NIK dengan benar dan tekan Cari.

Muncul informasi dari nomor yang dimaksud.

  • Melalui Situs Resmi

Tidak hanya menggunakan aplikasi Mobile JKN saja, melainkan kamu juga bisa mengetahui nomor BPJS Kesehatan melalui laman resmi mereka.

Caranya adalah membukanya melalui laptop atau PC agar pencarian informasi menjadi lebih jelas. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan, antara lain sebagai berikut:

  • Mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan melalui bpjs-kesehatan.go.id.
  • Kemudian, pilihlah menu Cek Iuran BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya adalah memasukkan nomor NIK atau nomor BPJS anggota keluarga yang ada di Kartu Keluarga.
  • Lalu, masukkan nomor secara lengkap dan benar.
  • Kemudian, mengisi tanggal lahir dan masukkan angka validasi.

Setelah semua data telah diisi dengan benar, terakhir adalah klik Cek dan informasinya akan muncul.

  • Melalui SMS

Cara selanjutnya adalah menggunakan NIK dengan mengirimkan SMS. Cara ini merupakan yang paling mudah dilakukan karena pesertanya tidak perlu repot-repot untuk mengunjungi situs atau aplikasi.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Ketik NIK (Nomor Induk Kependudukan) seperti ”320948199990284 Rico”
  • Lalu, kirimkan SMS tadi ke nomor 087775500400.

Setelah itu, nanti kamu akan menerima SMS balik berupa informasi nomor BPJS.

  • Melalui Call Center Resmi

Cara ini mungkin adalah cara yang paling praktis jika kamu ingin mengetahui nomor BPJS. Dengan cara menghubungi call center resmi dari BPJS Kesehatan di 1500400.

Ketika sudah tersambung dengan call center, nantinya peserta akan diminta konfirmasi kelengkapan berupa NIK, nama lengkap, serta tanggal lahir.

Setelah data sudah dikonfirmasi dengan baik, nantinya pihak call center akan memberikan informasi terkait nomor BPJS-nya.

  • Melalui Akun Sosial Media

BPJS Kesehatan ternyata memiliki akun media sosial yang mereka gunakan untuk berinteraksi dengan para pengguna atau peserta BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah media sosial Twitter dengan nama @BPJSKesehatanRI untuk bertanya seputar informasi BPJS Kesehatan milik kamu.

Kamu bisa mengirimkan pertanyaan ini melalui Direct Message mereka agar privasi lebih terjaga dengan format yang sudah ditentukan (Nama, Tanggal Lahir, NIK).

  • Melalui Kantor Cabang BPJS

Cara ini disarankan apabila peserta BPJS memiliki waktu luang, yaitu dengan cara berkunjung langsung ke kantor cabang terdekat adalah pilihan tepat untuk dapat mengetahui nomor yang dimiliki.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat berkunjung ke kantor cabang, yaitu:

  • Mengambil nomor antrian yang disediakan, lalu menunggu dipanggil.
  • Ketika sudah dipanggil gilirannya, maka langsung saja katakan maksud dan tujuan Anda mengunjungi kantor BPJS kepada petugas terkait.
  • Lalu, tunjukkan juga NIK KTP yang diminta oleh petugas.
  • Setelah itu, pihak BPJS nantinya akan memberitahukan informasi mengenai nomor kartunya.

Akan tetapi, sebisa mungkin untuk memiliki kepentingan lain saat berkunjung ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Mengingat, membutuhkan waktu dan menunggu cukup lama, sehingga akan cukup merepotkan jika berkunjung langsung ke kantor cabang hanya untuk mengetahui nomor kartu saja.

BPJS Ketenagakerjaan

Untuk bisa melakukan cek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, nomor ini sangat penting untuk diketahui ketika ingin mengajukan pencairan uang JHT atau Jaminan Hari Tua.

Kamu bisa coba mengecek nomor BPJS melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP. Bagaimana cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan dengan KTP online?

  • Melalui Call Center

Cara pertama untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan bisa melalui panggilan telepon ke nomor 175. Selanjutnya, tentu nanti akan langsung terhubung dengan call center dari BPJS. Namun, sebelum menelepon, pastikan lebih dulu bahwa peserta memiliki pulsa yang cukup, karena panggilan ini akan dikenakan tarif telepon.

  • Media Sosial

Sama seperti cek nomor BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan juga bisa dengan menghubungi kontak layanan melalui media sosial resminya dengan cara mengunjungi laman resminya di www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak. Kamu juga bisa menghubungi kontak layanan mereka melalui WhatsApp dengan nomor +62 811-9115910 dan +62 855-1500910. Namun, layanan melalui Whatsapp hanya terbatas untuk Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar negeri saja.

  • Kantor Cabang

Pastikan peserta memiliki waktu luang atau kebetulan sedang lewat kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, dengan begitu peserta bisa coba untuk mengunjungi kantor cabang BPJS terdekat dengan membawa Kartu Keluarga, e-KTP, dan surat paklaring (bukti bahwa sedang atau pernah bekerja di suatu perusahaan) jika diperlukan. Kemudian, sampaikan maksud dan tujuan ke petugas setempat.

  • Melalui Aplikasi BPJSTK

Peserta BPJS Ketenagakerjaan juga bisa untuk mengecek nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan mereka secara online via aplikasi BPJSTK. Selain untuk mengecek nomor BPJS, aplikasi bpjstk juga bisa digunakan untuk mengetahui saldo yang dimiliki. Bagi kamu yang belum pernah menggunakan aplikasi ini, cobalah untuk mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi ini menggunakan email dan password.

Nah, jika sudah terdaftar pada aplikasi nantinya kamu bisa coba buka aplikasi dan login. Kemudian, pilihlah menu kartu digital. Tunggu hingga muncul kartu digital peserta yang berupa 11 digit angka.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek nomor BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dengan menggunakan KTP ketika membutuhkannya. Apalagi setiap orang tidak akan tahu dengan kondisi kesehatan dan pekerjaan yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.

Dengan memiliki BPJS Kesehatan, kamu tidak perlu merasa khawatir lagi ketika membutuhkan pelayanan kesehatan karena sudah memiliki BPJS Kesehatan sebagai jaminan kesehatan. Kamu juga tidak perlu khawatir ketika tiba-tiba terkena PHK, karena dengan begitu pesertanya bisa memanfaatkan saldo dari Jaminan Hari Tua (JHT) sebagai dana penyambung hidup hingga mendapatkan pekerjaan baru.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan sebagai bentuk rencana keuangan di masa mendatang. Sama halnya dengan BPJS Kesehatan, yang menggunakan instrumen investasi untuk mempersiapkan rencana keuangan di masa mendatang juga tidak kalah pentingnya. Kamu juga bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan seperti investasi reksa dana.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Subsidi BBM Bengkak, Akankah Harga Pertalite dan Solar Naik? 

JAKARTA, duniafintech.com - Subsidi BBM atau bahan bakar minyak bengkak hingga Rp 502 triliun. Lantas, akankah harga Pertalite dan Solar naik?  Presiden Joko Widodo atau...

Cara Menghubungkan Akulaku ke Tokopedia, Banyak Manfaatnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghubungkan Akulaku ke Tokopedia berikut ini penting untuk diketahui oleh para pengguna kedua layanan ini. Tentunya, sebagai pengguna Akulaku, kamu memang...

Cara Bayar Indihome Pakai Shopee PayLater, Gampang Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Indihome pakai Shopee PayLater dalam ulasan di bawah ini penting untuk diketahui. Caranya pun gampang loh! Tentunya, sebagai pelanggan Shopee,...

Berita Kripto Hari Ini: Harga Kripto Ngegas, Pasar Kembali Pulih? 

JAKARTA, duniafintech.com - Berita kripto hari ini mengulas kondisi pasar kripto yang merangkak naik. Harga kripto jajaran teratas tampak terus menguat. Bitcoin, Ethereum hingga Dogecoin...

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Uang Bisa Dicicil Bulanan

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru akan membahas tentang pinjaman uang secara online yang bisa kamu cicil secara bulanan. Seperti diketahui, keperluan yang mendesak...
LANGUAGE