28.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Tips Cara Hemat Bangun Rumah Idaman dengan Dana Seadanya

JAKARTA, duniafintech.com – Adakah cara hemat bangun rumah idaman? Tentu saja ada. Seperti diketahui, punya rumah memang menjadi impian setiap orang. Meski demikian, memang tidak semua orang punya kekuatan finansial yang memadai untuk memulainya, apalagi bagi anak-anak muda.

Ditambah lagi, harga bahan-bahan untuk membangun rumah yang setiap tahunnya terus naik, juga akan membuat orang berpikir berulang kali untuk memulai. Namun, sejatinya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengakali hal ini.

Baca juga: Negara Paling Bangkrut di Dunia, Indonesia Termasuk? Ini Dia Faktanya

Dengan strategi yang matang dan beberapa tips dari artikel di bawah ini, Anda bisa mulai membangun rumah dengan dana terbatas.

  1. Cara Hemat Bangun Rumah Idaman: Memilih Lahan yang Kecil

Hal pertama yang harus dipikirkan dalam membuat rumah adalah lahan. Pastikan bahwa  Anda memilih lahan dengan luas yang relatif kecil untuk memangkas budget.

Lahan yang kecil ini bakal mengharuskan Anda untuk membuat rumah yang juga relatif kecil. Oleh sebab itu, di samping biaya pajak yang Anda keluarkan akan lebih murah, biaya membangun rumah juga tidak bakal membengkak.

  1. Mengusung Konsep Minimalis—Cara Hemat Bangun Rumah Idaman

Sebagai upaya menghemat dana, hal yang mesti pula Anda pastikan, yakni memilih desain rumah yang fungsional dan simpel. Rumah minimalis merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda coba. Biasanya, rumah dengan tema ini punya karakteristik sebagai berikut:

  • Mengusung kesederhanaan. baik dalam bentuk dan fungsi
  • Mengusung interior open plan
  • Detail dekorasinya sederhana

Hal itu berarti, semakin sedikit detail yang coba ditunjukkan, kian hemat pula biaya dan waktu yang diperlukan.

  1. Selektif dalam Mencari Tukang Bangunan

Dalam membangun rumah idaman dengan dana minim, menggunakan jasa kontraktor menjadi hal yang mesti dihindari. Adapun alternatif lainnya bisa dengan menggunakan jasa tukang bangunan.

Meski begitu, Anda pun harus memilah dengan baik tukang bangunan seperti apa yang akan dipakai jasanya. Pastikan bahwa Anda mencari tukang yang punya reputasi baik. Semakin bagus tukang yang dipilih, kian efisien pula waktu yang diperlukan untuk membangun rumah idaman itu.

Baca juga: Kisah Kebangkrutan Zimbabwe, Hingga Rela Ganti Mata Uang Tiongkok

  1. Menggunakan Rangka Atap Baja Ringan

Memang ada banyak cara untuk mengakali harga material bangunan yang mahal, di antaranya dengan menggunakan beton cor dan sedikit kayu sebagai konstruksi atap. Meski demikian, cara yang satu ini akan menambah beban bangunan serta pondasi.

Nah, solusi untuk hal ini, yaitu dengan menggunakan baja ringan. Meskipun biayanya sedikit lebih mahal, tetapi bangunan dan pondasi tidak bakal terlalu terbebani. Cara pemasangannya yang praktis juga akan menghemat waktu, yang artinya biaya pekerja bangunan juga bakal berkurang.

Di samping itu, atap baja ringan pun dapat membantu Anda untuk berhemat dalam biaya perawatan rumah di masa depan sebab rangka atap yang satu ini biasanya tahan lama.

  1. Survei Material

Strategi yang dipikirkan matang-matang perlu Anda siapkan saat ingin membangun rumah idaman yang ramah kantong. Di antara strategi yang harus dicoba, yakni dengan melakukan survei material.

Dalam hal ini, cobalah untuk membandingkan harga material dari satu toko ke toko yang lain. Kalau perlu, Anda pun dapat meminta saran pada para tukang bangunan.

Di samping itu juga, Anda bisa saja menggunakan bahan bangunan lokal yang lebih murah ketimbang bahan bangunan produksi luar negeri.

  1. Bangun Rumah secara Bertahap

Memang perlu waktu yang lumayan lama saat menabung untuk rumah. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengakali itu, yakni dengan membangun secara bertahap.

Nah, mulailah dengan membuat fondasi dan lanjutkan dengan proses pembangunan yang lain sesuai dengan dana yang ada. Membuat rumah dengan cara seperti itu memang akan memakan waktu yang sangat lama, tetapi nantinya akan memberikan Anda banyak waktu pula untuk menyiapkan dana yang diperlukan.

  1. Membiarkan Dinding tanpa Finishing

Kalau ternyata dana Anda sudah menipis, padahal rumah belum juga selesai, maka inilah tips yang bisa Anda coba. Tipsnya, yaitu dengan membiarkan dinding interior atau justru eksterior tanpa finishing (didempul dan dicat) sehingga Anda bakal menghemat banyak sekali uang.

Adapun dinding dengan semen polos yang dihaluskan bukanlah gaya asal-asalan, melainkan gaya industrial yang sedang menjadi tren. Sementara itu, dinding dengan batu bata yang tidak disemen adalah gaya rustic yang juga tengah populer.

  1. Memilih Shower atau Bathtub

Kalau dihitung-hitung, ternyata kamar mandi menyerap anggaran pembangunan yang tidak sedikit. Hal itu karena untuk membangun kamar mandi yang nyaman, Anda mesti mempersiapkan banyak hal, mulai dari lapisan anti air, keran otomatis, furnitur kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk menghemat anggaran, setidaknya Anda bisa memotong budget dengan cara memilih antara memasang salah satu dari shower dan bathtub. Kendati ini menjadi pilihan yang sulit, tetapi ia terbukti dapat menghemat anggaran dengan signifikan.

  1. Memakai Bahan Bangunan Lokal

Adapun membangun rumah yang berkualitas tidaklah mesti mahal atau memakai bahan-bahan yang diproduksi dari luar negeri.

Anda pun dapat menghemat biaya dengan cara menggunakan bahan bangunan lokal, misalnya bambu, kayu, dan masih banyak lagi. Di samping murah, bahan-bahan itu mudah sekali ditemukan dan lebih ramah lingkungan.

Demikianlah sejumlah tips cara hemat bangun rumah idaman yang dapat Anda terapkan nantinya. Bagi Anda yang memerlukan dana tambahan untuk membangun rumah, deretan P2P Lending terbaik barangkali bisa memberikan solusi bagi masalah finansial Anda saat ini.

Baca juga: Licik! Orang yang Sering Ketemu Doni Salmanan Malah Sengaja Dibuat Bangkrut

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE